Tingkatkan Investasi di Pasar Modal, BEI Gencar Buka Galeri Investasi di Universitas dan Bidik Mahasiswa

Tingkatkan Investasi di Pasar Modal, BEI Gencar Buka Galeri Investasi di Universitas
dan Bidik Mahasiswa

                Saat ini, investasi di pasar modal Indonesia atau biasa disebut Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa dibilang masih kurang. Jumlah masyarakat yang memilih investasi pasar modal jauh lebih sedikit daripada menabung di bank. Masih banyak masyarakat yang belum memahami dan peduli dengan investasi melalui pasar modal, padahal pasar modal merupakan salah satu pilar pembangunan (Yovanda, 2016).
                Pasar modal modal merupakan kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek (Sawidji Widoatmodjo dalam Hadi, 2013:10). Keberadaan pasar modal dalam suatu negara menjadi sangat vital dalam kerangka mendukung ekonomi makro (Hadi, 2013:14)
                Peran dan fungsi pasar modal memiliki daya dukung perekonomian. Dalam perekonomian pasar modal mempunyai dua fungsi yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan (Hadi, 2013:16). Dalam menjalankan fungsi ekonomi, pasar modal menyediakan fasilitas untuk memindahkan dana dari pihak yang kelebihan dana (lenders) ke pihak yang memerlukan dana (borrowers). Dalam menjalankan fungsi keuangan, pasar modal menyediakan dana yang diperlukan oleh borrowers, sementara para lenders menyediakan dana tanpa harus terlibat langsung dalam kepemilikan aktiva riil yang diperlukan untuk investasi (Untung, 2011:9).
                Untuk meningkatkan investasi di pasar  modal, BEI gencar membuka galeri investasi di universitas melalui kerjasama dengan perguruan tinggi dan perusahaan sekuritas. Saat ini ada tambahan lebih dari satu galeri tiap pekan. Total ada 155 galeri investasi hingga tahun lalu dari Aceh sampai Papua. Sementara tahun ini ada tambahan 27 galeri (Yovanda, 2016).
                Sementara itu, BEI Yogyakarta menargetkan penambahan 10 galeri investasi tahun ini. Penambahan tersebut diharapkan mampu meningkatkan jumlah investor lokal yang bermain di bursa efek. Pihak BEI Yogyakarta gencar mensosialisasikan dan membuka galeri investasi terutama di kampus-kampus. Sebab, BEI membidik kalangan mahasiswa untuk menjadi investor baru meskipun jumlah transaksi yang mereka bukukan belum besar (Linankung, 2016).
                BEI mendukung MNC Securities dalam membuka galeri investasi di beberapa universitas. Dengan adanya galeri investasi di perguruan tinggi bisa mengenalkan pasar modal kepada mahasiswa (Yovanda, 2016). Mereka memperoleh wawasan seputar dunia pasar modal, pentingnya berinvestasi, dan bagaimana memilih investasi yang aman. Galeri investasi BEI-MNC Securities memberi ilmu dan wawasan pasar modal secara langsung ke mahasiswa dan dosen, bukan sekedar teori seperti yang selama ini dipelajari (Bayu, 2016).
                Saat ini galeri investasi menjadi salah satu alternatif bagi BEI untuk merangkul investor. Galeri investasi merupakan kepanjangan tangan dari BEI, karena selain menghimpun investor dari kalangan mahasiswa juga merupakan alat sosialisasi. Galeri investasi terbuka untuk umum dan siapa saja, tidak terbatas pada mahasiswa jurusan ekonomi (Linankung, 2016). Mahasiswa tidak lagi sulit menjadi investor dan tidak membutuhkan modal besar. Karena, jika hanya mempunyai uang Rp 100.000 mereka sudah bisa masuk ke pasar modal (Yovanda, 2016).
                Dengan BEI membuka galeri investasi pada universitas-universitas di Indonesia, maka pengetahuan masyarakat pada umumnya atau mahasiswa pada khususnya tentang pasar modal akan semakin meningkat. Pengetahuan yang semakin luas tentang pasar modal tersebut serta tidak dibutuhkannya modal yang terlalu besar akan mendorong mahasiswa untuk melakukan investasi di pasar modal, sehingga jumlah investasi di pasar modal semakin meningkat pula.


DAFTAR PUSTAKA

Bayu, Viona Sekar. 2016. “Galeri Investasi BEI-MNC Securities Edukasi Masyarakat Aceh”. Dalam

Hadi, Nor. 2013. Pasar Modal:Acuan Teoretis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan
                Pasar Modal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Linangkung, Erfanto. 2016. “BEI Targetkan Tambah 10 Galeri Investasi Tahun Ini”. Dalam
investasi-tahun-ini-1463124581. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016.

Untung, Budi. 2011. Hukum Bisnis Pasar Modal. Yogyakarta: ANDI.

Yovanda, Yanuar Riezqi. 2016. “BEI Dukung MNC Securities Buka Galeri Investasi di Kampus”.

Yovanda, Yanuar Riezqi. 2016. “BEI Gencar Buka Galeri Investasi di Universitas”. Dalam

Yovanda, Yanuar Riezqi. 2016. “Jumlah Investor Pasar Modal Lebih Sedikit dari Nasabah Bank”.
Yovanda, Yanuar Riezqi. 2016. “MNC Securities: Tak Butuh Modal Besar Jadi Investor Pasar 
                Saham”. Dalam  http://ekbis.sindonews.com/read/1109452/32/mnc-securities-tak-

                Mei 2016.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tingkatkan Investasi di Pasar Modal, BEI Gencar Buka Galeri Investasi di Universitas dan Bidik Mahasiswa"

Postingan Populer