INVESTOR RITEL DIHARAPKAN MAMPU MENINGKATKAN INVESTASI DI PASAR MODAL INDONESIA

INVESTOR RITEL DIHARAPKAN MAMPU MENINGKATKAN INVESTASI
DI PASAR MODAL INDONESIA
Setiap pekerjaan memiliki keuntungan dan resiko masing-masing, tidak ada pekerjaan yang  tidak memiliki resiko. Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Pasar modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya.
Untuk menjadi investor saham, tidak perlu menggunakan dasi dan jas. Cukup datang ke perusahaan sekuritas atau pialang/broker saham. Ada 2 type perusahaan ini yaitu swasta (asing serta nasional) dan BUMN. Perusahaan itu diantaranya Mandiri Sekuritas dan BNI Sekuritas. Mendaftar ke perusahaan sekuritas sama seperti menabung di bank. Sediakan dana untuk disetorkan serta berkas kriteria, pada lain – Foto copy KTP – Foto copy NPWP – Formulir Aplikasi.
“Apakah seseorang yang masih berstatus pelajar bisa menjadi investor pasar saham ?”
Jawabannya yaitu Tentu saja bisa.
JAKARTA – MNC Securities mengungkapkan, mahasiswa tidak lagi sulit untuk menjadi investor dan tidak membutuhkan modal besar. Karena, jika hanya mempunyai uang sebesar Rp 100.000 sudah bisa masuk ke pasar modal. Mahasiswa yang sudah menjadi investor bisa mendapatkan informasi soal ekonomi. Selain mahasiswa, siswa SMA pun bisa menjadi seorang investor. Untuk menjadi seorang investor ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu umur minimal 17 tahun, apabila umur belum 17 tahun maka harus menggunakan nama orang tua terlebih dahulu. Otomatis KTP, NPWP dan buku tabungan harus atas nama orang tua. Akan tetapi, jika sudah memiliki KTP, NPWP dan buku tabungan semua sudah bisa atas nama sendiri.
Direktur Utama MNC Securities Susy Meilina menjelaskan, sudah melakukan kerja sama dengan banyak Universitas di Tanah Air. MNC Securities menargetkan seluruh elemen kampus menjadi bagian pasar modal untuk meningkatkan jumlah investor ritel.
Dalam investasi saham, harus rajin ikuti berita ekonomi serta pasar setiap hari. Fungsinya, dapat pilih perusahaan yang performanya bagus. Baiknya distribusikan juga dana cadangan untuk kepentingan mendadak. Untuk jaga-jaga, bila keadaan pasar ambruk hingga bikin harga saham terjun bebas.














REFERENSI



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "INVESTOR RITEL DIHARAPKAN MAMPU MENINGKATKAN INVESTASI DI PASAR MODAL INDONESIA"

Postingan Populer