Judul Paper : Public and Private Sector Accounting – The
Non-Identical Twins
Penulis : Allan Barton
Nama Reviewer :
NI LUH JUNIA PURNAMI (1417051041)
Tanggal pengerjaan : 5
Maret 2016 – 26 Maret 2016 (3 minggu)
Petunjuk
Pengerjaan : a. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini
dengan mengacu pada
paper yang telah diberikan
b. Kerjakan langsung pada kertas kerja ini
c. Beri nama file kertas kerja sebagai
berikut:
No Presensi_NIM_Kelas
d. Kumpulkan dalam 1 folder kelas dengan
nama:
Tugas Review Paper I_Kelas
e. Kirimkan folder kelas ke alamat email:
KERTAS
KERJA
1.
Apa latar belakang ditulisnya paper
tersebut?
Jawab:
Pemerintah
mempunyai keyakinan bahwa dua sektor dasarnya sama dalam kebutuhan informasi
pengguna laporan keuangan untuk tujuan umum (GPFRs) dan di lingkungan operasi
mereka dan karenanya standar akuntansi sektor swasta dapat segera diterapkan
pada sektor public dengan hanya modifikasi kecil(Warren McGregor;1990). Pada
lingkungan sektor publik sangat berbeda daru lingkungan bisnis yang mana
diperlukan pendekatan yang dibedakan. Selain itu, lingkungan sektor publik itu
sendiri sangat heterogen sehingga tidak dapat diperlakukan sebagai salah satu
tujuan oleh akuntansi dan generalisasi tidak dapat dibuat merangkul seluruh
sektor ini. Sektor public dan swasta dari bangsa tidak kembar/identik. Perbedaan
mendasar antara keduanya harus dinyatakan dalam standar akuntansi.
Pemerintah tidak hanya melihat pasar
di mana barang sektor publik dan sektor swasta disediakan. Sebaliknya mereka
telah memusatkan perhatian mereka pada aset dan menjadikan mereka sebagai
fundamental untuk seluruh bangunan konsep dan standar. Mereka menyimpulkan
bahwa aset yang sama di masing-masing sektor. Pada sektor public menggunakan
jenis aset (aset keuangan, bangunan, tanah, peralatan, dll) mirip dengan yang
digunakan di pasar komersial.
2. Apa
tujuan ditulisnya paper tersebut?
Jawab:
Untuk menjelaskan sifat dari setiap
perangkat pasar dan implikasi dari masing-masing untuk konsep akuntansi dan
standar akuntansi, serta untuk menyoroti beberapa perbedaan mendasar dengan
cara di mana beberapa hal harus dipertanggungjawabkan.
3. Jelaskan
dengan kalimat sendiri isi dari paper tersebut!
Jawab:
Dalam
Paper yang berjudul Public and Private Sector Accounting – The Non-Identical
Twins menjelaskan mengenai :
1. Perbedaan
Antara Pasar Barang Pribadi dan Pasar Barang Publik
Pasar barang
swasta/komersial adalah untuk penyediaan barang pribadi dan pelayanan. Dalam
kasus eksternalitas, pemerintah dapat mengganggu di pasar barang swasta melalui
perpajakan atau peraturan, atau memilih untuk memberikan barang itu sendiri dan
mendanai mereka terutama dari pajak jika berkeyakinan alternative ini lebih
efisien dan efektif.
Tipe pertama dari
eksternalitas yaitu pembagian manfaat konsumsi. Tipe kedua yaitu muncul
perbedaan antara biaya pribadi dan sosial. Analisis ekonomi berdasarkan pada
keberadaan eksternalitas ini dapat melakukan tidak lebih dari menunjukkan di
mana penyediaan pemerintah dari beberapa barang mungkin akan lebih efisien dan
efektif mengoptimalkan kesejahteraan sosial dari penyediaan mereka melalui
pasar swasta. Oleh karena itu barang publick didefinisikan di sini hanya karena
semua barang-barang dan jasa yang pemerintah pilih untuk diberikannya kepada
warganya dengan harga bersubsidi.
2. Perbedaan
antara Operasi Sektor Publik dan Operasi Sektor Swasta
a. Pada
aset non keuangan di dektor swasta digunakan sebagai input sumber daya untuk
proses produktif adalah bahan, tanaman, bangunan,dsb ini berlaku hanya untuk
beberapa bagian dari operasi pemerintah.
b. Dalam
jenis lain dari kegiatan sektor public, misalnya warisan, masyarakat, dan
kegiatan pengelolaan lingkungan, tujuannya adalah untuk melindungi dan menjaga
aset dalam kondisi baik sehingga mereka dapat terus memberikan manfaat sosial
dan lingkungan lamanya.
