LATIHAN SOAL UTS IPM


1.      Jelaskan jenis investasi berdasarkan bentuknya dan berikan contohnya.
Aset keuangan(finansial aset) : dokumen(surat-surat) klaim tidak langsung pemegangnya terhadap aktiva riil pihak yang menerbitkan sekuritas tersbut contoh : Saham, obligasi, sertifikat PT. Danareksa.
 (riil aset): bersifat berwujud seperti gedung,kendaraan, Emas, Tanah, dll
2.      Jelaskan bagaimana cara untuk meminimalkan risiko investasi pada aktiva tunggal, dan berikan contohnya!
Dengan cara Melakukan diversifikasi yaitu tidak melakukan investasi pada satu jenis bentuk investasi.
Dengan cara fortofolio atau diversifikasi investasi.
Contohnya : Investasi pada Saham, selain itu juga investasi pada tanah atau emas.
3.      Jelaskan dua perbedaan saham biasa dengan saham preferen!
Saham Biasa : Hak menerima pembagian keuntungan, memiliki hak veto memilih dewan direksi dalam RUPS, risikonya lebih tinggi.
Saham Preferen : pembagian dividen pembagian tetap, pembagian dividen pada saat liquidasi lebih diutamakan, hak menerima dividen lebih dahulu,
4.      Jelaskan apakah yang dimaksud dengan shortselling? Apakah kegiatan tsb diperbolehkan pada pasar modal Indonesia?
Penjualan saham dimana yang melakukan penjualan tidak memiliki saham tetapi mereka meminjam dari pihak ketiga dimana akan dijual saat harga saham tinggi. Kegiatan ini diperbolehkan oleh Bapempan tapi diawasi secara ketat.
5.      Apa yang dimaksud dengan saham derivatif dan berikan contohnya!
Saham derivative adalah Saham turunan dari saham biasa. Contohnya Hak opsi, waran, right issue.
Saham derivative Bentuknya mirip saham biasa hanya memiliki hak-hak tertentu seperti membeli dengan harga yang lebih murah, dalam jumlah tertentu, pembelian dalam batas waktu tertentu.
6.      Jelaskan jenis investasi berdasarkan jangka waktunya dan berikan contohnya!
Investasi jangka panjang : investasi yang hasilkan dapat dinikmati kurang dari 1 tahun seperti 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan.
Ex: Obligasi, saham, tanah, dll
Investasi Jangka Pendek : investasi yang hasilkan dapat dinikmati lebih dari 1 tahun seperti 2 tahun ,5 tahun, 10 tahun.
Ex : Reksadana, tabungan, deposito kurang dari 1 th.
7.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan investasi dalam bentuk fortofolio dan berikan contohnya.
Merupakan Penganekaragaman/diversifikasi jenis/bentuk investasi yang di investasikan misalnya tanah dengan emas, perusahaan A dengan perusahaan B tujuannya untuk meminimumkan risiko investasi.
8.      Jelaskan mengapa saham preferen dikatakan bersifat Hibrid?
Saham yang sifatnya diantara saham biasa denga obligasi artinya saham preferen dapat menyerupai saham biasa juga menyerupai obligasi. Dikatakan Menyerupai obligasi karena pembagian dividennya tetap dan didahulukan ketika terjadi liquidasi. Dikatakan menyerupai saham biasa karena sama-sama sebagai pemilik perusahaan.
9.      Jelaskan teknik analisis yang dapat digunakan investor dalam menilai saham, dan manakah yang paling baik digunakan.
Analisis Teknikal : menganalisa dengan grafik perkembangan harga saham saja.
Analisis Fundamental : analisi yang mempelajari brosur atau data-data industry perusahaan, penjualan,kinerja perusahaan, rasio keuangannya,dll. risikonya lebih besar
Yang lebih baik digunakan Tergantung dari investor itu sendiri jika ingin membuat keputusan yang cepat digunakan analisis teknikal. Jika ingin hasil data yang lebih akurat dapat digunakan analisis fundamental.
10.  Jelaskan apa yang dimaksud sdengan Bullish dan Bearish, dan keputusan investasi seperti apa yang bisa dilakukan oleh investor dalam situasi tersebut.
Bullish : keadaan dimana kepercayaan investor meningkat sehingga terjadi     peningkatan investasi dalam mengantisipasi kenaikan harga di masa mendatang sehingga biasanya harga pun cenderung meningkat. saat kondisi ini investor melakukan penjualan saham.
Bearish : suatu keadaan dimana kepercayaan investor berubah menjadi rasa takut dan pesimisme, dan market pengalami penurunan dalam suatu periode.saat kondisi ini investor melakukan pembelian saham.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "LATIHAN SOAL UTS IPM"

Postingan Populer