Contoh Makalah Biaya Produksi [Lengkap]


I.                   PENDAHULUAN
Seiring dengan berkembangnya ilmu teknologi, ilmu pengetahuan, dan bertambahnya penduduk, memaksa kebutuhan hidup terus meningkat. Pada saat ini kebutuhan hidup tidak bisa diambil langsung dari alam, akan tetapi harus diolah dahulu dengan cepat, efesien, dan harga terjangkau. Keadaan ini dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian orang untuk memperoleh keuntungan. Akan tetapi,  permintaan pasar berubah-ubah sehingga menyulitkan perusahaan untuk melakukan kegiatan produksinya, produk apa yang akan di produksi?. Namun dalam melakukan proses produksi suatu barang, perusahaan seharusnya memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan produksi, salah satunya kekuatan finansial yang mereka miliki, seperti biaya produksi. Untuk mencapai hal tersebut, tentu pemahaman akan biaya produksi sangat diperlukan, karena biaya produksi merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan ketika perusahaan hendak menghasilkan suatu produk. Pemahaman tentang biaya produksi sangat penting bagi suatu perusahaan, karena dengan itu perusahaan dapat memperhitungkan biaya-biaya apa saja yang memang diperlukan untuk menghasilkan suatu barang. Biaya produksi adalah beban yang harus ditanggung oleh produsen dalam bentuk uang untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Menetapkan biaya produksi berdasarkan pengertian tersebut memerlukan kecermatan karena terkadang ada hal yang sulit diidentifikasikan.
Berdasarkan latar belakang di atas adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah (1) Pengertian biaya produksi?, (2) Jenis jenis biaya produksi?  (3) Cara Menggambar biaya produksi?, (4) Kapasitas produksi?, (5) Produksi dengan banyak pabrik ?, (6) Skala ekonomis dan tidak ekonomis?, (7) Maksimalisasi laba dan penawaran?.
Berdasarkan rumusan masalah di atas adapun tujuan yang akan dicapai dalam penulisan makalah ini yakni (1) dapat mengetahui Pengertian biaya produksi, (2) dapat mengetahui Jenis jenis biaya produksi, (3) dapat mengetahui Cara Menggambar biaya produksi, (4) dapat mengetahui  Kapasitas produksi, (5) dapat mengetahui  Produksi dengan banyak pabrik, (6) dapat mengetahui Skala ekonomis dan tidak ekonomis, (7) dapat mengetahui Maksimalisasi laba dan penawaran.


II.                PEMBAHASAN

1.      Pengertian Biaya Produksi
Biaya adalah semua pengeluaran yang dapat diukur dengan uang, baik yang telah, sedang maupun yang akan dikeluarkan untuk menghasilkan suatu produk. Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut.  Untuk menghasilkan barang atau jasa diperlukan faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, modal, dan keahlian pengusaha. Semua faktor-faktor produksi yang dipakai merupakan pengorbanan dari proses produksi dan juga berfungsi sebagai ukuran untuk menentukan harga pokok barang. Input yang digunakan untuk memproduksi output tersebut sering disebut biaya oportunis.  Biaya oportunis sendiri merupakan biaya suatu faktor produksi yang memiliki nilai maksimum yang menghasilkan output dalam suatu penggunaan alternatif.
Biaya produksi dapat meliputi unsur-unsur sebagai berikut:
1.      Bahan baku atau bahan dasar termasuk bahan setengah jadi
2.      Bahan-bahan pembantu atau penolong
3.      Upah tenaga kerja dari tenaga kerja kuli hingga direktur.
4.      Penyusutan peralatan produksi
5.      Uang modal, sewa
6.      Biaya penunjang seperti biaya angkut, biaya administrasi, pemeliharaan, biaya listrik, biaya keamanan dan asuransi.
7.      Biaya pemasaran seperti biaya iklan.
8.      Pajak.
 Biaya produksi dapat dibagi menjadi dua, yaitu
1.      Biaya Eksplisit
Biaya Eksplisit ialah biaya yang nyata-nyata dikeluarkan dalam memperoleh faktor produksi (nilai dan semua input yang dibeli untuk produksi). Pembayarannya berupa uang untuk mendapatkan faktor-faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan perusahaan. Contoh: biaya tenaga kerja, sewa gedung, dll.

