“KEWIRAUSAHAAN”
IDE BISNIS
Nama :
Ni Luh Junia Purnami
Nim :
1417051041
No. Absen : 07
Akuntansi Program S1
Fakultas Ekonomi
Universitas Pendidikan Ganesha
A.
Membangun Ide Bisnis
1.
Pengertian Ide Bisnis
Ide usaha
(bisnis) adalah respons seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk
memecahkan masalah yang terindentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu
lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah
langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreativitas pengusaha menjadi peluang
usaha/bisnis.
Ada dua hal penting yang harus dicatat dalam suatu ide
bisnis yang bagus tersebut :
a.
Walaupun
merupakan persyaratan, ide bisnis hanyalah suatu alat.
b.
Suatu ide diubah
menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.
2.
Sumber-Sumber Ide Bisnis
a. Hoby/Minat
Hobi adalah aktivitas favorit di waktu luang atau
pekerjaan. Banyak orang, dalam melakukan hobi atau minat, berhasil mendirikan
bisnis.
b. Keterampilan dan Pengalaman Pribadi
Lebih dari separuh ide bisnis yang sukses berasal dari
pengalaman bekerja di kantor/tempat kerja.
B.
Analisis Peluang
1.
Sumber-Sumber Peluang Bisnis
a.
Peluang Dari
Pengetahuan Dan Latar Belakang Pendidikan
Di samping sumber-sumber yang telah disebutkan di
atas, pengetahuan dan latar belakang pendidikan juga merupakan sumber dan awal
dari mana Anda menemukan sebuah peluang.
b. Lingkungan
Banyak peluang dan inspirasi yang timbul justru dari
lingkungan seperti lingkungan rumah : pergaulan, tetangga, teman bermain, dan
lain-lain. Semua bisa menciptakan inspirasi, ide, dan gagasan yang luar biasa
bila kita sering menggunakan teori kreativitas dalam melihat suatu kejadian,
masalah kita atau masalah orang lain, kesulitas, dan keterbatasan.
c. Perubahan yang Terjadi
Peluang terbesar sering muncul menjadi sebuah bisnis
adalah perubahan yang terjadi di lingkungan kita, seperti : perubahan global,
perubahan lingkungan, perubahan peraturan pemerintah, perubahan musim,
perubahan gaya hidup, perubahan tingkat
kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat pada
umumnya.
d. Konsumen
Suara konsumen itu penting karena sering menciptakan
gagasan baru dalam memperbaiki produk yang ada dan peluang bagi yang akan
mendirikan usaha baru.
e. Gagasan Orang Lain
Seperti halnya suara konsumen, gagasan orang lain
(bisa karena keluhan-keluhannya) yang bersifat orisinil akan memunculkan sebuah
peluang bisnis yang baru pula.
f. Informasi yang Diperoleh
dalam perjumpaan dengan orang lain terkadang kita
mendapatkan informasi baru. Bagi orang yang mendengarnya, informasi baru itu
bisa berguna untuk dijadikan sebagai peluang bisnis karena informasi tersebut
memiliki konektivitas dengan pengetahuan dan pengalaman yang ia miliki.
2.
Pemetaan Peluang Dan Pemanfaatan
Peluang Usaha
Ada
kriteria atau faktor yang mencerminkan untuk mengidentifikasi dan
menilai peluang usaha serta memanfaaatkannya, yaitu faktor :
a. Kondisi industri dan pasar
b. Lamanya masa “peluang produk”
c. Tujuan pribadi dan kompetensi yang
dimiliki wirausaha
d. Tim manajemen
e. Modal, teknologi, dan sumber daya
lain yang dibutuhkan
f. Kondisi lingkungan
g. Studi kelayakan dan rencana usaha
3. Menganalisis
Peluang Usaha Dengan Analisis SWOT
Untuk dapat
menganalisis peluang usaha bisa dengan menggunakan analisis SWOT yaitu :
- Strength adalah
kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
- Weakness adalah Kelemahan
apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
- Opportunity adalah
Peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan.
- Threat adalah
Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha
C.
Model 5 Langkah Membangun Ide Bisnis
Langkah 1: Lakukan Riset Produk Dan Bisnis
Melakukan riset produk adalah sesuatu yang perlu dilakukan
untuk memastikan produk atau bisnis yang akan kita luncurkan akan mendapatkan
“tempat” di pasar. Dengan bantuan media internet melalui fasilitas browsing, kini sangat mudah
melakukan riset untuk menemukan ide produk atau bisnis yang inovatif.
Langkah 2: Belajar Dari Sukses Bisnis Lain
Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah
keunggulan. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulannya, Anda juga bisa mulai
membangun bisnis baru yang serupa tetapi dengan beberapa nilai lebih yang berbeda dengan bisnis aslinya.
Langkah 3: Inspirasi Dari Masalah Personal
Terkadang persoalan yang kita alami secara personal bisa
menjadi sebuah ide bisnis yang brilian. Ambil contoh adalah munculnya ide
layanan ojek berbasis aplikasi Go-Jek.
Sang Founder Nadiem Makarim pernah mengatakan bahwa
ide Go-Jek sebenarnya muncul lantaran ia sering mendapati ojek langganannya
nongkrong begitu lama hanya untuk menunggu calon penumpang. Terinspirasi oleh
masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi yang
bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang
yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.
Langkah 4: Belajar Dari Masalah Orang Lain
Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari
dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan produk
atau bisnis yang sudah berjalan. Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang
berisi masukan dari setiap customer menjadi salah satu syarat. Jika masukan
customer baik melalui testimoni langsung, email, chatting maupun komplain bisa dianalisa dengan
tepat, tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di
pasaran.
Langkah 5: Amati Trend Yang Sedang Berkembang
Langkah selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis
adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu
yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan
fakta. Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau
lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang
inovatif.
Referensi :
Aristadda, 2015. 5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan
Inovatif. http://www.asritadda.com/enterpreneurship/5-cara-menemukan-ide-bisnis-kreatif- dan-inovatif.htm. Diunduh tanggal : 9
Maret 2017
Dharmawati, Made. 2016. KEWIRAUSAHAAN-Edisi 1. Jakarta : PT
RajaGrafindo Persada
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan Bagi
Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami,
Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta : Erlangga
Kasmir. 2014. Kewirausahaan-Edisi Revisi. Jakarta : PT
Rajagrafindo Persada
Mfahrulrozzibakri, 2015. IDE
BISNIS. http://dokumen.tips/documents/1-ide-bisnis.html.
Diunduh Tanggal : 9 Maret 2017
Suryana,Yusus dan Kartib
Bayu. 2013. KEWIRAUSAHAAN Pendekatan
Karakteristik Wirausahawan Sukses-
Edisi Kedua. Jakarta : KENCANA
Wibawa, Arsa. 2012. Analisis Peluang Usaha. http://arsawibawa1.blogspot.co.id/2012/12/analisis-peluang-usaha.html.
Diunduh tanggal : 9 Maret 2017
Belum ada tanggapan untuk "RMK IDE BISNIS"
Post a Comment