MAKALAH_AKUNTANSI PERHOTELAN DAFTAR REKENING

AKUNTANSI PERHOTELAN
DAFTAR REKENING






OLEH :
I PUTU AGUS KIRANA PUTRA                         1417051135
NI LUH JUNIA PURNAMI                        1417051041
NI LUH PUTU SRI PURNAMI                 1417051050
LUH AYU PUSPA DEWI                           1417051223
NI NYOMAN ERNI YANUAR P.             1417051011
I PUTU WAHYU NUGRAHA PUTRA    1417051239



JURUSAN AKUNTANSI PROGRAM S1
FAKULTAS EKONOMI
                 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

4.1. PENDAHULUAN
Chart Of Account (Daftar Rekening) Istilah ini terdengar sangat keren dan dibayangkan akan sangat susah sekali. Kalau mau di artikan secara bahasa chart bisa berarti, tabel, daftar, diagram, bagan. Tapi bagaimana kita memahami dalam pengertian yang lebih sederhana saja hingga tidak perlu untuk di buat pusing oleh istilah yang satu ini.
      Menurut Wirasha (2010) menyatakan daftar rekening merupakan salah satu alat bantu manajemen pada bidang akuntansi yang sangat penting. Melalui daftar rekening, manajemen memberikan panduan bagi petugas bagian akuntansi hotel (biasa disebut akuntan internal) dalam melakukan tugas secara profesional. Transaksi akuntansi hanya boleh dibukukan pada rekening-rekening yang ada dalam daftar rekening yang telah ditentukan oleh manajemen hotel. Dengan kata lain, petugas akuntansi tidak boleh membukukan transaksi di luar daftar rekening yang diberikan. Rekening-rekening yang dicantumkan pada daftar rekening disesuaikan dengan aktivitas hotel, yaitu yang tercantum dalam rekening rugi-laba, dan sumber daya yang digunakan untuk melakukan aktivitas bisnis seperti yang tercantum dalam neraca.
       
4.2. PENGERTIAN REKENING
      Rekening merupakan salah satu dokumen transaksi yang dimiliki oleh hotel selain bukti transaksi yang merupakan dokumen pendukung dalam membukukan suatu transaksi, dan buku pencatatan awal yang biasa disebut jurnal. Ibaratnya, rekening merupakan bak yang menampung semua transaksi yang terjadi di hotel. Untuk memudahkan tugas-tugas pada bidang akuntansi serta menyederhanakan transaksi yang terjadi, rekening kemudian diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar, yaitu rekening rill, dan rekening normal. Rekening riil yaitu rekening-rekening yang dilaporkan pada neraca, sedangkan rekening nominal adalah rekening-rekening yang dilaporkan dalam laporan rugi-laba.
      Selain itu, menurut Wiranto akun/rekening dalam akuntansi adalah alat yang paling dasar dalam akuntansi. Alat ini adalah suatu catatan rinci dari semua perubahan yang terjadi di dalam assets, liabilities atau owner's equity selama satu periode waktu tertentu. Agar mudah mencari informasi, maka akun tersebut dikelompokkan ke dalam suatu buku besar (ledger), yaitu buku yang berisi kumpulan akun-akun.

4.3. KLASIFIKASI REKENING
Dalam daftar rekening, rekening-rekening diklasifikasikan sebagai berikut:
1.      Rekening aset
2.      Rekening utang
3.      Rekening modal
4.      Rekening pendapatan
5.      Rekening harga pokok dan biaya
      Pada klasifikasi rekening di atas rekening-rekening aset, utang, dan modal merupakan rekening riil yaitu rekening-rekening yang dilaporkan pada neraca hotel. Adapun rekening-rekening pendapatan dan harga pokok dan biaya merupakan rekening nominal yang dicantumkan pada laporan rugi-laba. Ciri rekening-rekening riil adalah bahwa saldonya berkelanjutan (carry-over) dari satu periode akuntansi ke periode akuntansi berikutnya. Sebaliknya, rekening-rekening nominal saldonya ditutup (close to zero) setiap akhir satu periode akuntansi. Dengan kata lain, ciri rekening nominal adalah selalu mulai dari awal untuk setiap periode akuntansi.