2.      Biaya Implisit
Biaya implisit disebut juga imputed cost (ongkos tersembunyi), ialah taksiran biaya atas faktor produksi yang dimiliki sendiri oleh perusahaan dan ikut digunakan dalam proses produksi yang dimiliki oleh perusahaan.
Contoh: Penggunaan gedung milik perusahaan sendiri.
Berdasarkan jangka waktunya, biaya produksi di bedakan menjadi 2 yaitu :
1.      Jangka Waktu Pendek.
Dalam jangka pendek perusahan adalah jangka waktu di mana sebagian faktor produksi tidak dapat di tambah jumlahnya.
teori – teori biaya produksi dalam jangka pendek, Yakni:
a.      Biaya Total (Total Cost / TC) 
Keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang terdiri dari biaya Variabel dan Biaya Tetap.  TC= TVC + TFC
b.      Biaya Variabel Total (Total Variabel Cost / TVC) 
Keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam faktor produksi dan bersifat Variabel atau dapat berubah – ubah sesuai dengan hasil produksi yang akan dihasilkan.
Semakin banyak produk yang dhasilkan, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.
Contoh : Biaya bahan baku , upah tenaga kerja, bahan bakar,dll.
TVC= TC-TFC
c.       Biaya Tetap (Total Fixed Cost / TFC) 
Biaya yang tidak berubah mengikuti tingkat produksi.
Artinya biaya ini besarnya tidak dipengaruhi oleh jumlah Output yang dihasilkan.
Contoh: biaya abonemen Telepon, Biaya Pemeliharaan Bangunan,biaya penyusutan, dls.
TFC=TC-TVC
d.      Biaya Total Rata-rata (Average Total Cost / ATC) 
BiayaTotal (TC) untuk memproduksi sejumlah barang tertentu dibagi dengan jumlah Produksi tertentu oleh perusahaan tersebut (Q).
ATC =TC/Q
Q= jumlah Output yang dihasilkan
Biaya total rata-rata juga dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
ATC = AVC+AFC
e.       Biaya Variabel rata-rata (Average Variabel Cost / AVC) 
Biaya Variabel Total (TVC) untuk memproduksi sejumlah barang tertentu dibagi dengan jumlah produksi tertentu(Q).
AVC= TVC/Q
Atau dapat juga dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
AVC=ATC-AFC
f.       Biaya tetap Rata –rata (Average Fixed Cost / AFC) 
Biaya tetap (TFC) untuk memproduksi sejumllah barang tertentudibagi dengan jumlah produksi tertentu (Q).
AFC=TFC/Q
Atau dapat juga dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
AFC=ATC-AVC
g.      Biaya Marginal (Marginal Cost / MC) 
Kenaikan biaya produksi yang dikeluarkan untuk menambah satu satuan output.
2.      Jangka Waktu Panjang.
Sedangkan jangka waktu panjang merupakan segala faktor produksi yang masih dapat berubah – ubah.
Teori – teori biaya jangka panjang yakni diantaranya ialah :
Biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan seluruh output dan bersifat Variabel.
Biaya total sama dengan perubahan biaya Variabel.  LTC=∆LVC
Dengan LTC= biaya total jangka panjang (Long Run Total Cost)
∆LVC= Perubahan Biaya Variabel jangka panjang.
a.      Biaya Marjinal jangka panjang 
Tambahan biaya karena menambah produksi sebanyak 1 unit.
Perubahan biaya total sama dengan perubahan biaya variable.
Maka,  LMC=∆LTC/∆Q
Dengan LMC= Biaya marjinal jangka panjang (Long Run Marjinal Cost)
∆LTC= Perubahan Biaya Total jangka Panjang
∆Q= Perubahan Output
b.      Biaya Rata – rata 
Biaya total dibagi Jumlah Output.  LRAC=LTC/Q
Dengan LRAC=Biaya Rata – Rata Jangka panjang (Long Run Average Cost)
Q = Jumlah output.

2.      Jenis – Jenis Biaya Produksi
              Jenis-jenis biaya produksi menurut perilakunya dalam hubungannya dengan volume kegiatan. Keberhasilan dalam perencanaan dan pengendalian biaya tergantung pada pemahaman yang menyeluruh mengenai hubungan antara terjadinya biaya dan kegiatan bisnis. Telaah dan analisis yang cermat, yang mempengaruhi kegiatan bisnis terhadap biaya umumnya akan menghasilkan penggolongan setiap jenis pengeluaran ke dalam biaya tetap, variable, atau semi variable.

