OLEH :
KELOMPOK :
NI LUH JUNIA PURNAMI NIM :
1417051041
NI MADE LINDA KRISNAWATI NIM :
1417051053
LUH PUTU SUDIARTINI NIM
: 1417051206
AKUNTANSI PROGRAM S1
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
TAHUN AJARAN 2014/2015
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Bisnis kontemporer sendiri adalah kegiatan
usaha yang bersifat kekinian atau modern, bahkan sekarang sudah banyak terdapat
bisnis online seiiring dengan pesatnya kemajuan teknologi yang kemudian
memunculkan internet sebagai lahan peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak
aspek operasional yang dapat mendungkung suatu kegiataan bisnis. Aspek
operasional adalah seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus
diamati dan bagaimana mengukur suatu variabel atau konsep definisi operasional
tersebut membantu kita untuk mengklasifikasi gejala di sekitar ke dalam
kategori khusus dari variable. Dimana aspek ini akan berguna untuk menetukan
pekerjaan apa yang bisa diambil dan harus diambil. Selain itu aspek produksi
juga sangat diperlukan dalam bisnis kontemporer karena ada beberapa alasan
tertentu yang melatarbelakangi mengapa kedua aspek ini penting untuk mendukung
bisnis kontemporer ini. Dalam lingkungan bisnis kontemporer sangat berpengaruh
khususnya pada manajemen biaya perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut,
penyusun ingin membahas mengenai aspek-aspek bisnis kontemporer dan
pengaruhnya.
1.2.Rumusan Masalah
1.2.1.
Apa saja Lingkungan
Bisnis Kontemporer?
1.2.2.
Apa Aspek-Aspek Bisnis Kontemporer?
1.2.3.
Bagaimana Pengaruh Lingkungan Bisnis
Kontemporer?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Lingkungan Bisnis Kontemporer
Wahjudi Prakarsa (1994) menyatakan
bahwa perubahan lingkungan usaha yang berlangsung sejak dasawarsa 1980-an telah
membawa dampak yang sangat besar terhadap misi dan strategi perusahaan. Perubahan
yang didorong revolusi informasi dan komunikasi membuat para konsumen menjadi
makin menuntut.
Selanjutnya, perubahan ini telah
megubah fungsi obyektif perusahaan. Kelangsungan hidup perusahaan tidak lagi
ditentukan oleh fungsi obyektif yang diarahkan pada peningkatan kesejahteraan
pemilik atau pemegang saham, karena fungsi obyektif tersebut pada hakekatnya
hanya merupakan akibat, bukan sebab, dari aktivitas penciptaan nilai tambah.
Fungsi obyektif perusahaan kini diarahkan pada kepuasan pelanggan.
B. Aspek-Aspek Bisnis Kontemporer
Dalam
melakukan sebuah Studi Kelayakan Bisnis, ada banyak aspek yang menjadi bahan
pertimbangan dan kajian, antara lain:
1.
Aspek Hukum dan Administrasi
adalah adalah aspek yang terkait dengan legalitas usaha dan pemenuhan persyaratan
administrasi pada peraturan suatu daerah. Misalnya izin usaha, akta pendirian
usaha, legalitas menjalankan bisnis, dan sebagainya.
2.
Aspek Pasar dan Pemasaran
merupakan poin penting yang terkait dengan prospek dan peluang usaha/produk
yang akan ditawarkan kepada konsumen di suatu wilayah. Aspek ini meninjau
tentang potensi pasar, kebutuhan pasar, daya beli konsumen, dan strategi
pemasaran.
3.
Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya
artinya sejauh mana pengaruh timbal balik bisnis yang akan dijalankan dan
berdampak terhadap kehidupan sosial, income masyarakat, dan budaya setempat.
Untuk mendapatkan simpulan itu, biasanya dilakukan dengan metode kuisoner,
wawancara, dan dokumen.
4.
Aspek Teknis dan Teknologi
merupakan hal-hal yang terkait dengan pemilihan lokasi usaha, peralatan yang
akan digunakan, bantuan teknologi dan mesin, ruang usaha, kapasitas produksi,
dan jalur produksi. Aspek ini akan memberikan gambaran tentang sistem kerja
yang menjadi motor penggerak suatu bisnis.