c. Perbedaan
lainnya antara dua pasar menyangkut identitas penerima manfaat. Di pasar barang
pribadi, perusahaan mendapatkan keuntungan dari kepemilikan aset dan barang
memasok ke pasar. Di pasar sektor publik manfaat pemerintah dari aset yang
digunakan sebagai masukan untuk memasok barang public (mobil, computer,
bangunan, dll digunakan untuk kegiatan administrasi umum) penerima manfaat
langsung baik aset dan layanan yang disediakan bagi masyarakat, warisan, dan
tujuan lingkungan adalah masyarakat luas. Di sini, manfaat tidak mengalir ke
aset pemilik.
d. Perusahaan
swasta harus membeli semua aset sisik dari pasar, hal yang berlaku untuk banyak
aset pemerintah. Namun banyak pula aset sektor public adalah anugerah alam
(Barton 1999a)
e. Perbedaan
mendasar antara sektor public dengan sektor swasta terletak pada pendanaan dan
operasi pasar. Pada sektor swasta perusahaan harus meningkatkan modal dari
investor untuk mendanai pembelian aset, memberikan modal kerja dan untuk
melayani sebagai dasar untuk pinjaman. Sedangkan pada sektor public pemerintah
telah mendanai melalui pendapatan dari pajak dan banyak aset bebas yang
diberikan sebagai modal alam.
3. Kategori
Barang dan Jasa Pemerintah
Ada beberapa kategori
barang dan jasa yang disediakan oleh pemerintah yaitu sebagai berikut :
a. Barang
dan Jasa Pemerintah Publik
Barang dan Jasa
Pemerintah Publik dapat dibedakan menjadi 2 kategori yaitu barang public yang
disediakan untuk biaya yang kecil seperti pertahanan, hukum dan ketertiban.
Yang kedua yaitu barang public yang tersedia untuk biaya yang tinggi seperti
layanan pendidikan tinggi dan banyak pelayanan kesehatan.
b. Fasilitas
Terbuka untuk Umum
Fasilitas yang
disediakan untuk kesenangan public dengan sekit biaya untuk melindungi dan
melestarikan dimasa depan seperti pemeliharaan lingkungan alam, warisan bangsa
dan budaya dan untuk tujuan keadilan antargenerasi. Fasilitas ini terdiri dari
aset modal alam (pantai, taman nasional, sungai, dll) dan aset warisan buatan
manusia(galeri public seni, museum,monument,dll).
c. Barang
dan Jasa Swasta disedikan oleh Pemerintah
Ini dodominasi sebagian
besar industry infrastruktur. Barang dan Jasa Swasta disediakan oleh pemerintah
ini dibedakan menjadi dua yaitu Perusahaan yang termasuk GBES menyediakan air,
saluran air, pos, telekomunikasi, listrik, layanan kereta api, dll. Yang kedua
adalah perusahaan yang beroperasi di pasar komersial normal dan bersaing
perusahaan swasta seperti bank umum, penerbangan, dan perusahaan asuransi.
4. Beberapa
Implikasi Akuntansi Sektor Publik
Tentu akuntabilitas
berimplikasi pada penggunaan sumber daya namun, hal itu harus dinyatakan
sebagai tujuan utama. Tujuan mendasar dari pelaporan keuangan di sektor public
adalah pemberian informasi, baik keuangan dan non-keuangan, untuk memungkinkan
akuntabilitas penggunaan dana public dan sumber daya lainnya untuk pemangku kepentingan,
serta untuk memfasilitasi penggunaan yang efisien dan efektif dari
sumber-sumber dalam penyediaan barang dan jasa public.
5. Aktiva/aset
Aset adalah sumber daya
yang digunakan untuk menghasilkan manfaat ekonomi di masa depan. Konsep aset
pada sektor public telah terbukti menjadi isu yang paling diperdebatkan dalam
akuntansi sektor public karena digunakan untuk tujuan masyarakat dan aset modal
alam.
6.
Hibah
dan Kontribusi Lainnya
Standar
mengharuskan hibah dan kontribusi lainnya diperlakukan sebagai pendapatan pada
tanggal penerimaan oleh entitas penerima “kecuali dalam situasi yang tidak
biasa di mana kontribusi adalah sifat dari kontribusi oleh pemilik” (McGregor
1999,p,6).
·
Hibah
yang diterima di muka pengeluaran harus diakui sebagai kewajiban dari entitas
penerima jika diterima dalam periode sebelumnya.
·
Kontribusi
diperlakukan sebaga transfer non- timbale balik karena entitas penerima tidak
harus memberikan nilai dalam pertukaran untuk pemerintah.
Jadi, Akuntansi sektor public dapat
belajar banyak dari akuntansi bisnis, tetapi tidak harus dikenakan pada sektor
public tanpa memeriksa modus operasi dari sektor public dan menyelaraskannya.
Pemerintah telah mengabaikan sifat yang berbeda dan bervariasi dari pasar
barang public dalam sektor public dan sektor swasta adalah saling terkait
tetapi tidak kembar identik.
Belum ada tanggapan untuk "TUGAS ASP"
Post a Comment