MAKALAH ASPEK OPERASIONAL DAN PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS KONTEMPORER



OLEH :
KELOMPOK :
NI LUH JUNIA PURNAMI                        NIM : 1417051041
NI MADE LINDA KRISNAWATI                        NIM : 1417051053
LUH PUTU SUDIARTINI                          NIM : 1417051206



AKUNTANSI PROGRAM S1
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

TAHUN AJARAN 2014/2015

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
 Bisnis kontemporer sendiri adalah kegiatan usaha yang bersifat kekinian atau modern, bahkan sekarang sudah banyak terdapat bisnis online seiiring dengan pesatnya kemajuan teknologi yang kemudian memunculkan internet sebagai lahan peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak aspek operasional yang dapat mendungkung suatu kegiataan bisnis. Aspek operasional adalah seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus diamati dan bagaimana mengukur suatu variabel atau konsep definisi operasional tersebut membantu kita untuk mengklasifikasi gejala di sekitar ke dalam kategori khusus dari variable. Dimana aspek ini akan berguna untuk menetukan pekerjaan apa yang bisa diambil dan harus diambil. Selain itu aspek produksi juga sangat diperlukan dalam bisnis kontemporer karena ada beberapa alasan tertentu yang melatarbelakangi mengapa kedua aspek ini penting untuk mendukung bisnis kontemporer ini. Dalam lingkungan bisnis kontemporer sangat berpengaruh khususnya pada manajemen biaya perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penyusun ingin membahas mengenai aspek-aspek bisnis kontemporer dan pengaruhnya.
1.2.Rumusan Masalah
1.2.1.                     Apa saja Lingkungan Bisnis Kontemporer?
1.2.2.                     Apa Aspek-Aspek Bisnis Kontemporer?
1.2.3.                     Bagaimana Pengaruh Lingkungan Bisnis Kontemporer?