1.      Biaya Tetap atau Fixed Cost (FC)
                    Menurut Carter dan Usry yang dialihbahasakan oleh Krista (2004; 58) disebutkan bahwa :
“Biaya  tetap didefinisikan sebagai biaya yang secara total tidak berubah saat aktivitas bisnis meningkat atau menurun.”
                    Sedangkan menurut Hansen & Mowen yang dialihbahasakan oleh Ancella A. Hermawan (2000; 85) disebutkan bahwa :
“Biaya tetap adalah biaya yang tetap sama dalam jumlah seiring dengan kanaikan atau penurunan keluaran kegiatan.”
                    Jadi, dari beberapa pengertian di atas penyusun simpulkan bahwa biaya tetap adalah biaya yang sifatnya tetap walaupun kegiatan produksi berubah-ubah. Meskipun beberapa jenis biaya tampak tetap, namun dalam jangka panjang semua biaya adalah variable. Jika semua kegiatan bisnis menurun sampai nol dan tidak ada prospek bagi kegiatan tersebut untuk meningkat, perusahaan akan melakukan likuidasi, dengan demikian perusahaan akan menghindari semua biaya. Jika kegiatan diharapkan meningkat sampai melebihi kapasitas yang ada saat ini, biaya tetap harus ditingkatkan untuk mengimbangi kelebihan volume tersebut. Contoh biaya tetap : beban penyusutan, beban sewa, asuransi kekayaan, pajak bumi dan bangunan, dan lain-lain.
                    Jika manajemen mengharapkan permintaan atas produk perusahaan akan meningkat sampai melebihi kapasitas dari fasilitas produksi saat ini, maka manajemen harus mengupayakan tambahan pabrik dan peralatan, dan mungkin tenaga kerja. Akibatnya, perusahaan akan mengalami peningkatan biaya tetap untuk itu jenis pengeluaran tertentu harus digolongkan sebagai biaya tetap hanya dalam rentang kegiatan yang terbatas. Rentang kegiatas yang terbatas ini disebut rentang yang relevan. Total biaya tetap akan berubah di luar rentang kegiatan yang relevan. Perubahan biaya tetap pada tingkat kegiatan yang berbeda dan rentang yang relevan digambarkan dalam gambar berikut ini.
















2.      Biaya Variabel atau Variable Cost (VC)
Menurut Carter dan Usry yang dialihbahaskan oleh Krista (2004; 59) disebutkan bahwa :
“ Biaya variabel didefinisikan sebagai biaya yang secara total meningkat secara proposional terhadap peningkatan dalam aktivitas, dan menurun secara proposional terhadap penurunan dalam aktivitas.”
Sedangkan menurut Hansen & Mowen yang dialihbahaskan oleh Ancella A. Hermawan (2000; 85) disebutkan bahwa :
“biaya variabel adalah biaya yang meningkat dalam total seiring dengan peningkatan keluaran kegiatan dan menurun dalam total seiring dengan penurunan keluaran kegiatan.”
Jadi, dari pengertian di atas penulis simpulkan bahwa biaya variabel adalah biaya yang secara total berubah proposional seiring dengan perubahan kegiatan produksi.
Biaya variabel meliputi biaya bahan langsung, pekerja langsung, bahan penolong tertentu, biaya pengerjaan ulang. Biasanya biaya variabel dapat secara langsung diidentifikasikan dengan kegiatan yang mengakibatkan adanya biaya tersebut. Contoh biaya variabel : bahan material, bahan bakar, upah buruh langsung, biaya energi, reklamasi, biaya lembur.
Jenis biaya variabel dapat dibedakan sebagai berikut:
1.      Biaya Variabel Total atau Total Variable Cost (TVC)
Biaya variabel total merupakan seluruh biaya yang harus dikeluarkan selama masa produksi output dalam jumlah tertentu untuk memperoleh faktor produksi yang dapat diubah jumlahnya. Dimisalkan bahwa faktor produksi yang dapat berubah jumlahnya adalah tenaga kerja. Setiap tenaga kerja yang digunakan memperoleh pendapatan sebesar Rp 50.000. Bahan-bahan mentah merupakan variabel yang berubah jumlah dan nilainya dalam proses produksi. Semakin tinggi produksi, semakin banyak bahan mentah yang yang diperlukan. Oleh sebab itu, biaya berubah biasanya merupakan perbelanjaan untuk membayar tenaga kerja yang digunakan.

2.      Biaya Variabel Rata-Rata atau Average Variable Cost (AVC)
Biaya variable rata-rata merupakan nilai biaya yag diperoleh dari perhitungan biaya variable dibagi dengan jumlah produksi.
Perhitungan Biaya Variabel Rata-rata
Jumlah Produksi (Q)
(Unit)
Biaya Variabel (TVC)
(Rp)
Biaya Variabel Rata-rata
(AVC=TVC:Q) (Rp)
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100
550
650
750
850
950
1055
1150
1250
1350
1450
55
32,5
25
21,25
19
17,5
16,4
15,6
15
14,5

