BAB I
PENDAHULUAN
Dalam
Masa Globalisasi sekarang ini kita dituntut untuk memiliki Tenaga Kerja yang
berkualitas dan dapat diandalkan, sehingga dapat berkompetisi dan tidak kalah
saing dengan tenaga kerja asing yang berusaha di negeri kita.
Untuk
itu kita perlu meningkatkan pengembangan diri dan menciptakan tenaga kerja yang
siap memasuki dunia global, dan dapat bersaing dengan tenaga kerja asing. Salah
satu usaha penulis untuk meningkatkan kualitas diri, pengalaman serta mengembangkan
keterampilan dan kemampuan yang nantinya akan berguna di masa depan adalah
dengan mengikuti Job Training di Harrads Hotel and SPA ini.
Penulis
sangat bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program Job training
ini selama kurang lebih 3 bulan, terhitung mulai dari tanggal 01 Juni 2013
sampai dengan 31 Agustus 2013, di Food and Beverage Product Department,
sehingga penulis dapat mempraktikkan langsung teori-teori yang telah didapatkan
di sekolah.
Oleh
karena itu pada kesempatan ini penulis ingin mengulas kembali apa saja yang
telah didapatkan dari Harrads Hotel and SPA selama masa Job Training khususnya
di bagian Food and Beverage Product Department. Sebelumnya penulis akan
menjabarkan tentang Latar Belakang Penulisan Laporan dan Tujuan dari Penulisan
Laporan.
1.1 Latar Belakang Penulisan Laporan
Negara Indonesia kaya
akan seni dan budaya yang beraneka ragam dan ini menjadi aset utama bagi dunia
industri pariwisata Indonesia pada umumnya dan Bali pada khususnya.
Sehubungan dengan
adanya peristiwa peledakan bom yang baru-baru ini terjadi di Kuta-Jimbaran pada
tanggal 12 Oktober 2002 yang mengakibatkan kunjungan wisatawan ke Bali menurun
hal ini berdampak langsung terhadap dunia pariwisata khususnya hotel,
restaurant, travel, dan lain-lain.
Maka dari itu untuk
meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun domestik
diperlukan usaha-usaha secara continue dari pihak swasta dan pihak pemerintah.
Di samping itu, rakyat Indonesia juga perlu berpartisipasi untuk memperbaiki
citra pariwisata Indonesia di mata dunia Internasional.
Selain memperbaiki citra
pariwisata, keamanan dalam Negara, juga harus ditingkatkan dan diperhatikan
bisa dipastikan industri pariwisata di Indonesia pada umumnya dan Bali pada
khususnya akan kembali pada keadaan normal atau bahkan bisa juga bertambah maju
daripada sebelumnya
1.2
Tujuan
Penulisan Laporan
Adapun tujuan yang didapat dengan penulisan laporan ini adalah untuk :
1.
Sebagai salah satu syarat kelulusan penulis di sekolah
maupun di Harrads Hotel and SPA.
2.
Sebagai bahan referensi untuk adik kelas, maupun
trainee-trainee berikutnya.
3.
Menambah Pengalaman dan Ilmu yang baru di masa depan,
terutama di dunia Perhotelan.
4.
Sebagai bahan untuk merekoleksi diri, kesalahan apa
saja yang telah diperbuat selama Job Training, sehingga tidak terulang lagi di
kemudian hari.
1.3
Manfaat
Penulisan Laporan :
Adapun manfaat yang didapat dengan penulisan laporan ini adalah :
a.
Memiliki pengalaman kerja untuk bekal di masa depan
b.
Memiliki wawasan dan keterampilan dengan masyarakat luas
di bidang pariwisata
c.
Sebagai pedoman bagi adik-adik kelas yang ingin
mengetahui pelaksanaan on the job training.
BAB II
PEMBAHASAN
Dalam bab ini, saya akan menjabarkan tentang Seluk Beluk
Harrads Hotel and SPA secara keseluruhan.
2.1 Sejarah Harrads Hotel and SPA
Berawal dari keinginan Bapak Gede Anom
Santika sebagai Owner sekaligus Dirut dari PT. Embrio, untuk ikut memajukan
pariwisata di Bali dengan membangun Hotel, SPA dan club / discotheque, di Jalan
By Pass Ngurah Rai No. 888 Sanur, yang rencana awalnya akan dinamai Hotel
Embrio, namun dalam perjalanan diubah menjadi Hotel Genesis yang resmi
beroperasi mulai tanggal 12 September 2008 yang memiliki 76 kamar dengan
fasilitas spa, restaurant, lounge dan café (Blue Eyes).