5.
Aspek Manajemen adalah aspek yang
menyangkut tentang tata pengaturan (manajerial) pembangunan dan operasional
suatu usaha.
6.
Aspek Keuangan merupakan aspek
vital yang memberikan pandangan awal tentang cara pendanaan, sumber biaya,
proyeksi pengembalian modal, dan resiko usaha.
Aspek teknis atau operasi juga dikenal sebagai aspek produksi. Penilaian
untuk kelayakan terhadap aspek ini sangat penting dilakukan sebelum
perusahaan dijalankan.Penentuan kelayakan teknis atau operasi perusahaan
menyangkut hal- hal yang berkaitandengan teknis/ operasi, sehingga apabila
tidak dianalisis dengan baik, maka akan berakibatfatal bagi perusahaan dalam
perjalannya di kemudian hari. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam aspek ini
adalah masalah penentuan lokasi, luas produksi, tata letak (layout ),
penyusunan peralatan pabrik dan proses produksinyatermasuk pemilihan teknologi.
Kelengkapan kajian aspek operasi sangat tergantung dari jenisusaha yang akan
dijalankan, karena setiap jenis usaha memiliki prioritas tersendiri.Jadi,
analisis dari aspek operasi adalah untuk menilai kesiapan perusahaan
dalammenjalankan usahanya dengan menilai ketepatan lokasi, luas produksi dan layout sertakesiagaan mesin – mesin
yang akan digunakan.Penentuan lokasi misalnya perlu dilakukan dengan
pertimbangan yang matang dll.
C. Pengaruh Lingkungan Bisnis
Kontemporer
Lingkungan
bisnis kontemporer sangat berpengaruh khususnya pada manajemen biaya pada suatu
perusahaan. Pengaruh lingkungan bisnis kontemporer ini akan mengakibatkan
terjadi perubahan-perubahan lingkungan bisnis yaitu seperti :
1.
Meningkatnya
Kompetisi
Kecanggihan teknologi informasi misalnya
Ecommerce, internet, leleconference, serta software yang
dirancang khusus untuk berbagai kepentingan.
2.
Kecanggihan
teknologi informasi dan pemanufakturan global
Kecanggihan pemanufakturan misalnya
terintegrasi komputer dalam desain, rekayasa dan proses produksi atau Computer
integrated manufacturing (CIM): misalnya desain produk dengan bantuan
komputer atau Computer Aided Design (CAD), teknik rekayasa produk dengan
bantuan komputer atau Computer Aided Engineering (CAE), produk
diproduksi dengan bantuan komputer atau Computer Aided Manufacturing (CAM).
3.
Fokus Pada Pelanggan
Organisasi
bergantung pada pelanggan mereka, karena itu manajemen organisasi harus
memahami kebutuhan pelanggan sekarang & yang akan datang. Organisasi harus
memenuhi kebutuhan pelanggan dan giat berusaha melebihi ekspektasi pelanggan. Perusahaan
yang sukses fokus dalam mengembangkan keunggulan mereka dan memastikan keunikan
produk dan jasanya dihargai oleh pelanggannya. Melayani kebutuhan pelanggan,
responsive terhadap perubahan permintaan, menjawab berbagai pertanyaan,
menyediakan dukungan, tingkat kepedulian serta perhatian terhadap pelanggan
atau pengguna jasa adalah full time job, dan menuntut investasi yang signifikan
baik terhadap waktu maupun sumber daya manusia.
4.
Bentuk Baru Organisasi Manajemen
1. Patrimonial Management
Terdapat apabila suatu perusahaan
dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan
kedudukan yang penting dalam hirarki
perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.
2. Political Management
Suatu bentuk manajemen dimana
kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasi dipegang oleh mereka
yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitas pada suatu
partai politik tertentu.
3. Profesional Management
Kedudukan yang strategis dan penting
diserahkan kepada mereka yang telah memberikan bukti akan kecakapannya,
kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasa dan
hasil yang mereka berikan kepada perusahaan.