Dalam praktiknya, hubungan antara kegiatan produksi dan biaya variabel yang ditimbulkannya biasanya dianggap seakan-akan bersifat linear. Total biaya variabel dianggap meningkat dalm jumlah yang konstan untuk peningkatan setiap unit kegiatan. Namun, hubungan yang sebenarnya sangat jarang bersifat linear secara sempurna pada seluruh rentang relevan yang memungkinkan. Misalnya, pada saat volume kegiatan meningkat sampai ke tingkat tertentu, barangkali manajemen akan menambah mesin produksi yang baru. Akibatnya, biaya kegiatan per unit akan berbeda-beda pada berbagai tingkat kegiatan. Meskipun demikian, dalam rentang relevan tertentu, hubungan antara kegiatan dan biaya variabelnya kurang lebih bersifat linear. Hubungan ini ditunjukan dalam gambar 2.2 dibawah ini. Garis B menggambarkan biaya variabel aktual pada semua tingkat kegiatan, dan garis A menunjukan biaya produksi variabel yang dihitung pada semua tingkat kegiatan yang ditentukan berdasarkan observasi pada rentang relevan.












 Adapun sifat-sifat biaya variabel adalah sebagai berikut:
1)      Biaya ini mudah digunakan oleh bagian-bagian perusahaan yang bersangkutan. Penggolongan biaya berdasarkan hubungan dengan masa pembukuan adalah sebagai berikut:
a.       Pengeluaran Penghasilan (Revenue Expenditure). Pengeluaran yang dilakukan untuk memperoleh penghasilan dalam masa pembukuan perusahaan yang bersangkutan dan dibebankan sebagai biaya.
b.      Pengeluaran Modal (Capital Expenditure). Pengeluaran modal ini tidak seluruhnya dibebankan sebagai biaya dalam masa pembukuan di mana pengeluaran biaya terjadi.
Pada waktu pengeluaran modal itu terjadi, maka pengeluaran tersebut dimasukkan sebagai kekayaan dalam bentuk harta (aktiva). Sedangkan penyusutan dari harta ini secara bertahap setiap tahun pembukuan dibebankan sebagai unsur biaya.

2)      Besarnya biaya berubah-ubah sesuai dengan perubahan kegiatan perusahaan.
a.       Proporsional atau sebanding. Besarnya kegiatan usaha naik, maka jumlah biaya variabel juga naik. Kenaikan ini sama besarnya. Misalnya, besarnya kegiatan perusahaan naik 10%, maka besarnya biaya variabel juga naik 10%.
b.      Progresif atau semakin besar. Jika kegiatan usaha meningkatkan biaya variabel juga meningkat, tetapi juga peningkatan kegiatan usaha lebih kecil dari peningkatan biaya variabel. Misalnya besarnya kegiatan perusahaan naik 10%, sedangkan besarnya biaya variabel naik 12%
c.       Degresif atau semakin kecil. Jika kegiatan usaha meningkat, maka biaya variabel juga meningkat. Namun, besarnya kenaikan kegiatan usaha lebih besar dari pada besarnya kenaikan biaya variabel.
Misalnya besarnya kegiatan perusahaan naik 10%, sedangkan besarnya variabel hanya naik 8% (makin kecil).
3.      Biaya Semi Variabel
Menurut Carter dan Usry yang dialihbahasakan oleh Krista (2004;60) disebutkan bahwa :
“Biaya semi variabel didefinisikan sebagai biaya yang memperlihatkan baik karakteristik dari biaya tetap maupun biaya variable.”
Sedangkan menurut Hansen & Mowen yang dialihbahasakan oleh Ancella A. Hermawan (2000; 85) disebutkan bahwa :
“ biaya semi variabel (campuran) adalah biaya yang memiliki komponen biaya tetap dan variabel.”
Dari pengertian di atas penyusun simpulkan bahwa biaya semi variabel merupakan biaya yang mengandung sifat biaya tetap dan variabel. Misalnya, bahan bakar, pemeliharaan, biaya pensiun, pajak atas upah, dan perjalanan serta hiburan.
         Biaya semivariabel digambarkan dalam gambar 2.3 dibawah ini. Garis C pada gambar tersebut menunjukkan biaya actual pada semua tingkat produksi. Dalam gambar ini, garis biaya aktual (garis C) tidak linier. Ini bisa terjadi karena penggunaan teknik atau peralatan produksi yang berbeda dan atau karena tingkat penggunaan kapasitas yang berbeda pada tingkat produksi yang berbeda. Garis putus-putus merupakan garis lurus dan menunjukkan jumlah unsur tetap dan variabel dari semi variabel ( garis A dan B) pada semua tingkat kegiatan yang ditentukan berdasarkan observasi dalam rentang relevan. Apabila garis B dan garis C yang tidak terputus terhimpit, maka asumsi linier sangat mendekati hubungan yang sebenarnya. Daerah yang berhimpitan ini merupakan rentang yang relevan. Penggunaan biaya tetap dan tariff biaya variabel yang telah dihitung untuk memperkirakan biaya pada setiap tingkat kegiatan diluar rentang yang relevan akan menghasilkan estimasi yang tidak dapat diandalkan.

