KEWIRAUSAHAAN
“ANALISIS
SWOT DAN ANALISIS INDUSTRI”
Oleh:
NI
LUH JUNIA PURNAMI
NIM.1417051041
NO.
07
AKUNTANSI
PROGRAM S1
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2017
I.
PENGERTIAN
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats)
dalam suatu proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats).
Analisa
SWOT meliputi 4 hal utama yang akan dinilai yakni sebagai berikut:
1. Strengths atau kekuatan, yakni
kekuatan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk dapat menghasilkan
suatu keuntungan.
2. Weaknesses atau kelemahan, yakni
kelemahan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sehingga tidak mampu
mengambil peluang dan keuntungan bisnis.
3. Opportunities atau peluang,
merupakan kesempatan-kesempatan yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat
tampil mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
4. Threats atau ancama, merupakan
hal-hal yang akan menjadi ancaman di masa akan datang terkait penyelenggaraan
sebuah usaha bisnis. Ancaman bisa dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan.
Dari luar perusahaan misalnya munculnya pendatang baru atau adanya kompetitor
yang cukup kuat.
Dapat disimpulkan bahwa analisis
SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur-unsur
internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur-unsur eksternal yaitu
peluang dan ancaman. Didalam penelitian analisis SWOT kita
ingin memproleh hasil berupa kesimpulan-kesimpulan berdasarkan ke-4 faktor
dimuka yang sebelumnya telah dianalisa
1. Strategi Kekuatan-Kesempatan (S dan O atau Maxi-maxi)
Strategi yang dihasilkan padakombinasi ini adalah memanfaatkan kekuatan
atas peluang yang telah diidentifikasi.
2. Strategi Kelemahan-Kesempatan (W dan O atau Mini-maxi)
Kesempatan yang dapat diidentifikasi tidak mungkin dimanfaatkan karena
kelemahan perusahaan.
3.
Strategi Kekuatan-Ancaman
(S atau T atau Maxi-min)
Dalam analisa ancaman ditemukan kebutuhan untuk mengatasinya.
4.
Strategi Kelemahan-Ancaman
(W dan T atau Mini-mini)
Dalam situasi menghadapi ancaman dan sekaligus kelemahan intern,
strategi yang umumnya dilakukan adalah “keluar” dari situasi yang terjepit
tersebut.
II.
PENGERTIAN
ANALISIS INDUSTRI
Analisis industri merupakan
kombinasi antara ekonomi industri dan strategi. Diawali dengan adanya tambahan
atas teori organisasi industri oleh Joe S. Bain (1950-an) yang menyatakan bahwa
struktur industri tidak hanya terbatas pada ukuran besarnya industri, tetapi
juga ditentukan dengan mobilitas hambatan masuk ke dalam industri. Selanjutnya
berkembang teori struktur industri yang berdasarkan pada premis bahwa perbedaan
tingkat keuntungan perusahaan merupakan fungsi kekuatan pasar yang didorong
oleh struktur inter-industri dan intra-industri. Porter menyatakan bahwa kelima
kekuatan bersaing tersebut dapat mengembangkan strategi persaingan dengan
mempengaruhi atau mengubah kekuatan tersebut agar dapat memberikan situasi yang
menguntungkan bagi perusahaan.
Industri
jika dikelompokkan menurut jumlah penjual adalah sebagai berikut: monopoli
murni, hanya satu perusahaan yang menyediakan produk atau jasa tertentu diwilayah
tertentu. Oligopoli Murni, terdiri dari beberapa perusahaan yang
memproduksi komoditas yang pada dasarnya sama. Oligopoli yang terdiferensiasi
terdiri dari beberapa perusahaan yang memproduksi produk yang terdiferensiasi
secara parsial (mobil, kamera), menurut lini mutu, fitur, mode atau
pelayanan. Persaingan Monopolistik, banyak pesaing yang mampu
mendiferensiasikan tawaran mereka secara keseluruhan atau sebagian. Persaingan
Murni, banyak pesaing menawarkan produk dan jasa yang sama.
III.
ANALISIS SWOT DAN PERANNYA DALAM DUNIA BISNIS
Manfaat Analisa SWOT
Manfaat apa yang akan didapatkan
dengan adanya analisa SWOT tersebut? berikut ini beberapa diantaranya:
1. Sebagai panduan bagi perusahaan
untuk menyusun berbagai kebijakan strategis terkait rencana dan pelaksanaan di
masa akan datang. Dengan adanya analisa ini, maka diharapkan perusahaan akan
mampu memilih kebijakan dan rencana terbaik untuk perkembangan bisnis di masa
akan datang.
