TUGAS ASP

Judul Paper                 :  Public and Private Sector Accounting – The Non-Identical Twins
Penulis                         :  Allan Barton
Nama Reviewer          :  NI LUH JUNIA PURNAMI (1417051041)
Tanggal pengerjaan     :  5 Maret 2016 – 26 Maret 2016 (3 minggu)
Petunjuk Pengerjaan   :  a. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan mengacu pada   
                                           paper yang telah diberikan
                                       b. Kerjakan langsung pada kertas kerja ini
                                       c. Beri nama file kertas kerja sebagai berikut:
      No Presensi_NIM_Kelas
                                       d. Kumpulkan dalam 1 folder kelas dengan nama:                                                            
                               Tugas Review Paper I_Kelas
                           e. Kirimkan folder kelas ke alamat email:
                               prayudimadearistia.acc@gmail.com

KERTAS KERJA
1.      Apa latar belakang ditulisnya paper tersebut?
Jawab:
            Pemerintah mempunyai keyakinan bahwa dua sektor dasarnya sama dalam kebutuhan informasi pengguna laporan keuangan untuk tujuan umum (GPFRs) dan di lingkungan operasi mereka dan karenanya standar akuntansi sektor swasta dapat segera diterapkan pada sektor public dengan hanya modifikasi kecil(Warren McGregor;1990). Pada lingkungan sektor publik sangat berbeda daru lingkungan bisnis yang mana diperlukan pendekatan yang dibedakan. Selain itu, lingkungan sektor publik itu sendiri sangat heterogen sehingga tidak dapat diperlakukan sebagai salah satu tujuan oleh akuntansi dan generalisasi tidak dapat dibuat merangkul seluruh sektor ini. Sektor public dan swasta dari bangsa tidak kembar/identik. Perbedaan mendasar antara keduanya harus dinyatakan dalam standar akuntansi.
            Pemerintah tidak hanya melihat pasar di mana barang sektor publik dan sektor swasta disediakan. Sebaliknya mereka telah memusatkan perhatian mereka pada aset dan menjadikan mereka sebagai fundamental untuk seluruh bangunan konsep dan standar. Mereka menyimpulkan bahwa aset yang sama di masing-masing sektor. Pada sektor public menggunakan jenis aset (aset keuangan, bangunan, tanah, peralatan, dll) mirip dengan yang digunakan di pasar komersial.

