MUSIK PENGIRING TARI

2.5          MUSIK PENGIRING TARI

Musik pengiring adalah alat yang digunakan untuk mengiringi suatu tarian. Adapun fungsi musik dalam tarian, yaitu :
[  Memeri irama (membantu mengatur waktu)
Irama dalam tari yaitu pengaturan waktu atau tempo yang menentukan cepat lambatnya suatu rangkaian gerak dan saling mengisi dengan ruangan.
[   Memberi ilusi atau gambaran suasana
Dalam tari suasana atau ilusi berkaitan erat dengan watak tari. Contohnya watak halus atau luruh memerlukan suasana enang yang melambangkan kehalusan jiwa.
[   Membantu mempertegas ekspresi gerak
Dalam tarian terdapat tekanan-tekanan gerak yang diatur oleh tenaga. Gerak itu dipertegas oleh tekanan musik agar tiap-tiap bentuk gerak sampai ke seluruh bentuk tariannya agar nampak leih baik. Dan sebagai pengiringnya akan timbul dinamika (dinamika gerak).
[  Terangsang (membangkitkan ilham dalam diri penari
Perangsang disini maksudnya karawitan atau iringan dapat menambah atau memberi dorongan lebih semangat bagi si penari dalam membawakan tariannya dan juga rangsangan (karawitan/pengiringnya) dapat melahirkan gerak-gerak spontan dari variasi-variasi atau sering disebut dengan improvisasi.
Pada Tari Telek sendiri memakai iringan gamelan Tabuh Bebarongan. Tabuh ini diturunkan dari Semar Pegulingan dan mempergunakan laras slendro lima nada. Jika Semar Pegulingan mempergunakan trompong, Tabuh Bebarongan memakai gender rambat sebagai pengganti trompong tersebut. Instrumentasi Tabuh Bebarongan terdiri dari gender rambat, kempur, gangsa, klenang, kendang, kemong, penyacah, jegogan, dan rincik. Sedangkan repertoire dari gamelan Bebarongan mengambil lagu-lagu Semar Pegulingan, seperti Tabuh Gari, Jagul, Perong, Lasem, Bapang, dan Pelayon. Gamelan Tabuh Barungan yang mengiringi tari Telek  terdiri dari beberapa instrumen, yaitu:
ü  1 buah kempur
Kempur berfungsi sebagai pemberi tekanan gending pada hitungan tertentu.
ü  1 buah kempiung

ü  1 buah kendang wadon
Kendang berfungsi sebagai pemurba irama (mengatur irama gending).

ü  buah suling bebarongan
Suling berfungsi sebagai pemanis lagu dan dimainkan juga secara improvisasi pada bagian tertentu struktur bapang barong maupun pada bagian lainnya. 

ü  2 tungguh jegogan
Jegogan berfungsi sebagai pemangku lagu (pemegang melodi gending).

ü  1 buah gong

ü  1 buah   ceng ceng
Ceng ceng berfungsi sebagai instrumen yang dianggap peramu atau pemersatu instrumen lainnya sekaligus juga memberi aksen berupa angsel bersama kendang.

ü  2 tungguh gangsa
Gangsa berfungsi sebagai untuk memberi hiasan gending dengan bermain  polos  dan sangsih.

ü 2 tungguh jublag
Jublag berfungsi sebagai pemangku lagu (pemegang melodi gending).


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MUSIK PENGIRING TARI"

Postingan Populer