Menggunakan
Internet untuk Menangkap Peluang Usaha
OLEH :
NI LUH JUNIA PURNAMI NIM :
1417051041
AKUNTANSI PROGRAM S1
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
A.
Pengertian
Peluang Usaha
Peluang
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu kesempatan (ruang gerak) baik dalam
bentuk konkret maupun dalam bentuk abstrak (Taufan, 1998:34). Sehingga peluang
kewirausahaan dapat diartikan kesempatan pasti yang bisa didapatkan seseorang
atau lebih dengan mengandalkan potensi yang ada serta dengan memanfaatkan
berbagai kesempatan atau peluang yang dengan segera diambil. Peluang
kewirausahaan dalam pengertian yang lebih luas di bagi menjadi peluang internal
dan peluang eksternal. Peluang internal merupakan peluang yang memang sudah ada
dalam diri wirausaha sehingga menjadi dasar untuk membaca keadaan sesuai dengan
potensi yang dimiliki. Sedangkan peluang eksternal merupakan peluang yang lahir
dari proses membaca kndisi atau respon seorang wirausaha atas situasi yang
menurutnya berpotensi untuk menjadi peluang.
B.
Pengertian
Internet
Internet
(kependekan dari interconnection-networking) adalah jaringan komunikasi global
yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan
berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon,
satelit, dan lain sebagainya.
Penerapan
teknologi dan informasi ini menyebabkan perubahan dalam kebiasaan atau habit
yang baru pada bidang bisnis. Seperti pemanfaatan E-commerce sebagai media
perdagangan yang menggunakan media internet yang saat ini tidak sulit untuk
dijangkau oleh semua kalangan. E- commerce adalah penyebaran, pembelian,
penjualan dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti
internet, www, atau jaringan komputer lainnya. Tujuan suatu perusahaan
menggunakan sistem e- commerce adalah dengan sistem tersebut maka perusahaan
dapat lebih efesien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
C.
Manfaat
Internet Dalam Dunia Usaha
Dampak positif
teknologi dalam dunia bisnis, manfaat teknologi sangat tergantung pada produk
dan jasa yang akan ditawarkan. Ptoduk yang satu memanfaatkan internet secara
berbeda dengan produk yang lain. Tipe atau jenis usaha pun akan turut
mempengaruhi cara orang memanfaatkan internet sebagai sarana bisnisnya.
Berikut
adalah contoh pemanfaatan dan manfaat internet internet sebagai media bisnis:
1. Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
2. Analisa
produk dan pasar
3. Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
4. Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
5. Akses informasi dan penyebaran informasi
6. Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
7. Peluang bisnis baru
D.
Keuntungan
Dan Kerugian Menggunakan Internet Dalam Dunia Usaha
Keuntungan
·
Menyerap pasar baru dan tetap menjaga pasar lama.
·
Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan.
·
Analisa produk dan pasar.
·
Mendapatkan nasehat dan bantuan pakar di
bidangnya.
·
Rekruitmen tenaga kerja dan penyediaan lowongan kerja.
·
Mendapatkan akses informasi dan penyebaran informasi
dengan cepat.
·
Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan
biaya murah.
·
Mendapatkan peluang bisnis baru.
·
Memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan
yang lebih global.
·
Memberikan pelayanan 24 jam/tak terbatas.
·
Memudahkan klien/mitra kerja untuk mengakses informasi
tertentu.
·
Konektifitas dan jaringan yang global.
·
Lebih interaktif dan fleksibel.
Kelemahan
·
Tergantung pada koneksi internet, telepon,
satelit jika koneksi mengalami masalah maka bisa saja bisnis pun menjadi terhambat.
·
Sebagaian masyarakat masih menganggap bahwa instalasi
internet memerlukan biaya yang mahal.
·
Masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan
computer bahkan internet. Hal ini menjadi kendala dalam mengembangkan
internet.
·
Membutuhkan waktu yang relatif lama untuk meraih
kesuksesan dalam bisnis online ini.
·
Perlu membangun pasar atau mencari konsumen sendiri.
Pada awalnya proses ini akan berat untuk dijalankan, tapi jika sudah memperoleh
pelanggan maka pasar akan berjalan dengan mudah.
·
Pada awal pendirian, akan membutuhkan banyak konsentrasi
untuk mengatur internet, web, pemasaran dan sebagainya sehingga banyak menyita waktu.
·
Membutuhkan pengorbanan untuk selalu meng-update
informasi dan teknologi. Karena jika kurang informasi, dapat mengakibatkan bisnis
berjalan kurang lancar.
·
Terdapatgangguan virus komputer yang
bisamenyerangmelaluijaringan.
E. Jenis- Jenis Media Sebagai Sarana Bisnis
Beberapa jenis media yang dapat digunakan
sebagai sarana bisnis online:
1.
Website
/ Blog
Pemasaran produk melalui website/blog dapat
dilakukan dengan mudah. Saat ini banyak penyedia jasa layanan pembuatan situs
yang menawarkan berbagai paket dengan berbagai variasi biaya, dengan
menggunakan situs para pelaku bisnis daat menampilkan profil, produk,
spesifikasi dan harga, alamat kontak secara jelas yang dapat diakses oleh siapa
saja.
2.
Jejaring
media sosial
Media sosial yang saat ini paling populer karena
penggunaannya paling banyak khususnya di Indonesia adalah facebook, Twitter,
dan Instagram.
3.