Pada tanggal 16 Juni 2009, PT. Embrio
termasuk Genesis Hotel diambil alih oleh PT. Aldira Berkah Abadi Makmur yang
beralamat di Jl. Radio Dalam Raya, No. 5 – 7, Jakarta Selatan 12140 dan
dipimpin oleh Bapak Rudy Hartono Iskandar yang sebagai Dirut sekaligus pemilik
(Owner) dan pada tanggal 01 Januari 2010 secara resmi diubah namanya menjadi
Harrads Hotel & Spa.
2.2 Fasilitas Hotel
·
76 kamar terdiri dari
-
71 kamar superior
-
5 kamar suite
-
9 connecting room
·
Kamaratih Restaurant
·
Amanda Bar
·
Jempiring SPA (Jacuzzi & Saun)
·
Orange Meeting Room
·
Pool
·
Laundry & Dry clean
·
Hot Spot (Lounge, Restaurant,
suite room)
·
Dll
2.4. Jadwal
Kerja (Job Schedule)
Adapun shift yang dibuat untuk training di F & B Product adalah
sebagai berikut :
a.
Morning shift : 07.00 am – 15.00 pm
b.
Afternoon shift : 15.00 am – 23.00 pm
c.
Night Shift :
23.00 – 07.00 pm
2.5 Kegiatan
on The Job Training
Penulis melaksanakan on the job training di Harrad’s
hotel and spa selama 3 bulan, yaitu dari tanggal 01 Juni sampai 31 Agustus
2013. penulis ditempatkan di satu outlet selama 3 bulan yaitu di kitchen.
Harrad’s hotel and spa dibuka selama 24 jam. Adapun
pembagian shift kerja, yaitu:
a)
Shift pertama, mulai pukul 07.00 – 15.00
Tugas-tugas yang harus dilaksanakan, yaitu:
·
Mempersiapkan breakfast.
·
Mempriper kantin dan mempersiapkannya.
·
Melengkapi condiment dan menyiapkan
makanan-makanan yang harus disiapkan, seperti breads, dry cereal, dan hot
beverages.
·
Mengecek kembali kelengkapan makanan pada try.
·
Menjaga kantin
·
Membantu steward mengepel dan mencuci piring.
b)
Shift yang kedua, mulai pukul 15.00 – 23.00
Tugas-tugas yang harus dilakukan yaitu:
·
Mempriper untuk breakfast
·
Mempersiapkan kantin
·
Menjaga kantin
·
Menunggu pesanan tamu
·
Membersihkan kitchen
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Tidak terasa 3 bulan sudah penulis menjalankan
program Job Training di Harrads Hotel & SPA Bali yang berbasis bintang.
Banyak pengalaman dan pelajaran yang didapatkan, serta suka dan duka yang tidak
dapat dilupakan.
Sejak menjalani masa training di
Bali, banyak hal yang membuat perubahan yang baik didalam diri penulis.
Langsung terjun ke lapangan kerja, serta dapat berinteraksi dengan banyak
orang, membuat Penulis lebih memiliki sikap mandiri, dapat membedakan mana yang
baik dan yang tidak baik, lebih mudah untuk mengontrol emosi, bertanggung
jawab, memiliki sikap kedisiplinan, dan menumbuhkan rasa percaya diri kepada
penulis.
Selain itu, Penulis juga banyak
mendapatkan ilmu-ilmu dalam bidang Food and Beverage Product, yang nantinya
bisa digunakan dan diterapkan dalam dunia kerja dimasa yang akan datang.
Akhirnya penulis mengucapkan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Seluruh Staff di setiap Department,
kepada seluruh Staff di setiap Department, kepada seluruh Staff Food and
Beverage Department, kepada seluruh Staff Food and Beverage Product Department.
Dan khususnya kepada seluruh Staff di Banquete Kitchen, yang telah banyak
memberikan nasehat dan dukungan kepada Penulis selama 3 bulan ini.
Belum ada tanggapan untuk "Contoh Laporan Job Trainning di Hotel Harrad's Sanur"
Post a Comment