RMK Menggunakan Internet untuk Menangkap Peluang Usaha

“KEWIRAUSAHAAN”
Menggunakan Internet untuk Menangkap Peluang Usaha




OLEH :

            NI LUH JUNIA PURNAMI                                    NIM : 1417051041






AKUNTANSI PROGRAM S1
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA


A.    Pengertian Peluang Usaha
Peluang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu kesempatan (ruang gerak) baik dalam bentuk konkret maupun dalam bentuk abstrak (Taufan, 1998:34). Sehingga peluang kewirausahaan dapat diartikan kesempatan pasti yang bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi yang ada serta dengan memanfaatkan berbagai kesempatan atau peluang yang dengan segera diambil. Peluang kewirausahaan dalam pengertian yang lebih luas di bagi menjadi peluang internal dan peluang eksternal. Peluang internal merupakan peluang yang memang sudah ada dalam diri wirausaha sehingga menjadi dasar untuk membaca keadaan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sedangkan peluang eksternal merupakan peluang yang lahir dari proses membaca kndisi atau respon seorang wirausaha atas situasi yang menurutnya berpotensi untuk menjadi peluang. 
B.     Pengertian Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lain sebagainya.
Penerapan teknologi dan informasi ini menyebabkan perubahan dalam kebiasaan atau habit yang baru pada bidang bisnis. Seperti pemanfaatan E-commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media internet yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan. E- commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, www, atau jaringan komputer lainnya. Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem e- commerce adalah dengan sistem tersebut maka perusahaan dapat lebih efesien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
C.    Manfaat Internet Dalam Dunia Usaha
Dampak positif teknologi dalam dunia bisnis, manfaat teknologi sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Ptoduk yang satu memanfaatkan internet secara berbeda dengan produk yang lain. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan internet sebagai sarana bisnisnya.
Berikut adalah contoh pemanfaatan dan manfaat internet internet sebagai media bisnis:
1.      Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan 
2.      Analisa produk dan pasar 
3.      Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya 
4.      Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja 
5.      Akses informasi dan penyebaran informasi 
6.      Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah 
7.      Peluang bisnis baru 

