Contoh Laporan Job Training di Hotel Bali

BAB I
PENDAHULUAN

1.1            Latar Belakang Penyusunan Laporan
Negara Indonesia kaya akan senia dan budaya yang beraneka ragam dan ini menjadi asset utama bagi dunia industri pariwisata Indonesia pada umumnya dan Bali pada khususnya.
Sehubungan dengan adanya peristiwa peledakan bom yang baru-baru ini terjadi di Kuta-Jimbaran pada tanggal 12 Oktober 2002 yang mengakibatkan kunjungan wisatawan ke Bali menurun hal ini berdampak langsung terhadap dunia pariwisata khususnya hotel, restaurant, travel, dan lain-lain.
Maka dari itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun domestik diperlukan usaha-usaha secara continue dari pihak swasta dan pihak pemerintah. Di samping itu, rakyat Indonesia juga perlu berpartisipasi untuk memperbaiki citra pariwisata Indonesia di mata dunia Internasional.
Selain memperbaiki citra pariwisata, keamanan dalam Negara, juga harus ditingkatkan dan diperhatikan bisa dipastikan industri pariwisata di Indonesia pada umumnya dan Bali pada khususnya akan kembali pada keadaan normal atau bahkan bisa juga bertambah maju daripada sebelumnya.

1.2              Tujuan Dan Manfaat Penulisan Laporan
Laporan ini dibuat dengan tujuan agar nantinya dapat dijadikan bahan sejauh mana hasil yang telah didapat selama mengikuti on the job trainee di Hotel TamuKami. Adapun tujuan dari penyusunan laporan ini antara lain sebagai berikut:
·         Sebagai bahan pembanding antara apa yang didapat di sekolah dengan apa yang di dapat selama mengikuti on the job trainee.
·         Sebagai salah satu syarat dalam pengambilan sertifikat.
·         Guna mengukur sejauh mana pengalaman yang telah didapat di lapangan ke dalam bentuk tulisan.
Manfaat penulisan laporan yaitu untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan kerjasama dengan orang lain dalam satu lingkungan di sebuah perusahaan di dalam bekerja nantinya.

BAB II
GAMBARAN UMUM MENGENAI HOTEL DAN RESTAURANT

2.1              Pengertian Hotel
Dilihat dari asal katanya “Hotel” berasal dari kata latin “Hospes” yang mempunyai pengertian untuk menunjukkan orang asing yang menginap di rumah seseorang(teman, kenalan, atau orang yang dihormati). Kemudian dalam perkembangannya kata Hospes menjadi “Hotel” dalam bahasa Perancis, dan seterusnya menjadi “Hotel” dengan pengertian sebagai rumah penginapan.
Jadi, disimpulkan hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang menyediakan fasilitas pelayanan, penginapan, makanan, minuman serta jasa lainnya untuk umum yang tinggal sementara waktu dan dikelola secara komersi.

2.2              Pengertian Restaurant
Restaurant merupakan bagian yang penting dalam dunia pariwisata, khususnya hotel yang bukan hanya sebagai sarana pelengkap dalam rangkamemberikan pelayanan makanan dan minuman pada tamu yang menginap di hotel maupun luar area.
Dari hal tersebut, maka restaurant dapat didefinisikan sebagai suatu tempat pelanggan atau costomer puas dan merasa senang.

BAB III
GAMBARAN UMUM HOTEL TAMUKAMI

3.1              Sejarah Berdirinya Hotel TamuKami
Hotel TamuKami merupakan hotel yang dikatakan baru berdiri di kawasan Sanur- Bali, yang tepatnya berdirinya pada tanggal 10 April 1999. Pemilik Hotel TamuKami ialah dua orang suami istri wisatwan asing berkebangsaan Belgia yag bernama “ Mr. Eugeen De Geest dan Mrs. Suzane De Ridder”. Setiap tahunnya mereka datang ke Bali untuk berlibur, setelah beberapa kali melakukan kunjungan ke Bali, mereka akhirnya memutuskan untuk menetap dan membuka usaha perhotelan di Bali. Kemudian mereka menemukan lokasi yang strategis untuk mendirikan hotel, yaitu tepatnya di depan Hotel Lataverna. Tempat tersebut dulunya ialah tanah kosong yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang kurang lebih luasnya 30 are, kemudian tanah itu dikontrak oleh wisatawan asing tersebut dan dibangun Hotel TamuKami.