3.      Cara Menggambar Biaya Produksi
Cara menggambar biaya produksi dimaksudkan adalah bagaimana biaya produksi digambarkan dalam sebuah kurva baik peningkatan maupun penurunan biaya produksi. Menggambar biaya produksi dapat dilakukan dengan ;
Metoda Statistik:
Biaya Semi Variabel dipecah menjadi biaya variabel dan biaya tetap dengan menggunakan metoda kuadrat terkecil yaitu:
Trend garis biaya variabel diperoleh dengan menarik garis trend yang melalui biaya semi variabel pada berbagai tingkat aktifitas.
Y= Px + Q
Y = Ax
Pakai persamaan kurva linier :       

Dimana: Y = Biaya            
A = Parameter Yg Menerangkan Hub. Y Dengan X
P = Laju Peubah (Variable Rate)                 
X = Variabel Fisik (Tingkat Aktifitas)
Q = Komponen Tetap        

Pergeseran pada kurva biaya produksi ditentukan oleh dua faktor:
1.      Teknologi itu sendiri
Esensinya, perubahan teknologi akan berpengaruh terhadap produktifitas dan sekaligus biaya. Perubahan teknologi yang menyebabkan meningkatkan produktifitas; menyebabkan turunnya average dan marginal product atau pergeseran ke atas kurva MP dan AP dan sekaligus pergeseran ke bawah MC dan AC. Jika perubahan teknologi menyebabkan pergeseran input kepada modal, maka FC meningkat dan VC menurun. Pada kasus ini ATC meningkat pada awalnya dan semakin menurun pada tingkat output yang lebih tinggi.
2.      Harga input/biaya produksi
Peningkatan biaya input akan menggeser ke atas kurva kurva biaya. Meningkatnya fixed cost menggeser ke atas kurva total cost (TC ) dan average total cost (ATC ) tetapi tidak untuk kurva marginal cost (MC ). Bila peningkatan terjadi pada variable cost semua kurva termasuk marginal cost (MC) akan bergeser ke atas.

4.      Kapasitas Produksi
Kapasitas adalah suatu ukuran kemampuan produktif suatu fasilitas per unit waktu selain itu kapasitas juga mempunyai arti suatu tingkat keluaran, suatu kuantitas keluaran dalam periode tertentu, dan merupakan kuantitas tertinggi yang mungkin selama periode waktu itu. Untuk berbagai keperluan, kapasitas dapat disesuaikan dengan tingkat penjualan yang sedang berfluktuasi yang dicerminkan dalam jadwal produksi induk (master production  schedul). Hubungan antara kapasitas dan jadwal-jadwal induk adalah sangat penting. Karena  jadwal produksi mencerminkan apa yang akan diproduksi suatu perusahaan (tidak perlu apa yang akan dijual), kemampuan untuk memenuhi rencana ini tergantung pada kapasitas yang tersedia sekarang atau dalam jangka pendek di waktu mendatang, atau tergantung  pada kemampuannya untuk memperluas kapasitas ini dalam jangka waktu lebih panjang. Jadwal produksi yang realistik menjadi keberhasilan operasi suatu perusahaan yang mengakibatkan seluruh jenis sumberdaya terikat untuk memuaskan kebutuhan kuantitasnya dan komitmen hari pengiriman. Dalam hal ini, kapasitas juga berarti jumlah masukan sumberdaya-sumberdaya yang tersedia relatif untuk kebutuhan keluaran pada waktu tertentu. Karena pentingnya hubungan tersebut.
Kapasitas atau tingkat keluaran ini pada umumnya dinyatakan dalam satuan-satuan sebutan persamaan, seperti batang, ton, kilogram, meter, atau jam kerja yang tersedia. Sedangkan satuan-satuan waktu yang sangat penting bagi perencanaan kapasitas, dapat dinyatakan dalam satuan seperti jam, hari, minggu, atau bulan. Dalam praktek, diantara  pengertian-pengertian kapasitas diatas, perusahaan biasanya menggunakan kapasitas nyataatau kapasitas pengoperasian yang ditentukan dari laporan-laporan atau catatan pusat kerja.
Kapasitas dibedakan antara tiga level yang berbeda, antara lain :
1.      Kapasitas Potensial, (Potential Capacity) ialah kapasitas yang dapat diadakan dalam horizon keputusan eksekutif senior.
2.      Kapasitas Segera, (Immediete Capacity) ialah kapasitas yang dapat disediakan dalam periodeanggaran sekarang.
3.      Kapasitas Efektif, (Effective Capacity) ialah kapasitas yang digunakan didalam periode anggaran sekarang. (Lockyer, et.all, 1987)