4.4. CATATAN-CATATAN AKUNTANSI YANG DIPERLUKAN
      Untuk dapat melaksanakan siklus akuntansi, setiap perusahaan, termasuk hotel, harus memiliki catatan-catatan akuntansi yang dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
1.      Bukti transaksi sebagai dokumen pendukung dalam membukukan setiap transaksi. Contoh bukti transaksi misalnya nota pembelian daging ayam segar di rekanan A untuk 5 januari 2006.
2.      Jurnal atau buku pencatatan awal (book of original entry): digunakan untuk mengklasifikasikan dan membukukan bukti transaksi butir (1) di atas.
3.      Buku besar (ledger): untuk mencatat efek setiap transaksi pada setiap rekening aset, utang, dan modal.

4.5.DAFTAR REKENING UNTUK HOTEL
      Daftar rekening merupakan daftar isi aktivitas serta sumber daya yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Dalam menyusun daftar rekening, setiap rekening diberi kode dengan nomor dan jumlah angka tertentu. Biasanya jumlah angka untuk menyusun daftar rekening terdiri dari tiga angka. Berikut dibahas penomoran dan contoh daftar rekening untuk diterapkan di industri perhotelan. Perlu diingat bahwa contoh daftar rekening ini hanya merupakan panduan, yang bisa jadi tidak tepat benar untuk hotel tertentu serta dapat diubah sesuai dengan keperluan. Contoh daftar rekening untuk industri perhotelan diadaptasi dari Uniform System of Accounts for the Lodging Industry (USALI) Ninth Edition, terbitan The Educational Institute of the American Hotel & Motel Association 1996.
1.      Penomoran daftar rekening
Sebagai panduan dapat dipertimbangkan cara penomoran berikut:
·         100-900: Aset
·         200-280: Utang
·         280-299: Modal
·         300-399: Pendapatan
·         400-499: Harga pokok dan biaya
·         500-599: Gaji dan upah
·         600-699: Biaya lain
·         700-799: Beban tetap
2.      Contoh Daftar Rekening
ASET
AKTIVA LANCAR
100: Kas


                                                    101.      Kas kecil
                                                    102.      Bank A
             103.      Kas dalam USD
             104.      Deposito berjangka


110: Investasi jangka pendek/marketable securities


                                                    111.      PT MMN
             112.      PT KBL


120: Piutang


                                                    121.      Rekening tamu
                                                    122.      City ledgers
                                                                      -1.      Kartu kredit
                                                                      -2.      Perusahaan
                                                                      -3.      Pemerintah
             123.      Paid-out
             124.      Antarperusahaan
             125.      Pemilik (holding company)
             126.      Piutang lain-lain


130: Notes receivables
                                                    131.      Piutang dari pemilik
                                                    132.      Lain-lain
140: Persediaan
                                                    141.      Makanan
                                                    142.      Minuman keras (liquor)
                                                    143.      Minuman ringan dan bir
                                                    144.      Anggur
                                                    145.      Material dan supplies
                                                    146.      Gas LPG
                                                    147.      Alat tulis kantor
                                                    148.      Lain-lain
150: Pembayaran di muka (prepaid expense)
                                                    151.      Pembayaran di muka asuransi
                                                    152.      Pembayaran di muka pajak
                                                    153.      Pembayaran di muka kontrak/sewa
                                                    154.      Pembayaran bunga
                                                    155.      Pembayaran di muka lain-lain
AKTIVA JANGKA PANJANG (AKTIVA TETAP)
160. Piutang jangka panjang
165. Investasi jangka panjang
170. Property and Equipment
                                                   -1.       Tanah
                                                   -2.       Gedung dan perlengkapan gedung
                                                   -3.       Furniture and fixtures
                                                   -4.       Mesin dan peralatan
                                                   -5.       Perlengkapan data processing
                                                   -6.       Kendaraan hotel
                                                   -7.       Tembikar
                                                   -8.       Glassware
                                                   -9.       Silverware
                                               -10.       Lena
                                               -11.       Pakaian Seragam
190. Aktiva tetap lain-lain
191. Security deposit
192. Biaya Prapembukuan