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Lingkungan Bisnis Kontemporer
 Wahjudi Prakarsa (1994) menyatakan bahwa perubahan lingkungan usaha yang berlangsung sejak dasawarsa 1980-an telah membawa dampak yang sangat besar terhadap misi dan strategi perusahaan. Perubahan yang didorong revolusi informasi dan komunikasi membuat para konsumen menjadi makin menuntut.
Selanjutnya, perubahan ini telah megubah fungsi obyektif perusahaan. Kelangsungan hidup perusahaan tidak lagi ditentukan oleh fungsi obyektif yang diarahkan pada peningkatan kesejahteraan pemilik atau pemegang saham, karena fungsi obyektif tersebut pada hakekatnya hanya merupakan akibat, bukan sebab, dari aktivitas penciptaan nilai tambah. Fungsi obyektif perusahaan kini diarahkan pada kepuasan pelanggan.
B.     Aspek-Aspek Bisnis Kontemporer
      Dalam melakukan sebuah Studi Kelayakan Bisnis, ada banyak aspek yang menjadi bahan pertimbangan dan kajian, antara lain:
1.      Aspek Hukum dan Administrasi adalah adalah aspek yang terkait dengan legalitas usaha dan pemenuhan persyaratan administrasi pada peraturan suatu daerah. Misalnya izin usaha, akta pendirian usaha, legalitas menjalankan bisnis, dan sebagainya.
2.      Aspek Pasar dan Pemasaran merupakan poin penting yang terkait dengan prospek dan peluang usaha/produk yang akan ditawarkan kepada konsumen di suatu wilayah. Aspek ini meninjau tentang potensi pasar, kebutuhan pasar, daya beli konsumen, dan strategi pemasaran.
3.      Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya artinya sejauh mana pengaruh timbal balik bisnis yang akan dijalankan dan berdampak terhadap kehidupan sosial, income masyarakat, dan budaya setempat. Untuk mendapatkan simpulan itu, biasanya dilakukan dengan metode kuisoner, wawancara, dan dokumen.
4.      Aspek Teknis dan Teknologi merupakan hal-hal yang terkait dengan pemilihan lokasi usaha, peralatan yang akan digunakan, bantuan teknologi dan mesin, ruang usaha, kapasitas produksi, dan jalur produksi. Aspek ini akan memberikan gambaran tentang sistem kerja yang menjadi motor penggerak suatu bisnis.
5.      Aspek Manajemen adalah aspek yang menyangkut tentang tata pengaturan (manajerial) pembangunan dan operasional suatu usaha.
6.      Aspek Keuangan merupakan aspek vital yang memberikan pandangan awal tentang cara pendanaan, sumber biaya, proyeksi pengembalian modal, dan resiko usaha.
Aspek teknis atau operasi juga dikenal sebagai aspek produksi. Penilaian untuk kelayakan terhadap aspek ini sangat penting dilakukan sebelum perusahaan dijalankan.Penentuan kelayakan teknis atau operasi perusahaan menyangkut hal- hal yang berkaitandengan teknis/ operasi, sehingga apabila tidak dianalisis dengan baik, maka akan berakibatfatal bagi perusahaan dalam perjalannya di kemudian hari. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam aspek ini adalah masalah penentuan lokasi, luas produksi, tata letak (layout ), penyusunan peralatan pabrik dan proses produksinyatermasuk pemilihan teknologi. Kelengkapan kajian aspek operasi sangat tergantung dari jenisusaha yang akan dijalankan, karena setiap jenis usaha memiliki prioritas tersendiri.Jadi, analisis dari aspek operasi adalah untuk menilai kesiapan perusahaan dalammenjalankan usahanya dengan menilai ketepatan lokasi, luas produksi dan layout sertakesiagaan mesin – mesin yang akan digunakan.Penentuan lokasi misalnya perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang dll.
C.    Pengaruh Lingkungan Bisnis Kontemporer
Lingkungan bisnis kontemporer sangat berpengaruh khususnya pada manajemen biaya pada suatu perusahaan. Pengaruh lingkungan bisnis kontemporer ini akan mengakibatkan terjadi perubahan-perubahan lingkungan bisnis yaitu seperti :
1.       Meningkatnya Kompetisi
Kecanggihan teknologi informasi misalnya Ecommerce, internet, leleconference, serta software yang dirancang khusus untuk berbagai kepentingan.
2.      Kecanggihan teknologi informasi dan pemanufakturan global
Kecanggihan pemanufakturan misalnya terintegrasi komputer dalam desain, rekayasa dan proses produksi atau Computer integrated manufacturing (CIM): misalnya desain produk dengan bantuan komputer atau Computer Aided Design (CAD), teknik rekayasa produk dengan bantuan komputer atau Computer Aided Engineering (CAE), produk diproduksi dengan bantuan komputer atau Computer Aided Manufacturing (CAM).
3.      Fokus Pada Pelanggan
Organisasi bergantung pada pelanggan mereka, karena itu manajemen organisasi harus memahami kebutuhan pelanggan sekarang & yang akan datang. Organisasi harus memenuhi kebutuhan pelanggan dan giat berusaha melebihi ekspektasi pelanggan. Perusahaan yang sukses fokus dalam mengembangkan keunggulan mereka dan memastikan keunikan produk dan jasanya dihargai oleh pelanggannya. Melayani kebutuhan pelanggan, responsive terhadap perubahan permintaan, menjawab berbagai pertanyaan, menyediakan dukungan, tingkat kepedulian serta perhatian terhadap pelanggan atau pengguna jasa adalah full time job, dan menuntut investasi yang signifikan baik terhadap waktu maupun sumber daya manusia.
4.      Bentuk Baru Organisasi Manajemen
1.      Patrimonial Management
Terdapat apabila suatu perusahaan dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan
kedudukan yang penting dalam hirarki perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.
2.      Political Management
Suatu bentuk manajemen dimana kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasi dipegang oleh mereka yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitas pada suatu partai politik tertentu.
3.      Profesional Management
Kedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang telah memberikan bukti akan kecakapannya, kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasa dan hasil yang mereka berikan kepada perusahaan.

