Dampak Penurunan Harga BBM Terhadap Peningkatan Transaksi Pasar Modal Di Indonesia

Dampak Penurunan Harga BBM  Terhadap Peningkatan Transaksi Pasar Modal Di Indonesia

Dewasa ini, fluktuasi harga bbm semakin memiliki pengaruh yang cukup krusial terhadap berbagai lini dalam perekonomian di Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung.  Tidak terkecuali terhadap pasar modal sebagai fasilitator transaksi sekuritas yang sangat “sensitif” terhadap berbagai perubahan ekonomi yang terjadi. sehingga setiap inch dari perubahan harga bbm akan memberikan stimulus yang memicu pergerakan transaksi di pasar modal.
Dalam tahun belakangan ini dan sampai sekarang, bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia menjadi menurun. Hal tersebut disebabkan oleh minyak mentah dunia yang terus merosot hingga menembus level US $ 36 per barel dan bahkan harganya anjlok hingga 68 % selama 1,5 tahun terakhir. Minyak mentah dunia turun menjadi US $41,35 per barel. Pada saat ini, harga BBM di Indonesia turun  terutama jenis premium dan solar yang berlaku pada 1 April 2016 dengan harga BBM di masing-masing wilayah Jawa-Madura-Bali (Jamali) meliputi Premium Rp 6.550 per liter dan Solar Rp 5.250 per liter, dan harga BBM non Jamali meliputi Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter.
Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM), berpotensi meningkatkan jumlah transaksi saham di pasar modal. Saham-saham perusahaan yang produknya digunakan oleh masyarakat banyak  akan banyak diburu oleh investor. Dengan penurunan harga BBM secara otomatis akan membuat ongkos produksi mengalami penurunan. Sehingga, biaya yang dikeluarkan bisa ditekan dan  keuntungan yang dibagikan akan lebih besar. Dan turunnya harga BBM di Indonesia pada akhir-akhir ini, memberikan dampak bagi masyarakat umum terutama dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat salah satunya adalah turunnya harga barang kebutuhan masyarakat sehari-hari yang terjangkau untuk dibeli. Selain itu, dampak menurunnya harga BBM secara positif mempengaruhi kinerja dari Pasar Modal Indonesia terutama pada pergerakan saham yang dibuktikan dengan pergerakan saham salah satunya IHSG yang meningkat. Selain berdampak pada  kinerja saham, menurunnya harga BBM di Indonesia juga memberikan penyegaran pada pasar modal dengan meningkatnya jumlah investor baru untuk menanamkan modalnya meski masih pemula dan memiliki modal yang kecil.
Terkait  dengan keputusan pemerintah turunkan BBM ini tentu sangat berdampak positif juga bagi pasar modal dan ekonomi. Untuk pasar modal positif dirasakan emiten penurunan biaya operasional dan menunjang profil kuartal berikutnya. Dan adanya sinyal bahwa harga BBM di Indonesia turun, para investor mengambil peluang untuk bertransaksi saham pada Pasar Modal Indonesia dengan membeli saham perusahaan yang memiliki kinerja yang baik dan produknya banyak diburu oleh masyarakat yang akan membentuk laba dengan perhitungan tingkat pengembalian (return) saham berupa deviden kepada para investor lebih tinggi sehingga para investor menjadi berburu saham emiten untuk deviden yang banyak. Jika terjadinya peningkatan laba yang direalisasikan melalui pembagian deviden kepada pemiliki saham maka akan mengindikasikan kesehatan perusahaan yang semakin terjaga. Jika hal ini terjadi secara kontinyu maka dari itu nilai perusahaan akan semakin tinggi dan berimplikasi pada peningkatan terhadap penawaran sahamnya di BEI. Setiap investor yang menanamkan modalnya pada emiten, sudah pasti memiliki tujuan untuk mendapatkan deviden ataupun capital gain yang maksimal sehingga emiten yang memiliki progress laba yang baik akan menjadi primadona di pasar modal.






LAMPIRAN –LAMPIRAN
Linangkung, Erfanto. 2016. Penurunan BBM Berpotensi Tingkatkan Transaksi Pasar Modal. Sindonews, 11 April 216. 

Riezqi Yovanda, Yanuar. 2016. Harga BBM Turun Positif bagi Pasar Modal. Sindonews, 1 April 2016.http://ekbis.sindonews.com/read/1097420/32/harga-bbm-turun-positif-bagi-pasar-modal-1459486456





Rusna Fajriah, Lily. 2016. Harga BBM Premium Turun Jadi Rp6.450/liter, Solar Rp5.150/liter. Sindonews, 30 Maret 2016.  http://ekbis.sindonews.com/read/1096906/34/harga-bbm-premium-turun-jadi-rp6-450-liter-solar-rp5-150-liter-1459331056




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dampak Penurunan Harga BBM Terhadap Peningkatan Transaksi Pasar Modal Di Indonesia"

Postingan Populer