2.      Apa tujuan ditulisnya paper tersebut?
Jawab:
            Untuk menjelaskan sifat dari setiap perangkat pasar dan implikasi dari masing-masing untuk konsep akuntansi dan standar akuntansi, serta untuk menyoroti beberapa perbedaan mendasar dengan cara di mana beberapa hal harus dipertanggungjawabkan.
3.      Jelaskan dengan kalimat sendiri isi dari paper tersebut!
Jawab:
Dalam Paper yang berjudul Public and Private Sector Accounting – The Non-Identical Twins menjelaskan mengenai :
1.      Perbedaan Antara Pasar Barang Pribadi dan Pasar Barang Publik
Pasar barang swasta/komersial adalah untuk penyediaan barang pribadi dan pelayanan. Dalam kasus eksternalitas, pemerintah dapat mengganggu di pasar barang swasta melalui perpajakan atau peraturan, atau memilih untuk memberikan barang itu sendiri dan mendanai mereka terutama dari pajak jika berkeyakinan alternative ini lebih efisien dan efektif.
Tipe pertama dari eksternalitas yaitu pembagian manfaat konsumsi. Tipe kedua yaitu muncul perbedaan antara biaya pribadi dan sosial. Analisis ekonomi berdasarkan pada keberadaan eksternalitas ini dapat melakukan tidak lebih dari menunjukkan di mana penyediaan pemerintah dari beberapa barang mungkin akan lebih efisien dan efektif mengoptimalkan kesejahteraan sosial dari penyediaan mereka melalui pasar swasta. Oleh karena itu barang publick didefinisikan di sini hanya karena semua barang-barang dan jasa yang pemerintah pilih untuk diberikannya kepada warganya dengan harga bersubsidi.
2.      Perbedaan antara Operasi Sektor Publik dan Operasi Sektor Swasta
a.       Pada aset non keuangan di dektor swasta digunakan sebagai input sumber daya untuk proses produktif adalah bahan, tanaman, bangunan,dsb ini berlaku hanya untuk beberapa bagian dari operasi pemerintah.
b.      Dalam jenis lain dari kegiatan sektor public, misalnya warisan, masyarakat, dan kegiatan pengelolaan lingkungan, tujuannya adalah untuk melindungi dan menjaga aset dalam kondisi baik sehingga mereka dapat terus memberikan manfaat sosial dan lingkungan lamanya.
c.       Perbedaan lainnya antara dua pasar menyangkut identitas penerima manfaat. Di pasar barang pribadi, perusahaan mendapatkan keuntungan dari kepemilikan aset dan barang memasok ke pasar. Di pasar sektor publik manfaat pemerintah dari aset yang digunakan sebagai masukan untuk memasok barang public (mobil, computer, bangunan, dll digunakan untuk kegiatan administrasi umum) penerima manfaat langsung baik aset dan layanan yang disediakan bagi masyarakat, warisan, dan tujuan lingkungan adalah masyarakat luas. Di sini, manfaat tidak mengalir ke aset pemilik.
d.      Perusahaan swasta harus membeli semua aset sisik dari pasar, hal yang berlaku untuk banyak aset pemerintah. Namun banyak pula aset sektor public adalah anugerah alam (Barton 1999a)
e.       Perbedaan mendasar antara sektor public dengan sektor swasta terletak pada pendanaan dan operasi pasar. Pada sektor swasta perusahaan harus meningkatkan modal dari investor untuk mendanai pembelian aset, memberikan modal kerja dan untuk melayani sebagai dasar untuk pinjaman. Sedangkan pada sektor public pemerintah telah mendanai melalui pendapatan dari pajak dan banyak aset bebas yang diberikan sebagai modal alam.
3.      Kategori Barang dan Jasa Pemerintah
Ada beberapa kategori barang dan jasa yang disediakan oleh pemerintah yaitu sebagai berikut :
a.       Barang dan Jasa Pemerintah Publik
Barang dan Jasa Pemerintah Publik dapat dibedakan menjadi 2 kategori yaitu barang public yang disediakan untuk biaya yang kecil seperti pertahanan, hukum dan ketertiban. Yang kedua yaitu barang public yang tersedia untuk biaya yang tinggi seperti layanan pendidikan tinggi dan banyak pelayanan kesehatan.
b.      Fasilitas Terbuka untuk Umum
Fasilitas yang disediakan untuk kesenangan public dengan sekit biaya untuk melindungi dan melestarikan dimasa depan seperti pemeliharaan lingkungan alam, warisan bangsa dan budaya dan untuk tujuan keadilan antargenerasi. Fasilitas ini terdiri dari aset modal alam (pantai, taman nasional, sungai, dll) dan aset warisan buatan manusia(galeri public seni, museum,monument,dll).
c.       Barang dan Jasa Swasta disedikan oleh Pemerintah
Ini dodominasi sebagian besar industry infrastruktur. Barang dan Jasa Swasta disediakan oleh pemerintah ini dibedakan menjadi dua yaitu Perusahaan yang termasuk GBES menyediakan air, saluran air, pos, telekomunikasi, listrik, layanan kereta api, dll. Yang kedua adalah perusahaan yang beroperasi di pasar komersial normal dan bersaing perusahaan swasta seperti bank umum, penerbangan, dan perusahaan asuransi.
4.      Beberapa Implikasi Akuntansi Sektor Publik
Tentu akuntabilitas berimplikasi pada penggunaan sumber daya namun, hal itu harus dinyatakan sebagai tujuan utama. Tujuan mendasar dari pelaporan keuangan di sektor public adalah pemberian informasi, baik keuangan dan non-keuangan, untuk memungkinkan akuntabilitas penggunaan dana public dan sumber daya lainnya untuk pemangku kepentingan, serta untuk memfasilitasi penggunaan yang efisien dan efektif dari sumber-sumber dalam penyediaan barang dan jasa public.
5.      Aktiva/aset
Aset adalah sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan manfaat ekonomi di masa depan. Konsep aset pada sektor public telah terbukti menjadi isu yang paling diperdebatkan dalam akuntansi sektor public karena digunakan untuk tujuan masyarakat dan aset modal alam.
6.      Hibah dan Kontribusi Lainnya
Standar mengharuskan hibah dan kontribusi lainnya diperlakukan sebagai pendapatan pada tanggal penerimaan oleh entitas penerima “kecuali dalam situasi yang tidak biasa di mana kontribusi adalah sifat dari kontribusi oleh pemilik” (McGregor 1999,p,6).
·         Hibah yang diterima di muka pengeluaran harus diakui sebagai kewajiban dari entitas penerima jika diterima dalam periode sebelumnya.
·         Kontribusi diperlakukan sebaga transfer non- timbale balik karena entitas penerima tidak harus memberikan nilai dalam pertukaran untuk pemerintah.


Jadi, Akuntansi sektor public dapat belajar banyak dari akuntansi bisnis, tetapi tidak harus dikenakan pada sektor public tanpa memeriksa modus operasi dari sektor public dan menyelaraskannya. Pemerintah telah mengabaikan sifat yang berbeda dan bervariasi dari pasar barang public dalam sektor public dan sektor swasta adalah saling terkait tetapi tidak kembar identik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TUGAS ASP"

Postingan Populer