5.      Perubahan Sosial, Politik, dan Lingkungan Budaya
Proses sosial budaya menentukan barang dan jasa serta standar prilaku bisnis yang bias dihargai dan diterima oleh masyarakat. Pilihan dan selera pelanggan sangat bervariasi dalam Negara yang sama dan dapt berubah-ubah sepanjang waktu. Perusahaan perlu memperhatikan adanya perubahan social budaya dengan menyesuaiakan strategi bisnis terutama pemasarannya dengan kondisi nilai-nilai social, kebiasaan dan selera konsumen. Dalam berbisnis sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya terhadap organisasi. Hal ini patut dipertimbangkan karena perubahan dalam suatu tindakan maupun kebijakan politik di suatu negara dapat menimbulkan dampak besar pada sektor keuangan dan perekonomian negara tersebut. Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan  pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara. Setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah politik, kecuali organisasi charity atau sosial. Faktor-faktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. Dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis

BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
 Perubahan lingkungan usaha yang berlangsung sejak dasawarsa 1980-an telah membawa dampak yang sangat besar terhadap misi dan strategi perusahaan.Aspek-aspek bisnis kontemporer meliputi : Aspek Hukum dan Administrasi, Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya, Aspek Teknis dan Teknologi, Aspek Manajemen, dan Aspek Keuangan. Perubahan-perubahan lingkungan bisnis kontemporer khususnya pada manajemen biaya adalah Meningkatnya Kompetisi, Kecanggihan teknologi informasi dan pemanufakturan global, Fokus Pada Pelanggan, Bentuk Baru Organisasi Manajemen, dan Perubahan Sosial, Politik, dan Lingkungan Budaya.




INFORMASI TERBARU!!!
SAYA PEMILIK BLOG JUNIA PURNAMI
MENJUAL PRODUK TIENS INTERNASIONAL (Produk Aman. Herbal Alami, Tanpa Efek Samping)
Berdiri Tahun 1995 masuk Indonesia tahun 2000
Penghargaan Nasional dan Internasional
MENJUAL PRODUK:
1. Suplemen Kesehatan-Seri Pembersih : 
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=1
2. Suplemen Kesehatan- Seri Penyeimbang
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=2
3. Suplemen Kesehatan Kesehatan – Seri Penguat
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=3
4. Alat Kesehatan
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=4
5. Perawatan Rumah Tangga
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=5
6. Perawatan Pribadi
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=6
7. Lainnya-Produk Otomatf
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=7
8. Lainnya- Kebutuhan Pertanian
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=8

PENJUALAN PRODUK TER-FAVORIT :
1.      PAKET PENINGGI --> Klik Link Berikut ini : http://purnamiap.blogspot.co.id/2016/01/cara-alami-meninggikan-badan-1-bulan.html
2.PAKET PELANGSING--> Klik Link Berikut ini :
3.      PAKET PENGGEMUK --> Klik Link Berikut ini :
4.      KECANTIKAN/AWET MUDA : untuk masalah jerawat, flek hitam, alergi, merapakatkan vagina(lebih keset). --> Klik Link Berikut ini :
5.      MASKER SPIRULINA : untuk mencerahkan, mencegah & mengatasi jerawat, flek &komedo, memperhalus tekstur kulit, mengencangkan, mengatasi kulit kering, --> Klik Link Berikut ini :
6.      PAKET KESEHATAN LAINNYA(Ambeien, Asam Urat, Diabetes, Jantung, Ginjal, Tumor, Kista, Maag, Rheumatik, DLL)--> Klik Link Berikut ini :

Untuk konsultasi dan pemesanan PRODUK atau ALAT TIENS, bisa langsung hubungi :


Pin       : 5ACD2848
LINE   : Junia_Purnami
No HP :085792183682 & 085938355970
Facebook : Junia Purnami

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MAKALAH ASPEK OPERASIONAL DAN PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS KONTEMPORER"

Postingan Populer