MAHASISWA SUDAH BISA INVESTASI SAHAM HANYA DENGAN RP 100 RIBU

INVESTASI DAN PASAR MODAL
MAHASISWA SUDAH BISA INVESTASI SAHAM HANYA DENGAN RP 100 RIBU
undiksha BARU 2015
OLEH:
NAMA                         : KADEK BUDI HENDRAWAN
NIM                              : 1417051066
KELAS                                    : IV H

JURUSAN AKUNTANSI PROGRAM S1
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA

2016

MAHASISWA SUDAH BISA INVESTASI SAHAM HANYA DENGAN RP 100 RIBU
                Pasar modal kini mulai digemari anak muda, bukan hanya masyarakat mapan saja, kalangan mahasiswa juga tidak sedikit yang memulai bermain di sektor ini. Memulai investasi tidak selalu dengan modal yang besar. Kini hanya dengan Rp 100.000 saja masyarakat Indonesia sudah bisa berinvestasi di pasar modal khususnya dalam investasi saham. Bagi pemula seperti kalangan mahasiswa sudah bisa menjadi seorang investor saham sekaligus menjadi pemilik perusahaan dengan modal yang pas-passan. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat mengharapkan partisipasi dari kalangan mahasiswa untuk belajar berinvestasi dibandingkan hanya menabung uangnya di bank. PT Bursa Efek Indonesia menjaring investor-investor baru khususnya mahasiswa melalui Galeri Investasi yang ada di setiap universitas. Semakin banyaknya Galeri Investasi di setiap universitas maka jumlah investor baru dari kalangan mahasiswa juga meningkat. Minat para mahasiswa dalam berinvestasi saham cukup tinggi walaupun mahasiswa tersebut belum memiliki pendapatan tetap, jadi potensi untuk menjaring investor baru lewat mahasiswa cukup tinggi. Minat yang tinggi dari mahasiswa tersebut juga didukung dengan kemudahan untuk jadi investor pasar modal. Bahkan hanya dengan uang Rp 100 ribu mahasiswa sudah bisa menjadi investor pasar modal seperti yang dimuat pada okezone.com pada Selasa, 17 Mei 2016. Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan "Buka rekening dan beli saham kan Rp 100 ribu itu sudah bisa. Kalau dia beli saham katakanlah yang Rp 40 ribu atau Rp 50 ribu ya sudah cukup tidak perlu setor lagi. Misalnya per lembar harga saham Rp 500 dia beli satu lot kan Rp50 ribu sudah cukup,". Selain itu Nicky juga mengatakan "Selama ini bursa konstruksinya dengan galeri investasi lebih ke kalangan perguruan tinggi. Itu sudah berjalan lebih dari 180 universitas. Hari ini kan dari investasi mobile yang tidak hanya di kampus tapi mendekati masyarakat di luar kampus,". Jadi dapat diperkirakan banyak mahasiswa yang akan berinvestasi di pasar modal.


LAMPIRAN
Selasa, 17 Mei 2016 - 14:03 wib
BEI Ingin Mahasiswa Sisihkan Rp100 Ribu untuk Investasi
\   BEI Ingin Mahasiswa Sisihkan Rp100 Ribu untuk Investasi   \
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) masih fokus menjaring investor-investor baru melalui Galeri Investasi yang ada di setiap universitas. Dengan semakin banyaknya Galeri Investasi jumlah investor baru dari kalangan mahasiswa juga meningkat.
Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan, potensi untuk menjaring investor baru lewat mahasiswa cukup tinggi. Meskipun belum memiliki pendapatan tetap, namun minat dari para mahasiswa untuk berinvestasi cukup tinggi.
"Lebih banyak mahasiswa sebenarnya karena pembukaan galeri investasi kita hampir setiap minggu ada pembukaan 1 galeri investasi. Biasanya dibarengi dengan kegiatan seminar di mana mahasiswa mencatatkan diri sebagai investor baru," tuturnya di Jagakarsa, Jakarta, Selasa (17/5/2016).
Minat yang tinggi tersebut, juga didukung dengan kemudahan untuk jadi investor pasar modal. Bahkan hanya dengan uang Rp100 ribu mahasiswa sudah bisa menjadi investor pasar modal.
"Buka rekening dan beli saham kan Rp100 ribu itu sudah bisa. Kalau dia beli saham katakanlah yang Rp40 ribu atau Rp50 ribu ya sudah cukup tidak perlu setor lagi. Misalnya per lembar harga saham Rp500 dia beli satu lot kan Rp50 ribu sudah cukup," imbuhnya
Selain itu, Nicky mengatakan dengan kemudahan tersebut masyarakat kecil kini juga bisa berinvestasi di pasar modal. Oleh karena itu OJK bersama BEI telah meluncurkan Galeri Investasi Mobile yang masih berbentuk pilot project di Kecamatan Jagakarsa.
"Selama ini bursa konstruksinya dengan galeri investasi lebih ke kalangan perguruan tinggi. Itu sudah berjalan lebih dari 180 universitas. Hari ini kan dari investasi mobile yang tidak hanya di kampus tapi mendekati masyarakat di luar kampus," pungkasnya.
(mrt)

(Sumber:http://economy.okezone.com/read/2016/05/17/278/1390525/bei-ingin-mahasiswa-sisihkan-rp100-ribu-untuk-investasi)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MAHASISWA SUDAH BISA INVESTASI SAHAM HANYA DENGAN RP 100 RIBU"

Postingan Populer