RMK IDE BISNIS

KEWIRAUSAHAAN
IDE BISNIS



Nama :
Ni Luh Junia Purnami
Nim :
1417051041
No. Absen : 07





Akuntansi Program S1
Fakultas Ekonomi
Universitas Pendidikan Ganesha


A.    Membangun Ide Bisnis
1.      Pengertian Ide Bisnis
Ide usaha (bisnis) adalah respons seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang terindentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreativitas pengusaha menjadi peluang usaha/bisnis.
Ada dua hal penting yang harus dicatat dalam suatu ide bisnis yang bagus tersebut :
a.       Walaupun merupakan persyaratan, ide bisnis hanyalah suatu alat.
b.      Suatu ide diubah menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.
2.      Sumber-Sumber Ide Bisnis
a.       Hoby/Minat
Hobi adalah aktivitas favorit di waktu luang atau pekerjaan. Banyak orang, dalam melakukan hobi atau minat, berhasil mendirikan bisnis.
b.      Keterampilan dan Pengalaman Pribadi
Lebih dari separuh ide bisnis yang sukses berasal dari pengalaman bekerja di kantor/tempat kerja.
B.     Analisis Peluang
1.      Sumber-Sumber Peluang Bisnis
a.       Peluang Dari Pengetahuan Dan Latar Belakang Pendidikan
Di samping sumber-sumber yang telah disebutkan di atas, pengetahuan dan latar belakang pendidikan juga merupakan sumber dan awal dari mana Anda menemukan sebuah peluang.
b.      Lingkungan
Banyak peluang dan inspirasi yang timbul justru dari lingkungan seperti lingkungan rumah : pergaulan, tetangga, teman bermain, dan lain-lain. Semua bisa menciptakan inspirasi, ide, dan gagasan yang luar biasa bila kita sering menggunakan teori kreativitas dalam melihat suatu kejadian, masalah kita atau masalah orang lain, kesulitas, dan keterbatasan.
c.       Perubahan yang Terjadi
Peluang terbesar sering muncul menjadi sebuah bisnis adalah perubahan yang terjadi di lingkungan kita, seperti : perubahan global, perubahan lingkungan, perubahan peraturan pemerintah, perubahan musim, perubahan gaya hidup,  perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat pada umumnya.
d.      Konsumen
Suara konsumen itu penting karena sering menciptakan gagasan baru dalam memperbaiki produk yang ada dan peluang bagi yang akan mendirikan usaha baru.
e.       Gagasan Orang Lain
Seperti halnya suara konsumen, gagasan orang lain (bisa karena keluhan-keluhannya) yang bersifat orisinil akan memunculkan sebuah peluang bisnis yang baru pula.
f.       Informasi yang Diperoleh
dalam perjumpaan dengan orang lain terkadang kita mendapatkan informasi baru. Bagi orang yang mendengarnya, informasi baru itu bisa berguna untuk dijadikan sebagai peluang bisnis karena informasi tersebut memiliki konektivitas dengan pengetahuan dan pengalaman yang ia miliki.
2.      Pemetaan Peluang Dan Pemanfaatan Peluang Usaha
Ada kriteria atau faktor yang mencerminkan untuk mengidentifikasi dan menilai  peluang usaha serta memanfaaatkannyayaitu  faktor  :
a.       Kondisi industri dan pasar
b.      Lamanya masa “peluang produk”
c.       Tujuan pribadi dan kompetensi yang dimiliki wirausaha
d.      Tim manajemen
e.       Modal, teknologi, dan sumber daya lain yang dibutuhkan
f.       Kondisi lingkungan
g.      Studi kelayakan dan rencana usaha

3.      Menganalisis Peluang Usaha Dengan Analisis SWOT
Untuk dapat menganalisis peluang usaha  bisa dengan menggunakan analisis SWOT yaitu  :
  1. Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
  2. Weakness adalah  Kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
  3. Opportunity adalah Peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan.
  4. Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha
C.    Model 5 Langkah Membangun Ide Bisnis
Langkah 1: Lakukan Riset Produk Dan Bisnis
Melakukan riset produk adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk memastikan produk atau bisnis yang akan kita luncurkan akan mendapatkan “tempat” di pasar. Dengan bantuan media internet melalui fasilitas browsing, kini sangat mudah melakukan riset untuk menemukan ide produk atau bisnis yang inovatif.
Langkah 2: Belajar Dari Sukses Bisnis Lain
Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah keunggulan. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulannya, Anda juga bisa mulai membangun bisnis baru yang serupa tetapi dengan beberapa nilai lebih yang berbeda dengan bisnis aslinya.
Langkah 3: Inspirasi Dari Masalah Personal
Terkadang persoalan yang kita alami secara personal bisa menjadi sebuah ide bisnis yang brilian. Ambil contoh adalah munculnya ide layanan ojek berbasis aplikasi Go-Jek. Sang Founder Nadiem Makarim pernah mengatakan bahwa ide Go-Jek sebenarnya muncul lantaran ia sering mendapati ojek langganannya nongkrong begitu lama hanya untuk menunggu calon penumpang. Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.
Langkah 4: Belajar Dari Masalah Orang Lain
Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan. Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang berisi masukan dari setiap customer menjadi salah satu syarat. Jika masukan customer baik melalui testimoni langsung, email, chatting maupun komplain bisa dianalisa dengan tepat, tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran.
Langkah 5: Amati Trend Yang Sedang Berkembang
Langkah selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.











Referensi :
Aristadda, 2015. 5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif.             http://www.asritadda.com/enterpreneurship/5-cara-menemukan-ide-bisnis-kreatif-  dan-inovatif.htm. Diunduh tanggal : 9 Maret 2017
Dharmawati, Made. 2016. KEWIRAUSAHAAN-Edisi 1. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal,             Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta : Erlangga
Kasmir. 2014. Kewirausahaan-Edisi Revisi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Mfahrulrozzibakri, 2015. IDE BISNIS. http://dokumen.tips/documents/1-ide-bisnis.html.   Diunduh Tanggal : 9 Maret 2017
Suryana,Yusus dan Kartib Bayu. 2013. KEWIRAUSAHAAN Pendekatan Karakteristik      Wirausahawan Sukses- Edisi Kedua. Jakarta : KENCANA

Wibawa, Arsa. 2012. Analisis Peluang Usaha.          http://arsawibawa1.blogspot.co.id/2012/12/analisis-peluang-usaha.html. Diunduh   tanggal : 9 Maret 2017

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RMK IDE BISNIS"

Postingan Populer