Contoh PROPOSAL Program CSR BNI Di Undiksha

Program CSR BNI Di Undiksha

OLEH :
KELOMPOK 4

NI LUH JUNIA PURNAMI              (1417051041)
NI KADEK DWI ARIASTINI  (1417051037)
MADE WAHYU PRAMITA (1417051144)
KETUT ARI WARSADI (1417051145)

PROPOSAL PROGRAM
CSR BNI DI
UNDIKSHA

LATAR BELAKANG
Untuk mencapai keuangan yang sustain BNI perlu memperhatikan terobosan besar dalam kontek CSR yang dilakukan oleh John Elkington melalui konsep “3P” (profit, people, dan planet) yang dituangkan dalam bukunya “Cannibals with Fork, the Triple Bottom Line of Twentieth Century Business” bukan cuma profit yang diburu, namun juga harus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat (people) dan ikut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan (planet). BNI sudah banyak melakukan kegiatan CSR baik dalam hal bantuan sosial maupun kepedulian terhadap lingkungan. BNI sudah pernah memberikan bantuan kepada Undiksha seperti Motor Gerobak Sampah yang saat ini sudah dimanfaatkan dengan baik oleh Undiksha. BNI ingin melakukan program keberlanjutan sesuai dengan prinsip Triple Bottom Line di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha, harapannya program yang diberikan dapat membantu para generasi muda Indonesia agar lebih berprestasi, dan selalu cinta terhadap kebersihan lingkungan untuk membangun Pendidikan yang Sehat dan Bersih. Dengan terciptanya undiksha yang bersih akan meningkatkan prestasi belajar Mahasiswa.

TUJUAN
1.      Menumbuhkan rasa kebersamaan, tenggang rasa, toleransi, hormat-menghormati, etika, dan sopan santun antara generasi muda dengan masyarakat.
2.      Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan untuk menjaga usaha tetap berkelanjutan (sustainability).
 MANFAAT
1.      Mahasiswa Undiksha memiliki jiwa kepemimpinan dan berorganisasi untuk membentuk kepribadian yang baik.
2.      Mahasiswa Undiksha lebih peduli akan kebersihan lingkungan
 JENIS PROGRAM CSR BNI
HIMPUNAN MAHASISWA BEASISWA
(HMB) BNI UNDIKSHA
Himpunan Mahasiswa Beasiswa (HMB) BNI Undiksha merupakan program dari BNI untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa Undiksha yang memiliki potensi di bidang organisasi dan akademik yang baik. Untuk pertama kalinya BNI memberikan beasiswa kepada Mahasiswa Undiksha di masing-masing Fakultas dengan kouta 50 orang. Beasiswa ini akan didanai Rp5.000.000 per tahun kepada masing-masing penerima beasiswa. Penerima beasiswa harus bersedia untuk mengikuti segala kegiatan yang akan diusulkan oleh BNI. Kegiatan ini akan bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.

 Berkas  Pendafataran
-          Fotokopi KTM dan KTP
-          Transkrip nilai terakhir
-          Surat rekomendasi perguruan tinggi
-          Mengirimkan form biodata yang dapat diminta di bagian Kemahasiswaan
-          Surat Keterangan tidak sedang berada dalam ikatan dinas dan tidak menerima beasiswa dari instansi lain.
Kriteria  Pendafataran
-          Minimal telah menyelesaikan 4 semester dan atau telah menempuh 40 sks.
-          Memiliki IP minimal 3,00 dari skala 4,00
-          Mempunyai pengalaman menjalankan kegiatan sosial yang memiliki dampak bermanfaat bagi masyarakat.
-          Usia tidak lebih dari 23 tahun.
-          Tidak sedang menerima beasiswa, bekerja, atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga atau instansi lain.
-          Memperoleh rekomendasi dari pimpinan (Rektor atau Wakil rektor) perguruan tinggi.
-          Bersedia untuk berperan aktif mengelola, dan mengembangkan komunitas mahasiswa penerima beasiswa BNI serta berpartisipasi pada semua kegiatan yang diselenggarakan BNI.
Wawancara

            Untuk seleksi tahap kedua yaitu tahap wawancara yang dilakukan langsung oleh    karyawan BNI sebanyak 2 atau 3 orang. Proses seleksi yang akan dinilai oleh juri adalah           kejujuran dari masing-masing mahasiswa tentang kepribadian dan prestasi selama          menuntut ilmu di Universitas Pendidikan Ganesha. Penerima beasiswa BNI akan     diumumkan 2 minggu setelah dilakukan wawancara.
Penerima Beasiswa BNI
Penerima beasiswa BNI akan dibentuk komunitas yang bernama HMB BNI.          Komunitas ini akan disahkan oleh Pihak BNI dan Rektor Undiksha di Auditorium       Undiksha. Dalam peresmian ini akan dilakukan sesi perkenalan dan penyampaian        program yang akan dilakukan oleh HMB BNI. Seperti program Aksi Sahabat Alam yang             akan dilaksanakan diseluruh Fakultas Universitas Pendidikan Ganesha.