UTANG
UTANG LANCAR
200. Utang
                                                   -1.       Utang Dagang
                                                   -2.       Utang gaji dan upah
                                                   -3.       Utang jasa layanan
                                                   -4.       Utang pajak pembangunan I
                                                   -5.       Utang pajak penghasilan badan
                                                   -6.       Utang dividen
                                                   -7.       Utang antarperusahaan
                                                   -8.       Utang pajak atas gaji dan upah
                                                   -9.       Utang jamsostek
                                               -10.       Utang pajak bumi dan bangunan
                                               -11.       Pendapatan diterima lebih dahulu
220. Uang muka (advance deposit)
     221. Uang muka pemesanan kamar
     222. Uang muka pesta perjamuan
230. Utang yang diperhitungkan
     231. Gaji dan upah
     232. Telepon dan Faksimil
     233. Listrik
     234. PDAM
     235. Gas LPG
     236. Porsi utang jangka panjang yang jatuh tempo
UTANG JANGKA PANJANG
250: Utang Jangka Panjang
     251. Utang Hipotek
     252. Utang Antar Perusahaan
260: Akumulasi penyusutan, penyisihan , dan amortisasi.
       1. Gedung dan perlengkapan gedung
       2. Furniture and fixtures
       3. Mesin dan peralatan
       4. Perlengkapan data processing
       5. Kendaraan
       6. Tembikar
       7. Glassware
       8. Silverware
       9. Lena
       10. Pakaian seragam
       11. Piutang ragu-ragu
       12. Dana pension
       13. Tunjangan hari raya/jasa produksi
       14. Amortisasi  biaya prapembukaan
MODAL
UNTUK PERSEROAN TERBATAS (PT)
300: MODAL
     310. Saham biaya
     320. Saham preferensi
     330. Laba yang ditahan
                 331. Rugi-laba tahun berjalan
                 332. Dividen yang belum didistribusikan
                 333. Laba yang belum didistribusikan
     340. Agio/Disagio saham
     350. Saham dibeli kembali (treasury stocks)
UNTUK PERUSAHAAN PERSEORANGAN / PERSEKUTUAN
300: MODAL
                        310. Modal pemilik/sekutu
                        320. Prive pemilik/sekutu
                        330. Laba yang ditahan
                                    331. Rugi –laba tahun berjalan
                                    332. Laba yang belum didistribusikan
PENDAPATAN
400: Pendapatan kamar
     401. Transient-regular
     402. Konvensi-group
     403. Day-use
     410. Pendapatan lain-lain
     411. Penyesuaiaan pendapatan
420: Pendapatan Makanan
     421. Restoran A
     422. Room service
     423. Pendapatan lain
     424. Penyesuaian pendapatan
430: Pendapatan Minuman
     431. Restoran A
     432. Bar A
     433. Pendapatan lain
     434. Penyesuaian pendapatan
440: Telekomonikasi (telepon, faksimil, dan internet)
     441. Lokal
     442. SLJJ
     443. Internasional
     444. Internet
     445. Faksimil
     446. Penyesuaian pendapatan
450: Pendapatan binatu
     451. Binatu-tamu
     452. Dry cleaning
     453. Penyesuaian pendapatan
460: Penyewaan ruangan
     461. Ruangan kantor
     462. Ruangan pertokoan
470: Pendapatan lain-lain
     471. Komisi
     472. Penjualan barang bekas

