Biografi tokoh kemanusiaan [Bunda Teresa]



RESUME BIOGRAFI
“ Bunda Teresa ”


Bunda Teresa atau Agnes Gonxha Bojaxhiu (Gonxha berarti "kuncup mawar" atau "bunga kecil" di Albania) lahir pada tanggal 26 Agustus 1910 di Uskub, Kekaisaran Ottoman, India. Bunda Teresa adalah seorang biarawati Katolik Roma keturunan Albania dan berkewarganegaraan India yang mendirikan Misionaris Cinta Kasih di Kalkuta, India, pada tahun 1950. Selama lebih dari 45 tahun, ia melayani orang miskin, sakit, yatim piatu dan sekarat. Bunda Teresa juga membimbing ekspansi Misionaris Cinta Kasih yang pertama di seluruh India dan selanjutnya di negara lain. Setelah kematiannya, ia diberkati oleh Paus Yohanes Paulus II dan diberi gelar Beata Teresa dari Kalkuta.
Pada tahun 1955, ia membuka Nirmala Shisu Bhavan, sebagai perlindungan bagi yatim piatu dan remaja tunawisma. Pada 1970-an, ia menjadi terkenal di dunia internasional untuk pekerjaan kemanusiaan dan advokasi bagi hak-hak orang miskin dan tak berdaya. Misionaris Cinta Kasih terus berkembang sepanjang hidupnya dan pada saat kematiannya, ia telah menjalankan 610 misi di 123 negara, termasuk penampungan dan rumah bagi penderita HIV/AIDS, lepra dan TBC, program konseling untuk anak dan keluarga, panti asuhan, dan sekolah. Pemerintah, organisasi sosial dan tokoh terkemuka telah terinspirasi dari karyanya, namun tak sedikit filosofi dan implementasi Bunda Teresa yang menghadapi banyak kritik. Ia menerima berbagai penghargaan, termasuk penghargaan pemerintah India, Bharat Ratna (1980) dan Penghargaan Perdamaian Nobel pada tahun 1979. Ia merupakan salah satu tokoh yang paling dikagumi dalam sejarah. Sebelum ia meninggalkan dunia ini karena penyakit TBC niatnya tidak pernah surut untuk berbagi aktifitas kemanusiaan. Saat peringatan kelahirannya yang ke-100 pada tahun 2010, seluruh dunia menghormatinya dan karyanya dipuji oleh Presiden India, Pratibha Patil. Adapun penghargaan yang telah dicapai Bunda Teresa yaitu sebagai berikut :
1.      Tahun 1979, Bunda Teresa menerima penghargaan “John XXIII International Prize for Peace”. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Paus Paulus VI.
2.      Tahun 1979, Bunda Teresa menerima penghargaan “Good Samaritan di Boston”.
3.      Tahun 1972, Bunda Teresa menerima penghargaan “Pandit Nehru Prize”.
4.      Tahun 1973, Bunda Teresa menerima penghargaan “Templeton Prize” dari Pangeran Edinburgh.
5.      Tahun 1979, Bunda Teresa menerima hadiah Nobel Perdamaian. Hadiah uang sebesar $6.000 yang diperolehnya disumbangkan kepada masyarakat miskin di Kalkuta.
6.      Tahun 1985, Bunda Teresa mendirikan pusat rehabilitasi pertama agi korban AIDS di New York. Menyusul kemudian sejumlah rumah penampungan yang didirikan di San Fransisco dan Atlanta. Berkat upayanya ini, ia mendapatkan Medal of Freedom.

Hal yang dapat di teladani dari Tokoh Bunda Teresa.
Bunda Teresa adalah seorang wanita yang patut hidupnya dijadikan contoh yang terbaik dan motivasi untuk kepedulian kita terhadap sesame manusia. Bunda Teresa karena kemurahan hatinya untuk menolong orang-orang miskin ia banyak mendapatkan penghargaan dan Nobel di tahun 1979 walaupun Bunda tidak pernah mengharapkan penghargaan tersebut. Dari biografi di atas kita menyadari bahwa tidak akan ada sesuatu yang dapat berhasil dilakukan dengan tekun hingga membuahkan hasil apabila tidak pernah berasal dari hati yang penuh belas kasihan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita tidak perlu melakukannya dengan kekayaan namun kita melakukannya dengan hati dan kasih saying kita kepada orang tersebut.
Dengan mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Bunda Teresa kita bisa semakin dekat dengan Tuhan. Semakin banyak kita dapat menyayangi dan menolong orang lain semakin banyak pula pahala yang akan diterima.
                                                           

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Biografi tokoh kemanusiaan [Bunda Teresa] "

Postingan Populer