Komunitas
online
Komunitas ini biasanya dibangun atas dasar
kesamaan atau ketertarikan terhadap suatu bidang tertentu. Dalam komunitas
tersebut yang akan menyediakan segala macam informasi mengenai apapun.
4.
Situs
jual/beli
Situs jual/beli saat ini menjadi sebuah trend baru yang bisa dimanfaatkan
oleh para pelaku usaha untuk menjual produknya. Situs ini hanya memajang
penjualan aneka produk yang dikelompokkan menurut jenisnya masing- masing dan
dikelompokkan berdasarkan provinsi dari lokasi penjual untuk memudahkan
pencarian bagi calon pembeli.
F.
E-Commerce
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan
e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat
atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi
non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat
pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce
berbeda
karena :
1. Ada dimana-mana
E-commerce
ada dimana-mana, seperti e-commerce memang terdapat dimana saja dan kapan saja.
E-commerce memungkinkan kita belanja
dari komputer pribadi, di rumah, di tempat kerja, atau bahkan dari kendaraan,
dengan menggunakan mobile commerce.
2. Jangkauan Global
Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi
komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih
tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam suatu sistem perdagangan
yang tradisional.
3.
Standar
Universal
Satu kelebihan
yang mencolok dari teknologi e-commerce adalah
standar teknik dari internet dan, oleh karenanya, standar teknik untuk
melakukan e-commerce merupakan
standar universal. Standar ini digunakan oleh semua negara di seluruh dunia dan
memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas dari
jenis platfrom teknologi masing-masingnya.
Standar teknik
universal dari internet dan e-commerce berpengaruh besar terhadap
rendahnya biaya masuk pasar (market entry cost)-biaya
yang harus dikeluarkan oleh penjual untuk membawa barangnya ke pasar. Pada saat
yang bersamaan, untuk konsumen, standar universal menurangi biaya
pencarian (search cost)-usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan
barang sesuai keinginan mereka.
4.
Kaya
Manfaat
Dalam hal informasi, istilah kaya
manfaat (richness) merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan.
Pasar internasional, tenaga penjualan nasional, dan toko eceran kecil memiliki
sifat kaya manfaat yang cukup baik: Mereka dapat memberikan pelayanan pribadi,
bertatap muka dengan menggunakan indera pendengaran dan penglihatan ketika
melakukan penjualan. Sifat kaya manfaat dari pasar tradisional membuatnya
sangat kuat dalam lingkungan komersial.
5.
Interaktif
Tidak seperti
teknologi komersial lainnya di abad ke-20, kecuali telepon, teknologi e-commerce sangat interaktif, yang
berarti sangat memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara penjual dan
konsumen.
6.
Kepadatan
Informasi
Internet dan Web
sangat meningkatkan kepadatan informasi(information density)-jumlah
keseluruhan dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua peserta,
pelanggan, dan penjual di padar. Teknologi e-commerce mengurangi biaya
pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, dan penyampaian informasi, sementara juga
sangat meningkatkan kekinian, keakuratan, dan ketepatan waktu dari informasi.
Kepadatan
informasi dalampasar e-commerce membuat harga dan biaya menjadi lebih
transparan. Transparasi harga (price transparency)
merujuk pada mudahnya pelanggan menjumpai berbagai variasi harga pasar:transparasi
biaya (cost transparency) merujuk pada kemampuan pelanggan
menemukan biaya yang sebenarnya dibayarkan oleh penjual untuk barang yang
dijualnya.
7.
Personalisasi/Penyesuaian
Teknologi
e-commerce memungkinkan dilakukannya personalisasi(personalization):
Pedagang dapat mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan
menyesuaikan pesannya sesuai dengan nama, minat, dan pembelian seseorang dimasa
lalu. Teknologi ini juga memungkinkan dilakukannya penyesuain(customization)-
mengubah brang atau jasa yang dijual sesuai dengan preferensi pengguna atau
perilaku yang ia tunjukan sebelumnya. Berdasarkan sifat interaktif dari
teknologi e-commerce, lebih banyak informasi tentang konsumen yang dapat
diperoleh di pasar pada saat terjadi pembelian. Dengan meningkatkan
kepadatan informasi, kecocokan yang baik tentang pembelian di masa lalu dan
perilaku konsumen dapat disimpan dan dimanfaatkan oleh para penjual online.
DAFTAR PUSTAKA
Aditya. 2015. http://aditya1808.blogspot.co.id/2015/04/pemanfaatan-e-commerce-dalam- dunia.html. Diakses tanggal 27 Mei
2017
. http://www.amanysistem.com/article-pentingnya-teknologi-informasi-untuk- bisnis-anda-article.html. Diakses tanggal 27 Mei
2017
. 2014. https://www.academia.edu/9481033/PERANAN_INTERNET_TERHADAP-PERKEMBANGAN_KEWIRAUSAHAAN_INDONESIA_MAKALAH.
Diakses tanggal 27 Mei 2017
Gunawan, Adep. 2013. http://adepgunawan.blogspot.co.id/20123/05/makalah-pengaruh- teknologi-internet.html. Diakses tanggal 27 Mei
2017
Rasyid, Sumarni. 2012. http://sumarnirasyid-biges.blogspot.com/2012/05/manfaat-internet- bagi-dunia-usaha.html. Diakses tanggal 27 Mei
2017.
Belum ada tanggapan untuk "RMK Menggunakan Internet untuk Menangkap Peluang Usaha"
Post a Comment