BIAYA DAN HARGA POKOK
BIAYA OPERASIONAL DEPARTEMEN
510: Kamar-kantor depan
     511. Gaji dan upah
     512. Pemesanan kamar
     513. Komisi
     514. Pakaian seragam
     515. Kesejahteraan karyawan
     516. Alat tulis kantor
     517. Biaya lain
520: Kamar-tata graham
     521. Gajih dan upah
     522. Tembikar dan gelas
     523. Pakaian seragam
     524. Lena
     525. Kesejahteraan karyawan
     526. Bahan pembersih
     527. Alat tulis kantor
     528. Biaya lain
530: Harga pokok makanan dan minuman
     531. Harga pokok makanan konsumsian
     532. Penyesuaian untuk harga pokok makanan konsumsian
     533. Harga pokok minuman konsumsian
     534. Penyesuaian untuk harga pokok minuman konsumsian
540. Makanan dan minuman
     1. Gaji dan upah
     2. Tembikir (chinaware) dan gelas (glassware)
     3. Pakaian Seragam
     4. Lena
     5. Kesejahteraan karyawan
     6. Bahan pembersih
     7. Peralatan dari perak
     8. Binatu untuk lena
     9. Pertunjukan music
     10. Gas LPJ
     11. Alat tulis kantor
     12. Biaya lain
550. Telekomunikasi (telepon, faksimil, dan internet)
     551. Gaji dan upah
     552. Pakaian seragam
     553. Kesejahteraan karyawan
     554. Alat tulis kantor
     555. Biaya telepon dan internet
     556. Biaya pemeliharaan peralatan
560. Biaya binatu dan dry cleaning
     561. Gaji dan upah
     562. Pakaian seragam
     563. Kesejahteraan karyawan
     564. Alat tulis kantor
     565. Biaya bahan kimia
570. Biaya kolam renang
     571. Gaji dan upah
     572. Pakaian seragam
     573. Kesejahteraan karyawan
     574. Alat tulis kantor
     575. Biaya listrik
     576. Biaya pemeliharaan peralatan
     577. Biaya bahan dipakai habis untuk kolam renang
BIAYA OPERASIONAL TIDAK TERDISTRIBUSIKAN
610. Biaya pemrosesan data (data processing)
     611. Gaji dan upah
     612. Pakaian seragam
     613. Kesejahteraan karyawan
     614. Alat tulis kantor
     615. Pemeliharaan hardware
     616. Pemeliharaan software
     617. Biaya lain
620. Biaya sumber daya manusia
     621. Gaji dan upah
     622. Pakaian seragam
     623. Kesejahteraan karyawan
     624. Alat tulis kantor
     625. Biaya kesehatan
     626. Biaya hubungan industrial
     627. Biaya perekrutan
     628. Biaya pelatihan
     629. Biaya transportasi
630. Biaya administrasi dan umum
     1. Gaji dan upah
     2. Pakaian seragam
     3. Kesejahteraan karyawan
     4. Alat tulis kantor
     5. Biaya komisi kartu kredit
     6. Sumbangan
     7. Biaya asuransi umum
     8. Biaya penagihan kartu kredit
     9. Biaya over/short
     10. Biaya rapat
     11. Biaya perjalanan dan perjamuan
     12. Biaya penyisihan piutang ragu-ragu
     13. Biaya tenaga professional
640. Biaya pemasaran
     1. Gaji dan upah
     2. Pakaian seragam
     3. kesejahteraan karyawan
     4. Alat tulis kantor
     5. Biaya komisi
     6. Biaya pencetakan grafis untuk in-house
     7. Biaya surat-menyurat
     8. Biaya advertensi
     9. Biaya iuran pemasaran
     10. Biaya penjamuan
     11. Biaya sales calls
     12. Biaya cetakan untuk promosi
650. Biaya pemeliharaan dan energy
     1. Gaji dan upah
     2. Pakaian seragam
     3. Kesejahteraan karyawan
     4. Alat tulis kantor
     5. Pemeliharaan gedung
     6. Peralatan listrik dan mekanik
     7. Tirai dan konden
     8. Pemeliharaan taman
     9. Peralatan teknik
     10. Pemeliharaan tangga berjalan dan elevator
     11. Pemeliharaan mebeler
     12. Pengecatan dan dekorasi ulang
     13. Penanganan limbah dapur
     14. Pembasmi hama
     15. Bahan dipakai habis pemeliharaan
     16. Premium, solar, oli
     17. Gas
     18. Listrik
     19. Air
     20. Biaya lain

BEBAN TETAP
700. Management fees
710. Biaya sewa atau leasing


711. Tanah
712. Gedung
713. Peralatan
714. Peralatan Telepon
715. Peralatan data processing
716. Lisensi software
717. Kendaraan


720. Pajak
721. Pajak Bumi dan Bangunan
722. Pajak Penghasilan Badan
723. Pajak lainnya
730. Biaya asuransi
731. Gedung dan perelengkapan gedung
732. Kendaraan hotel
733. Asuransi lainnya
740. Biaya bunga
741. Bunga kredit jangka panjang
742. Bunga lainnya
750. Depresiasi amortisasi dan penyisihan
-1. Gedung dan perlengkapan gedung
-2. Mesin dan peralatan
-3. Perlengkapan data processing
-4. Kendaraan
-5. Furniture and fixtures
-6. Tembikar
-7. Glassware
-8. Silverware
-9. Lena
-10. Pakaian seragam
-11. Leasing modal
-12. Amortisasi biaya prapembukaan
770. Rugi/laba penjualan aktiva tetap
790. Pajak atas gaji, upah dan kesejahteraan karyawan
791. Gaji dan upah
792. Jamsostek
793. Dana pension
794. Makanan dan minuman karyawan
795. Pakaian seragam
796. Tunjangan hari raya/jasa produksi
797. Tunjangan kesehatan
798. Pajak lainnya
     Dari daftar rekening di atas, rekening utang, property and equipment, akumulasi penyusutan, penyisihan, dan amortisasi, makanan dan minuman, administrasi dan umum (A&G), pemasaran, dan pemeliharaan dan energy; penomoran rekening yang merupakan bagian dari rekening-rekening  tersebut (buku pembantu) diisi dengan tanda garis pisah (-). Hal ini dilakukan kerena kegiatan pada rekening-rekening tersebut relatif  banyak, melampaui sepuluh kegiatan. Bila nomor rekening tidak diberi tanda garis pisah maka dapat membingungka karena akan tumpang tindih dengan sistem penomoran daftar rekening. Misalnya, tanpa tanda garis pisah, rekening administrasi dan umum untuk biaya rapat akan bernomor 640. Nomor ini akan membingungkan dengan nomor rekening biaya pemasaran yang juga bernomor 640.