2. Menjadi bentuk bahan evaluasi
kebijakan strategis dan sistem perencanaan sebuah perusahaan. Analisa SWOT akan
membantu perusahaan dalam memikirkan berbagai upaya evaluasi kebijakan yang
dirasa merugikan dan mana yang menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan
terbaru sebagai solusi berbagai masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa
SWOT tersebut.
3. Memberikan informasi mengenai
kondisi perusahaan, selanjutnya melalui informasi yang ada tersebut akan
menjadi pedoman bagi pemilik perusahaan maupun perancang kebijakan untuk
melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah
ada.
4. Memberikan tantangan ide-ide baru
bagi pihak manajemen perusahaan. Adanya berbagai permasalahan seperti
kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil ataupun ancaman dari pihak luar
akan mendorong bagian dari manajemen perusahan untuk menemukan berbagai ide
kebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif menjadi solusi atas berbagai
permasalahan yang ada.
Analisis SWOT adalah sebuah alat
analisis yang penting bagi seorang wirausahawan dalam memutuskan strategi
bersaingnya. Analisis digunakan dalam :
a. Memasuki
sebuah industry baru.
b. Memutuskan
untuk melncurkan produk baru,
c. Menganalisa
posisi perusahaan dalam persaingan saat ini.
d. Untuk
melihat sejauh mana kekuatan dan kelemahan perusahaan.
e. Membuat
keputusan untuk memecahkan masalah yang akan terjadi sehubungan dengan ancaman
yang akan datang dan peluang yang bisa diambil.
IV.
ANALISIS INDUSTRI SERTA PERANANYA DALAM DUNIA BISNIS
Pentingnya Analisis
Industri Analisis industry merupakan tahap penting yang perlu dilakukan
investor, karena analisis tersebut dipercaya bisa membantu investor untuk
mengidentifikasi peluang-peluang investasi dalam industry yang mempunyai
karakteristik risiko dan return yang menguntungkan bagi investor.
Beberapa penelitian
yang terkait dengan analisis industry, telah didokumentasikan oleh Reilly dan
Brown (1997), dan menghasilkan kesimpulan-kesimpulan seperti berikut ini:
1. Studi mengenai kinerja tahunan
industry, menunjukkan bahwa industry yang berbeda mempunyai tingkat return yang
berbeda pula.
Hasil
penelitian tersebut menunjukkan bahwa analisis industry itu penting, dan perlu
dilakukan untuk mengetahui perbedaan kinerja antar industry, sehingga akan
membantu investor dan para analisis untuk mengidentifikasi peluang-peluang yang
menguntungkan dan yang tidak menguntungkan
2. Tingkat return masing-masing
industry berbeda di setiap tahunnya.
Dengan
demikian, return industry di masa yang akan datang tidak bisa diestimasi dengan
hanya menggunakan data return industry masa lalu. Oleh karena itu, analisis dan
investor disamping menggunakan data return industry di masa lalu, juga perlu
menambahkan dengan beberapa data lain yang relevan untuk mengestimasi return
industry di masa yang datang.
3. Tingkat return perusahaan-perusahaan
di suatu industry yang sama terlihat cukup beragam.
Hal
ini menunjukkan bahwa analisis industry juga perlu diikuti dengan analisis
perusahaan.
4. Tingkat risiko berbagai industry
juga beragam, sehingga analisis dan investor perlu mempelajati dan mengestimasi
faktor-faktor risiko yang relevan untuk suatu industry tertentu seperti halnya
estimasi return.
5. Tingkat risiko suatu industry
relative stabil sepanjang waktu, sehingga analisis risiko berdasarkan data
historis dapat digunakan untuk mengestimasi risiko industry di masa datang.
DAFTAR
PUSTAKA
InfoManfaat. 2012. Manfaat Analisa SWOT dalam Bisnis. http://infomanfaat.com/275/manfaat-analisa-swot-dalam-bisnis/bisnis. Diakses pada 05 Mei 2017
Kasmir. 2013. Kewirausahaan-Edisi Revisi.
Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Khambali,
Muhammad. 2015. Analisis SWOT, Analisis
Industri, Analisis Pesaing. http://muhkhambali.blogspot.co.id/2015/04/analisis-swot-analisis-industri-dan.html. Diakses
tanggal 26 April 2017.
Hidayat,
Rikal. 2014. Analisis Industri.
Hendro. 2011. Dasar-Dasar
Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal,
Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta : Erlangga
Belum ada tanggapan untuk "RMK ANALISIS SWOT DAN ANALISIS INDUSTRI"
Post a Comment