AKSI SAHABAT ALAM
Aksi sahabat alam merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh HMB BNI untuk menjaga kebersihan Undiksha. Dimana sasaran dari kegiatan ini adalah masing-masing fakultas yang ada di Undiksha. Program ini diadakan setiap semester yang dinilai oleh para juri. Adapun juri yang dimaksud adalah ketua DKP Buleleng dan WR 3. Pengumuman juara lomba Aksi Sahabat Alam ini akan diadakan pada setiap akhir semester di Auditorium Undiksha, namun penilaiannya akan dilakukan sewaktu-waktu minimal 3 kali kunjungan dadakan.
           Dengan diadakannya program ini diharapkan seluruh warga Undiksha di setiap fakultas akan menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan fakultasnya setiap waktu.  Pemenang dari lomba Aksi Sahabat Alam akan diberikan sejumlah uang tunai sebesar Rp7.500.000 untuk juara 1-3  dan piala bergilir dari BNI.
Penilaian Kebersihan Fakultas

1)      Keindahan taman
2)      Kebersihan halaman disekitar fakultas
3)      Ketersediaan perlengkapan kebersihan
4)      (termasuk sapu, tempat sampah, sapu bulu, dan serok sampah)
5)      Dekorasi atau penataan ruangan 
PELAKSANA PROGRAM
1.       WR 3 Undiksha
Wakil Rektor Undiksha akan membantu dalam peresmian HMB BNI dan sebagai Juri dalam lomba kebersihan antar fakultas.
2.       Ketua DKP Buleleng
HMB BNI mengadakan kerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Buleleng untuk sebagai juri lomba kebersihan antar fakultas di Undiksha.
3.       Dekan Masing-Masing Fakultas
Dekan masing-masing fakultas akan diundang untuk meresmikan program lomba kebersihan antar fakultas.
4.       SENAT Mahasiswa Masing-Masing Fakultas
Senat mahasiswa masing-masing mahasiswa akan ikut berkontribusi dalam menjaga kebersihan di fakultasnya masing-masing.
5.       Seluruh Mahasiswa Undiksha
Seluruh mahasiswa undiksha akan berkontribusi untuk menjaga kebersihan kelas agar dapat menjadi fakultas yang paling bersih di Undiksha.

TINDAK LANJUT (KEBERLANJUTAN PROGRAM)

HMB BNI Undiksha
HMB BNI Undiksha akan melakukan inovasi program setiap semester untuk Undiksha yang lebih bersih dan asri. Organisasi penerima beasiswa akan membuat program-program baru untuk undiksha yang lebih baik. Program yang akan dilaksanakan di Undiksha untuk kebersihan lingkungan, bantuan sosial kepada msyarakat, dan yang lainnya. Dimana setiap program yang dibuat oleh HMB akan didanai oleh Bank BNI untuk mensukseskan acara tersebut.
AKSI SAHABAT ALAM
Untuk program Aksi Sahabat Alam akan dilakukan setiap Semester di masing-masing Fakultas Universitas Pendidikan Ganesha. Pemenang akan diberikan Piala Bergilir dan Uang Tunai atas menjaga kebersihan di Fakultasnya.
Dengan terciptanya Program HMB BNI dan Aksi Sahabat Alam akan dapat meningkatkan kebersihan Undiksha dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Hal ini akan memberikan dampak kepada BNI selaku penyelenggara dari Kegiatan ini sehingga citra BNI di masyarakat akan semakin baik dan mampu meningkatkan profit BNI di kemudian hari.
Rincian Anggaran Biaya

PROGRAM HMB BNI UNDIKSHA
Konsumsi Wawancara Calon Penerima Beasiswa BNI
Rp2.000.000,00
Penerima Beasiswa BNI
Rp250.000.000,00
Konsumsi Peresmian HMB BNI
Rp3.000.000,00
Total
Rp255.000.000,00
PROGRAM AKSI SAHABAT ALAM
Spanduk Undiksha Bersih
Rp500.000,00
Konsumsi untuk Peresmian Undiksha Bersih
Rp3.000.000,00
Piala Bergilir Pemenang Lomba
Rp2.000.000,00
Juara I Lomba Kebersihan
Rp3.000.000,00
Juara II Lomba Kebersihan
Rp2.500.000,00
Juara III Lomba Kebersihan
Rp2.000.000,00
Total
Rp9.500.000,00
    TOTAL
Rp234.500.000,00




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh PROPOSAL Program CSR BNI Di Undiksha"

Postingan Populer