4.6 BENTUK-BENTUK REKENING
     Dalam praktik  akuntansi, rekening memiliki beberapa bentuk  (format) dari yang sederhana sampai yang lebih lengkap. Demikian pula format dengan komputer berbeda dengan yang dikerjakan secara manual.
1.      BENTUK REKENING T
Menurut Purnamasari, bentuk perkiraan (akun) yang sederhana adalah terdiri dari tiga bagian:
a.       Nama perkiraan, menjelaskan tentang jenis aktiva, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya.
b.      Tempat untuk mencatat penambahan yang terjadi pada perkiraan yang bersangkutan.
c.       Tempat untuk mencatat pengurangan
 





Contoh bentuk perkiraan ( T Account) :






Pada contoh di atas, perkiraan kas bersaldo debit sebesar Rp 4.300.000 oleh karena total sisi debit lebih besar daripada total sisi kredit.
2.      BENTUK REKENING DUA KOLOM
      Bentuk rekening dua kolom, biasa juga disebut T account karena bentuknya seperti  huruf T, paling lazim digunakan sebagai contoh dalam penjelasan transaksi di kelas akuntansi. Dengan bentuk T ini, rekening hanya terdiri dari dua kolom, yaitu debet  disebelah kiri dan kredit disebelah kanan. Bila jumlah debet lebih besar dari pada kredit maka saldonya adalah debet dan sebaliknya. Kini dengan perjalanan waktu , bentuk dua kolom sudah sangat jarang digunakan dalam praktik akuntansi.
Contoh rekening dua kolom
Rekening: Kas                                                 Nomor rekening : 100
Tgl
Keterangan
Ref
Debet
Tgl
Keterangan
Ref
Kredit

Contoh penerapan transaksi debet  dan kredit pada rekening
Rekening: Kas                                                 Nomor rekening : 100
Tgl
Keterangan
Ref
Debet
Tgl
Keterangan
Ref
Kredit
2000
Jan
2

3

31







Saldo Awal
Setoran Modal

Pinjaman Bank

Pendapatan Jasa Angkutan
Penerimaan Tagihan






1

1

2

2








4.000.000

5.000.000

500.000

150.000



9.650.000

2000
Jan
3


15


31





Pembelian kendaraan

Pembayaran hutang

Biaya usaha

Saldo Akhir



1


1


2







7.400.000


130.000


525.000

1.596.000

9.650.000


3.      BENTUK REKENING TIGA KOLOM
      Bentuk rekening tiga kolom kini juga lazim diterapkan karena dapat menagkap lebih banyak informasi, terutama mengenai saldo suatu rekening. Pada rekening tiga kolom ini, debet tetap berada di sisi kiri dari kredit , dan satu kolom yang paling luar yang menunjukan saldo rekening yang bersangkutan. Untuk rekening yang dikerjakan secara manual, saldo kredit biasanya diisi dengan tanda kurung () atau warna merah. Namun, dengan teknologi komputerisasi , saldo kredit bisa diberi tanda minus (-).
Contoh rekening tiga  kolom
Rekening: Kas                                                   Nomor rekening : 100
Tgl
Keterangan
Ref
Debet
Kredit
Saldo