5.
Perubahan Sosial, Politik, dan
Lingkungan Budaya
Proses sosial budaya menentukan
barang dan jasa serta standar prilaku bisnis yang bias dihargai dan diterima
oleh masyarakat. Pilihan dan selera pelanggan sangat bervariasi dalam Negara
yang sama dan dapt berubah-ubah sepanjang waktu. Perusahaan perlu memperhatikan
adanya perubahan social budaya dengan menyesuaiakan strategi bisnis terutama
pemasarannya dengan kondisi nilai-nilai social, kebiasaan dan selera konsumen. Dalam
berbisnis sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya
terhadap organisasi. Hal ini patut dipertimbangkan karena perubahan dalam suatu
tindakan maupun kebijakan politik di suatu negara dapat menimbulkan dampak
besar pada sektor keuangan dan perekonomian negara tersebut. Risiko politik
umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan
keamanan di suatu negara. Setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah
politik, kecuali organisasi charity atau sosial. Faktor-faktor tersebut
menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika
situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar.
Dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham
naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan
unsur ketidakpastian dalam bisnis
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Perubahan lingkungan usaha yang berlangsung sejak dasawarsa
1980-an telah membawa dampak yang sangat besar terhadap misi dan strategi
perusahaan.Aspek-aspek bisnis kontemporer meliputi : Aspek Hukum dan Administrasi, Aspek Pasar dan
Pemasaran, Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya, Aspek Teknis dan Teknologi, Aspek
Manajemen, dan Aspek Keuangan. Perubahan-perubahan lingkungan bisnis kontemporer
khususnya pada manajemen biaya adalah Meningkatnya Kompetisi,
Kecanggihan teknologi informasi dan pemanufakturan global,
Fokus Pada Pelanggan, Bentuk Baru Organisasi Manajemen, dan Perubahan Sosial, Politik, dan Lingkungan
Budaya.
INFORMASI TERBARU!!!
SAYA PEMILIK BLOG JUNIA PURNAMI
MENJUAL PRODUK TIENS INTERNASIONAL (Produk Aman. Herbal Alami, Tanpa Efek Samping)
MENJUAL PRODUK TIENS INTERNASIONAL (Produk Aman. Herbal Alami, Tanpa Efek Samping)
Berdiri Tahun 1995 masuk Indonesia tahun 2000
Penghargaan Nasional dan Internasional
MENJUAL PRODUK:
1. Suplemen Kesehatan-Seri Pembersih :
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=1
2. Suplemen Kesehatan- Seri Penyeimbang
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=2
3. Suplemen Kesehatan Kesehatan – Seri Penguat
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=3
4. Alat Kesehatan
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=4
5. Perawatan Rumah Tangga
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=5
6. Perawatan Pribadi
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=6
7. Lainnya-Produk Otomatf
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=7
8. Lainnya- Kebutuhan Pertanian
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=8
PENJUALAN PRODUK TER-FAVORIT :
1. PAKET PENINGGI --> Klik Link Berikut ini : http://purnamiap.blogspot.co.id/2016/01/cara-alami-meninggikan-badan-1-bulan.html
2.PAKET PELANGSING--> Klik Link Berikut ini :
3. PAKET PENGGEMUK --> Klik Link Berikut ini :
4. KECANTIKAN/AWET MUDA : untuk masalah jerawat, flek hitam, alergi, merapakatkan vagina(lebih keset). --> Klik Link Berikut ini :
5. MASKER SPIRULINA : untuk mencerahkan, mencegah & mengatasi jerawat, flek &komedo, memperhalus tekstur kulit, mengencangkan, mengatasi kulit kering, --> Klik Link Berikut ini :
6. PAKET KESEHATAN LAINNYA(Ambeien, Asam Urat, Diabetes, Jantung, Ginjal, Tumor, Kista, Maag, Rheumatik, DLL)--> Klik Link Berikut ini :
Belum ada tanggapan untuk "MAKALAH ASPEK OPERASIONAL DAN PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS KONTEMPORER"
Post a Comment