                        Beberapa definisi kapasitas secara umum dapat diperinci antara lain :
a.       Desaign capacity, yaitu tingkat keluaran per satuan waktu, untuk mana pabrik dirancang. 
b.      Rated Capacity,yaitu tingkat keluaran per satuan waktu yang menunjukkan bahwa fasilitassecara teoritis mempunyai kemampuan memproduksinya.
c.       Standart Capacity , yaitu tingkat keluaran per satuan waktu yang ditetapkan sebagai sasaran bagi manajemen, supervisi, dan para operator mesin; dapat digunakan sebagai dasar  penyusunan anggaran. Kapasitas standart adalah sama dengan rated capacity dikurangicadangan keperluan pribadi standart, tingkat sisa (scrap) standart, berhenti untuk  pemeliharaan standart, cadangan untuk pengawasan kualitas standart dan sebagainya
Perencanaan Kapasitas Jangka Pendek
Perencanaan kapasitas jangka pendek digunakan untuk menangani secara ekonomis hal-hal yang bersifat mendadak dimasa yang akan dating, misalnya untuk memenuhi permintaan yang bersifat mendadak atau seketika dalam jangka waktu pendek. Menghadapi kondisi diatas jika kapasitas produksi tidak mampu memenuhi maka perusahaan dapat melakukan sub-kontrak kepada perusahaan lain pada saat terjadi lonjakan jumlah permintaan. Jika perusahaan ingin meningkatkan kapasitas produksi jangka pendek maka ada lima cara yang dapat dilakukan :
1.                  Meningkatkan jumlah sumber daya
2.                  Memperbaiki penggunaan sumber daya
3.                  Memodifikasi produk
4.                  Memperbaiki permintaan
5.                  Tidak memenuhi permintaan
Perencanaan Kapasitas Jangka Panjang
Perencanaan kapasitas jangka panjang merupakan strategi operasi dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi dan sudah dapat diperkirakan sebelumnya. (dari hasil forecasting). Tujuan utamanya adalah perusahaan dapat menentukan jumlah produksi yang dapat menghasilkan biaya minimum dengan memperhatikan antara lain : pola permintaan jangka panjang dan siklus kehidupan produk yang dihasilkan. Untuk mengantisipasi gejolak kapasitas jangka panjang terdapat dua strategi yang dapat ditempuh perusahaan yaitu (1) Strategi melihat dan menunggu perkembangan (wait and see strstegy). (2). Strategi ekspansionis, yaitu berproduksi dengan kapasitas produksi yang selalu melebihi atau diatas volume permintaan.
Kapasitas produksi dapat diartikan sebagai jumlah maksimum output yang dapat diproduksi atau dihasilkan dalam satuan waktu tertentu, misalnya sebuah pesawat airbus boing 737 memiliki kapasitas tempat duduk 300 seat setiap kali trip, atau sebuah Rumah Sakit memiliki kapasitas rawat inap sebanyak 50 kamar, dan sebagainya.
Kapasitas produksi tersebut ditentukan berdasarkan kapasitas sumber daya yang dimiliki antara lain : kapasitasi mesin, kapasitas tenaga kerja, kapasitas bahan baku, kapasitas modal. Kapasitas produksi juga berkaitan erat dengan skedul atau jadwal produksi yang tertuang dalam jadwal produksi induk (master production shedule), karena jadwal produksi induk mencerminkan apa dan berapa yang harus diproduksi dalam jangka waktu tertentu.