D.    Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Internet Dalam Dunia Usaha
            Keuntungan
·         Menyerap pasar baru dan tetap menjaga pasar lama.
·         Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan.
·         Analisa produk dan pasar.
·         Mendapatkan nasehat dan bantuan pakar di bidangnya.
·         Rekruitmen tenaga kerja dan penyediaan lowongan kerja.
·         Mendapatkan akses informasi dan penyebaran informasi dengan cepat.
·         Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan  biaya murah.
·         Mendapatkan peluang bisnis baru.
·         Memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
·         Memberikan pelayanan 24 jam/tak terbatas.
·         Memudahkan klien/mitra kerja untuk mengakses informasi tertentu.
·         Konektifitas dan jaringan yang global.
·         Lebih interaktif dan fleksibel.
            Kelemahan
·         Tergantung pada koneksi internet, telepon, satelit jika koneksi mengalami masalah maka bisa saja bisnis pun menjadi terhambat.
·         Sebagaian masyarakat masih menganggap bahwa instalasi internet memerlukan biaya yang mahal.
·         Masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan computer bahkan internet. Hal ini menjadi kendala dalam  mengembangkan internet.
·         Membutuhkan waktu yang relatif lama untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online ini.
·      Perlu membangun pasar atau mencari konsumen sendiri. Pada awalnya proses ini akan berat untuk dijalankan, tapi jika sudah memperoleh pelanggan maka pasar akan berjalan dengan mudah.
·      Pada awal pendirian, akan membutuhkan banyak konsentrasi untuk mengatur internet, web, pemasaran dan sebagainya sehingga banyak menyita waktu.
·      Membutuhkan pengorbanan untuk selalu meng-update informasi dan teknologi. Karena jika kurang informasi, dapat mengakibatkan bisnis berjalan kurang lancar.
·      Terdapatgangguan virus komputer yang bisamenyerangmelaluijaringan.
E.     Jenis- Jenis Media Sebagai Sarana Bisnis
            Beberapa jenis media yang dapat digunakan sebagai sarana bisnis online:
1.      Website / Blog
Pemasaran produk melalui website/blog dapat dilakukan dengan mudah. Saat ini banyak penyedia jasa layanan pembuatan situs yang menawarkan berbagai paket dengan berbagai variasi biaya, dengan menggunakan situs para pelaku bisnis daat menampilkan profil, produk, spesifikasi dan harga, alamat kontak secara jelas yang dapat diakses oleh siapa saja.
2.      Jejaring media sosial
Media sosial yang saat ini paling populer karena penggunaannya paling banyak khususnya di Indonesia adalah facebook, Twitter, dan Instagram.
3.      Komunitas online
Komunitas ini biasanya dibangun atas dasar kesamaan atau ketertarikan terhadap suatu bidang tertentu. Dalam komunitas tersebut yang akan menyediakan segala macam informasi mengenai apapun.
4.      Situs jual/beli
Situs jual/beli saat ini menjadi sebuah trend baru yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menjual produknya. Situs ini hanya memajang penjualan aneka produk yang dikelompokkan menurut jenisnya masing- masing dan dikelompokkan berdasarkan provinsi dari lokasi penjual untuk memudahkan pencarian bagi calon pembeli.
F.     E-Commerce
            E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce berbeda karena :
1.      Ada dimana-mana
E-commerce ada dimana-mana, seperti e-commerce memang terdapat dimana saja dan kapan saja. E-commerce memungkinkan kita belanja dari komputer pribadi, di rumah, di tempat kerja, atau bahkan dari kendaraan, dengan menggunakan mobile commerce.
2.      Jangkauan Global
Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam suatu sistem perdagangan yang tradisional.
3.      Standar Universal
Satu kelebihan yang mencolok dari teknologi e-commerce adalah standar teknik dari internet dan, oleh karenanya, standar teknik untuk melakukan e-commerce merupakan standar universal. Standar ini digunakan oleh semua negara di seluruh dunia dan memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas dari jenis platfrom teknologi masing-masingnya.
Standar teknik universal dari internet dan e-commerce berpengaruh besar terhadap rendahnya biaya masuk pasar (market entry cost)-biaya yang harus dikeluarkan oleh penjual untuk membawa barangnya ke pasar. Pada saat yang bersamaan, untuk konsumen, standar universal menurangi biaya pencarian (search cost)-usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang sesuai keinginan mereka.
4.      Kaya Manfaat
Dalam hal informasi, istilah kaya manfaat (richness) merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan. Pasar internasional, tenaga penjualan nasional, dan toko eceran kecil memiliki sifat kaya manfaat yang cukup baik: Mereka dapat memberikan pelayanan pribadi, bertatap muka dengan menggunakan indera pendengaran dan penglihatan ketika melakukan penjualan. Sifat kaya manfaat dari pasar tradisional membuatnya sangat kuat dalam lingkungan komersial.
5.      Interaktif
Tidak seperti teknologi komersial lainnya di abad ke-20, kecuali telepon, teknologi e-commerce sangat interaktif, yang berarti sangat memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara penjual dan konsumen.
6.      Kepadatan Informasi
Internet dan Web sangat meningkatkan kepadatan informasi(information density)-jumlah keseluruhan dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua peserta, pelanggan, dan penjual di padar. Teknologi e-commerce mengurangi biaya pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, dan penyampaian informasi, sementara juga sangat meningkatkan kekinian, keakuratan, dan ketepatan waktu dari informasi.
Kepadatan informasi dalampasar e-commerce membuat harga dan biaya menjadi lebih transparan. Transparasi harga (price transparency) merujuk pada mudahnya pelanggan menjumpai berbagai variasi harga pasar:transparasi biaya (cost transparency) merujuk pada kemampuan pelanggan menemukan biaya yang sebenarnya dibayarkan oleh penjual untuk barang yang dijualnya.
7.      Personalisasi/Penyesuaian
Teknologi e-commerce memungkinkan dilakukannya personalisasi(personalization): Pedagang dapat mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesannya sesuai dengan nama, minat, dan pembelian seseorang dimasa lalu. Teknologi ini juga memungkinkan dilakukannya penyesuain(customization)- mengubah brang atau jasa yang dijual sesuai dengan preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukan sebelumnya. Berdasarkan sifat interaktif dari teknologi e-commerce, lebih banyak informasi tentang konsumen yang dapat diperoleh  di pasar pada saat terjadi pembelian. Dengan meningkatkan kepadatan informasi, kecocokan yang baik tentang pembelian di masa lalu dan perilaku konsumen dapat disimpan dan dimanfaatkan oleh para penjual online.









DAFTAR PUSTAKA


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RMK Menggunakan Internet untuk Menangkap Peluang Usaha"

Postingan Populer