“PASAR MODAL MASUKI ERA BARU, MEREDAM FLUKTUASI MENJADI SUATU KEHARUSAN”

INVESTASI DAN PASAR MODAL
ARTIKEL
“PASAR MODAL MASUKI ERA BARU, MEREDAM FLUKTUASI MENJADI SUATU KEHARUSAN”
OLEH :
GUSTI AYU KOMANG MANIK PURNAMI
1417051093
IV H
Akuntansi Program S1
FakultasEkonomidanBisnis
UniversitasPendidikanGanesha
Tahun 2016
Pasar Modal Masuki Era Baru, MeredamFluktuasiMenjadiSuatuKeharusan
Industripasar modal Indonesia merayakandiaktifkannyakembalipasar modal Indonesia yang tengahmemasukiusiake 35 tahun. Seperti yang sudahdilansirolehbeberapa media, bahwakiniOtoritas Bursa memasuki era barudimanasusunandireksibarutelahdisepakatimelalui RUPS. Otoritas Bursa dipimpinsecararesmioleh Tito SulistiosebagaiDirekturUtamaPt Bursa Efek Indonesia (BEI) menggantikan Ito Warsito yang ditetapkanpada RUPS Kamis, 25 Juni 2015.
Dalam era barupasar modal Indonesia, Tito berambisiuntukmenjadikan Bursa Efek Indonesia lebihungguldaripada Thailand. Diharapkanpasar modal Indonesia akanterusberkembangdansecaraberkesinambunganakandapatmeredamfluktuasi yang terjadi di pasar modal. Namundemikian, BEI menilaibahwakondisiperekonomian Indonesia saatinijauhlebihbaikdibandingkanketikadihantamkrisisfinansial di tahun 1998 atautahun 2008. MeredamFluktuasi di era sekarangmerupakansuatukeharusan agar Indonesia tidaklagimengalamisuatukrisisfinansial. Terdapatberbagaiindikator yang dapatmenyebabkanpasar modal Indonesia terusberfluktuasimeskipuntelahmemilikisaham-saham yang berkualitasbaikdengandukunganinfrastruktur yang optimal.
Adapunindikator yang menyebabkanpasar modal Indonesia terusmengalamifluktuasiadalahsebagaiberikut :Pertama, adalahstabilitasnilaitukar rupiah terhadapmatauang Negara lain yang sangatdipengaruhiolehkondisi global. Namun, Bank Indonesia akansenantiasaberusahauntukmembuatnilaitukar rupiah kembalistabil. Kedua, adalahrentanantaralajuinflasidengansukubungaacuanperbankan yang terlalulebarsedangkankebanyakan Negara berusahauntukmenekantingkatsukubungaperbankan demi memacupertumbuhanperekonomiannya. Ketiga, kebanyakan investor hanyamenunggukebijakanpemerintahuntukmeningkatkandayabelimasyarakat Indonesia sehinggatransaksi yang terjadi di BEI cenderunglemah.
Berdasarkanhalterebut, Tito berambisiuntukmemperkuatpasar modal di Indonesia,meningkatkankepercayaan investor di pasar modal, mendorongemitenberkualitasuntukmasukkepasar modal Indonesia danmenjadikanpasar modal Indonesia untuklebihefisien.
Beragamgebrakandilakukanoleh Tito demi mewujudkan target tersebut. Otoritas Bursa menaikkanjumlahdanaperlindungan investor dariRp 25 jutamenjadiRp 100 juta. Kenaikandanaperlindunganuntuk investor tersebutpositifdilakukanuntukpasar modal Indonesia sehinggamendorongkepercayaan investor untukberaniberinvestasidanmeningkatkantransaksi di BEI.Dengandemikian, diharapkanpasar modal Indonesia akancenderungstabildantransaksi yang terjadi di BEI akanterusmeningkatsehinggaPasar Modal Indonesia akansemakinmenguat di ranahinternasional.











REFERENSI



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "“PASAR MODAL MASUKI ERA BARU, MEREDAM FLUKTUASI MENJADI SUATU KEHARUSAN”"

Postingan Populer