5.      Produksi Dengan Banyak Pabrik
Produksi dengan banyak pabrik merupakan salah satu strategi dari Perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan namun terkadang produksi dengan banyak pabrik juga dapat mengalami kerugian jika tidak sesuai dengan permintaan dan penawaran. Produksi dengan banyak pabrik menguntungkan jika produk yang dihasilkan memiliki permintaan yang banyak atau tinggi di masyarakat sehingga suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak efektif jika diproduksi oleh satu pabrik saja maka dari itu diperlukan banyak pabrik untuk memproduksi produk tersebut, biasanya yang memproduksi dengan banyak pabrik adalah industri-industri besar. Terdapat kelemahan dan kelebihan jika melakukan produksi dengan banyak pabrik.
*      Kelebihan dari produksi dengan banyak pabrik yaitu:
1.      Dapat menampung jumlah karyawan lebih banyak
2.      Pendapatan laba atau keuntungan yang lebih banyak
3.      Produksi yang dihasilkan lebih banyak
4.      Gaji yang diberikan cukup besar
5.      Mesinnya lebih modern dan canggih
6.      Membantu perekonomian karyawan
7.      Tenaga kerja yang digunakan merupakan tenaga kerja yang handal dan terdidik
8.      Pengerjaan produksi lebih cepat selesai
9.      Tempatnya lebih luas
10.  Hasil produksi yang berkualitas tinggi
11.  Memiliki peraturan hukum yang sangat tegas
12.  Mengurangi pengangguran masyarakat
13.  Meningkatkan perekonomian Negara
14.  Membantu meningkatkan kemakmuran Negara
15.  Memiliki Kesatuan manajemen yang baik
*      Selain memiliki kelebihan-kelebihan ada juga kelemahan dari produksi dengan banyak pabrik yaitu:
1.      Biaya atau modal yang dikeluarkan sangat besar
2.      Sulitnya bahan baku karena sebagian besar bahan baku yang digunakan merupakan bahan baku yang tidak bias diperbaharui
3.      Menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan
4.      Resiko yang akan terjadi lebih besar
5.      Tidak mudah dalam mengatur karyawannya karena jumlahnya yang sangat banyak
6.      Menjadi sasaran terror
7.      Merusak lahan hijau untuk dijadikan industry
8.      Kesatuan organisasi yang tidak teratur
9.      Tanggung jawab pemilik tidak terbatas
10.  Kelangsungan usaha kurang terjamin
11.  Rahasia perusahaan kurang terjamin karena adanya banyak pimpinan yang mengetahuinya
12.  Tidak adanya kepuasan pribadi
13.  Seluruh laba atau keuntungan tidak sepenuhnya menjadi miliknya
14.  Kena Pajaknya lumayan besar
15.  Pendiriannya lebih sulit

6.      Skala Ekonomis dan Tidak Ekonomis

Dalam periode produksi jangka panjang ada kecenderungan bahwa pada tingkat permulaan dengan semakin diperluasnya skala usaha akan meningkatkan efisiensi usaha, tetapi mulai titik tertentu perluasan usaha yang lebih lanjut akan berakibat semakin menurunnya efisiensi usaha secara keseluruhan. Skala usaha di mana tingkat efisiensi perusahaan mencapai nilai tertinggi disebut dengan skala usaha yang optimal (optimum scale of plant).Skala usaha yang optimal secara grafis terlihat pada saat kurva biaya total per satu unit output jangka panjang (LRAC) mencapai nilai minimum. Jumlah output di mana LRAC mencapai nilai minimum disebut tingkat output optimal (optimum rate of output).
1.      Skala Ekonomis
Skala kegiatan produksi jangka panjang dikatakan bersifat mencapai skala ekonomis apabila pertambahan produksi menyebabkan biaya produksi rata-rata menjadi semakin rendah. Produksi yang semakin tinggi menyebabkan perusahaan menambah kapasitas produksi, dan pertambahan kapasitas ini menyebabkan kegiatan produksi bertambah efisien. Pada kurva LRAC keadaan ini ditunjukkan oleh bagian kurva yang semakin menurun apabila produksi bertambah.
Beberapa faktor penting yang menimbulkan skala ekonomi adalah :
a.       Spesialisasi Faktor – Faktor Produksi
b.      Pengurangan Harga Bahan Mentah dan Kebutuhan Produksi Lain
c.       Memungkinkan Produk Sampingan (by – Products) Diproduksi
d.      Mendorong Perkembangan Usaha Lain
e.       Penggunaan intensif personil dengan keahlian tinggi yang lebih banyak dan penggunaan modal yang lebih banyak (misalnya dengan jadwal shift)
2.      Skala Tidak Ekonomis
Skala tidak ekonomis terjadi ketika ukuran perusahaan berlebihan.  Perusahaan memang bisa meningkatkan ukurannya untuk memperoleh keuntungan dari skala ekonomis, tetapi keuntungan menghilang ketika perusahaan mencapai ukuran tertentu.  Skala tidak ekonomi termasuk jangka panjang dan secara jelas harus dibedakan dari pendapatan yang semakin berkurang yang timbul dalam jangka pendek.  Seringkali diperdebatkan bahwa skala tidak ekonomi adalah jarang - sesungguhnya jika – diamati dalam industri karena perusahaan akan kembali memotong ukuran mereka.
Beberapa kemungkinan penyebab skala tidak ekonomis adalah :
a.       Kesukaran pengendalian dan pengawasan 
b.      Pembuatan keputusan yang lamban sehubungan dengan kelebihan ukuran administrasi
c.       Kekurangan motivasi karyawan.
Perubahan dalam permintaan memiliki dampak yang berbeda jika terjadi pada jangka waktu yang berbeda pula. Pada jangka pendek, peningkatan permintaan meningkatkan harga dan membawa keuntungan, sementara turunnya permintaan akan menurunkan harga dan membawa kerugian. Tetapi, jika perusahaan dapat masuk atau keluar pasar dengan mudah, maka dalam jangka panjang jumlah perusahaan akan selalu berubah hingga tercapai keseimbangan utama ada keuntungan di pasar tersebut.