Contoh penerapan transaksi debet  dan kredit pada rekening

4.      BENTUK REKENING EMPAT KOLOM
      Seperi namanya,  rekening ini memiliki empat kolom yang terdiri atas debet dan kredit untuk membukukan transaksi, dan saldo rekening bersangkutan yang terdiri dari debet dan kredit.  Pencatatan transaksi dengan rekening empat kolom ini sangat membutuhkan ketelitian, terutama ketika membukukan saldo suatu rekening. Dengan rekening empat kolom ini, akuntansi tidak perlu lagi member tanda minus atau dalam kurung untuk saldo kredit karena kolom kredit sudah tersedia pada saldo rekening.
      Menurut Purnamasari, Keuntungan dari penggunaan bentuk empat kolom adalah adanya kemungkinan untuk setiap saat dapat memperlihatkan saldo akhir perkiraan tersebut. Kemungkinan kekaburan dan kesalahan ketika mencantumkan saldo perkiraan dalam neraca saldo dapat (trial balance) dapat diperkecil.
Contoh rekening empat  kolom
Rekening: Kas                                                        Nomor rekening : 100
Tgl
Keterangan
Ref
Debet
Kredit
Saldo
Debet
Kredit

Contoh penerapan transaksi debet  dan kredit pada rekening
Rekening  piutang yang merupakan aset hotel, jumlahnya meningkat dengan transaksi debet dan berkurang dengan transaksi kredit. Saldo normal untuk piutang adalah debet. Berikut diberikan contoh pembukuan transaksi pada rekening. Angka-angka yang dicatat pada rekening di bawah ini hanya bersifat ilustrasi.
Rekening: Piutang                                              Nomor rekening : 100
Tgl
Keterangan
Ref
Debet
Kredit
Saldo
10/1/06
JP 1
100.000
100.000
30/1/06
JPK 2
                60.000
  40.000







Keterangan:
1.      Nama rekening, diisi nama rekening yang bersangkutan
2.      Kode rekening, diisi nomor rekening yang bersangkutan
3.      Tanggal, untuk mencatat tanggal, bulan, tahun, terjadinya transaksi
4.      Keterangan, digunakan untuk mencatat penjelasan singkat transaksi
5.      Ref, atau referensi, digunakan untuk mencatat nomor halaman dokumen yang menjadi sumber pencatatan.
6.      Debit dan kredit, untuk mencatat nilai transaksi.
7.      Saldo, untuk mencatat saldo akhir suatu akun setelah suatu transaksi dicatat dalam akun tersebut.

4.7  ATURAN DEBIT DAN KREDIT
Aturan untuk mendebit atau mengkredit suatu perkiraan pada umumnya dapat dijelaskan seperti di bawah ini.
Perkiraan Neraca

Aturan debit dan kredit untuk perkiraan-perkiraan neraca dapat dijelaskan dalam gambar berikut:
     Bila suatu pos aktiva bertambah, maka perkiraan yang bersangkutan di debit, sedangkan bila suatu transaksi mengakibatkan pos tersebut berkurang maka perkiraannya di kredit. Untuk pos-pos kewajiban dan modal, kredit berarti penambahan dan debit berartipengurangan.
Perkiraan Perhitungan Rugi Laba
     Penerapan aturan debit kredit untuk perkiraan pendapatan dan biaya didasarkan pada hubungannya dengan perkiraan modal. Pendapatan menambah modal dicatat sebagai kredit. Biaya mengakibatkan pengurangan terhadap modal dicatat sebagai debit.

Aturan debit – kredit yang diterapkan untuk pendapatan dan biaya digambarkan seperti di bawah ini:
     Pengambilan uang ini dicatat sebagai debit pada suatu perkiraan yang disebut Prive (drawing). Debit pada perkiraan ini dianggap sebagai pengurangan modal dan penambahan perkiraan prive










REFERENSI:
Purnamisari, Warsani. 2014. Contoh Transaksi Dua Kolom Hotel.    Https://www.google.co.id/search?hl=id&ie=ISO-8859-1&q=contoh+    transaksi+dua+kolom+hotel. Diakses pada tanggal 10 Maret 2017.
Wiranto. 2015. Pengertian Akun dalam Akuntansi. Http://   www.materiakuntansi.com/pengertian-akun-dalam-akuntansi/&sa=U&     ved=0ahUKEwiZieD9k9HSAhXLtY8KHTWdCRAQFggfMAY&usg=AF            QjCNHPjBN_1KBTiDKIB4tysjPvsGwZhw. Diakses pada tanggal 10       Maret 2017.
Wirasha, IBM. 2010. Akuntansi Perhotelan - Penerapan Uniform System of           Accounts Ledging Industry. Yogyakarta: CV Andi.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "MAKALAH_AKUNTANSI PERHOTELAN DAFTAR REKENING"

Software Akuntansi Laporan Keuangan said...
This comment has been removed by the author.

Postingan Populer