7.      Maksimalisasi Laba dan Penawaran
Keuntungan (laba) merupakan tujuan utama suatu pengusaha dalam menjalankan usahanya. Proses produksi dilaksanakan seefisien mungkin dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan. Bisnis adalah organisasi yang menghasilkan barang dan jasa, atau biasa disebut juga perusahaan. Bisnis atau perusahaan melakukan kegiatan operasional bertujuan untuk memaksimalkan profit dan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya. Setiap perusahaan berusaha untuk meraih keuntungan atau memperoleh profit semaksimal mungkin. Hal ini dikarenakan profit yang diperoleh digunakan sebagai modal dalam operasional perusahaan selanjutnya. Profit berkaitan dengan empat faktor yaitu demand (kebutuhan), potensial profit, market (pasar), dan revenue (pendapatan). Keempat faktor ini menunjang terjadinya opportunities (kesempatan).
Pada dasarnya, semua jenis perusahaan memiliki tujuan yang sama yaitu memaksimalisasi profit. Maksimalisasi profit bukanlah satu-satunya tujuan dalam perusahaan. Ada beberapa jenis perusahaan yang lebih mengambil profit dengan menekan penjualannya (hasil produksinya), ada pula yang memasukan unsur politik di dalam penentuan tingkat produksi yang akan dicapai. Jadi, setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam memaksimumkan profit yang akan diperolehnya. Tetapi tidak disangkal lagi setiap perusahaan memilki target dalam pencapaian keuntungan, dan tidak munafik bagi perusahaan bahkan berupaya memiliki target menaikan laba setinggi-tingginya
Efisiensi di bidang keuangan memberikan pengaruh pada operasi perusahaan, sehingga akan meningkatkan efisiensi operasional dan efisiensi investasi yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan profit perusahaan. Dengan menghasilkan profit, perusahaan dapat mempertahankan pertumbuhan perusahaannya sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain karena profit tersebut dapat ditanam kembali dan digunakan untuk mempertahankan atau meningkatkan pertumbuhannya.
Tujuan Perusahaan dalam Memaksimalkan Keuntungan (Laba)
Dalam teori ekonomi, pemisalan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahan adalah “mereka akan melakukan kegiatan memproduksi sampai kepada tingkat dimana keuntungan mereka mencapai  jumlah yang maksimum”.Berdasarkan kepada pemisalan ini dapat ditunjukkan pada tingkat kapasitas memproduksi yang bagaimana perusahaan akan menjalankan kegiatan usahanya. Laba yang dihasilkan tidak terlepas dari beberapa factor antara lain jumlah hasil produksinya, modal, dan total upah tenaga kerja.








III.             PENUTUP

1.      Kesimpulan
            Biaya Produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan pengusaha atau produsen untuk membeli faktor-faktor produksi dengan tujuan menghasilkan output atau produk. Faktor-faktor produksi itu sendiri adalah barang ekonomis (barang yang harus dibeli karena mempunyai harga) dan termasuk barang langka (scarce),sehingga untuk mendapatkannya membutuhkan pengorbanan berupa pembelian dengan uang. Jenis-Jenis Biaya produksi  : Biaya tetap (Fixed Cost) , Biaya Variabel (Variable Cost) , Biaya Semi Variable. Kapasitas adalah suatu tingkat keluaran, suatu kuantitas keluaran dalam periode tertentu, dan merupakan kuantitas tertinggi yang mungkin selama periode waktu itu. Skala ekonomis merupakan fenomena turunnya biaya produksi per unit dari suatu perusahaan yang terjadi bersamaan dengan meningkatnya jumlah produksi (output). Sedangkan Skala tidak ekonomis terjadi ketika ukuran perusahaan berlebihan. Maksimalisasi Laba(Keuntungan) dan Penawaran. Untuk meneruskan analisis sampai pada keuntungan maksimal kurva-kurva biaya ini menjelaskan hampir semua jenis perusahaan:

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Contoh Makalah Biaya Produksi [Lengkap]"

Oleg said...

Saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana layanan pendanaan Le_Meridian membantu saya dengan pinjaman 2.000.000,00 USD untuk membiayai proyek pertanian ganja saya, saya sangat berterima kasih dan saya berjanji untuk membagikan perusahaan pendanaan yang sah ini kepada siapa pun yang mencari cara untuk memperluas bisnisnya project.the company adalah perusahaan pendanaan UK / USA. Siapa pun yang mencari dukungan keuangan harus menghubungi mereka di lfdsloans@outlook.com Atau lfdsloans@lemeridianfds.com Bpk. Benjamin juga menggunakan whatsapp 1-989-394-3740 untuk mempermudah segala pemohon.

Postingan Populer