3.2              Lokasi Hotel TamuKami
Hotel TamuKami berlokasi di kawasan Sanur-Bali di daerah Pariwisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan asing. Diman Hotel TamuKami memiliki tempat yang strategis menghadap kea rah timur, di pinggir jalan dan dekat dengan pantai. Kira-kira 150 meter dari pantai Sindhu, jika ditempuh dari Bandara Ngurah Rai- Tuban, jaraknya kira-kira 8 kilometer dengan waktu kurang lebih 20 menit dengan menggunakan taksi atau mobil Hotel TamuKami secara lengkap beralamat : Jalan Danau Tamblingan No. 64 X, Sanur, 80228, Bali-Indonesia.
            Phone              : 62-361-282510
            Fax                  : 62-361-282520
            E-mail address            : tamukami@indosat.net.id
            Web site          : www.tamukami.com
            Adapun batasan-batasan Hotel TamuKami, sebagai berikut :
a         Sebelah Utara              : Perumahan Penduduk
b        Sebelah Timur             : Hotel Lataverna
c         Sebelah Selatan           : Restaurant Figaro
d        Sebelah Barat              : Jalan Pungutan, Br. Sindhu Kelod

3.4              Fasilitas Hotel TamuKami
Hotel TamuKami memiliki fasilitas hotel ini mempunyai 20 kamar dengan keistimewaaannya masing-masing diantaranya terdiri dari :
z  1 TamuKami suite       : US $ 160.000 per night
z  2 Family room             : US $ 140.000 per night
z  6 Bungalow suite        : US $ 120.000 per night
z  Superior                       : US $ 80.000 per night
Fasilitas tersedia di kamar ; Air Conditioner(AC), Telephone, Televisi, Mini Bar, Komputer dan Internet, jika ada permainan.
Selain itu Hotel TamuKami juga menyediakan fasilitas-fasilitas lainnya yaitu sebagai berikut :
1.      Fasilitas
Hotel TamuKami mempuyai satu swimming pool yang terletak di tengah-tengah area hotel.
2.      Restaurant
Hotel TamuKami memiliki restaurant, yang bernama “Alise’s Restaurant”, dimana restaurant ini dibuka mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 11 malam yang melayani breakfast, lunch, dan dinner. Alise’s Restaurant mempunyai kapasitas kurang lebih 50 tempat duduk. Selain itu disini juga menyediakan berbagai jenis menu, antara lain :
a         Menu Breakfast
¯  American Breakfast
¯  Continental
¯  Indonesia
b        Menu Lunch and Dinner
¯  Appetizer
¯  Soup
¯  Main course
¯  Indonesia food
¯  Chenese food
¯  Western food
¯  Dessert
3.      Bar
Caesar’s Bar terletak bersebelahan dengan Alise’s Restaurant dan satu-satunya Bar yang ada di Hotel TamuKami, bentuknya hamper menyerupai lingkaran sehingga memiliki ruang untuk tamu duduk di Bar counter. Bar ini menyediakan berbagai jenis minuman antara lain :
a.          Non alcoholic beverage
Ä  Soft drink

Ä  Juice
Ä  Coffe or tea
Ä  Mineral water
b.         Alkoholic Beverage
Ä  Beer
Ä  Wine
Ä  Spirits
Ä  Leguer
c            Mixed Drink
Ä  Cocktail
Ä  Collin
Ä  Sushes
Fasilitas pelayanan lainnya :
o   Massage
o   Manicure and pedicure
o   Supply of bussines information
o   Organization of bussines meeting
o   Etc.

BAB IV
KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN

4.1                    Tugas-Tugas Dalam Training
Dalam operasional restaurant, khususnya kitchen seorang cook helper memiliki dua shift (jam kerja) yaitu :
      Morning shift  : 07.00 – 15.00 Wita
      Evening shift  : 15.00 – 23.00 Wita
      Untuk masing- masing shift, para cook helper bekerja selama 8 jam/hari, dimana 1 jam istirahat dan 7 jam kerja. Sebagai trainee kita memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan suatu kegiatan selama training, yaitu antara lain :
1.      Bertugas dan bertanggung jawab atas appetizer dan dessrt.
2.      Bertugas menyelesaikan order appetizer dan dessert.
3.      Memberikan pelayanan hygine dan sanitasi baik pada bahan makanan ataupun pada diri.

Uraian tugas selama masa training  :
Tugas pagi mornig shift
1.         Sebelum memulai untuk kerja, kita harus membaca log book.
2.         Prepared for breakfast.
3.         Prepared for lunch.
4.         Membuat makanan karyawan.
5.         Clear – up.
6.         Istirahat selama 1 jam.

Tugas sore atau evening shift  :
1.      Pertama membaca log book.
2.      Prepare stok bahan (men – chopped parsley, garlic, onion).
3.      Prepare maincourse.
4.      Menyiapkan makanan karyawan.
5.      Menyimpan / mengemas stok bahan.
6.      Istirahat 1 jam.
7.      Mengupas bumbu (onion, garlic).
8.      Prepared saos for main course.
9.      Prepared salt & papper shaker.
10.  Clear – up.

4.2                    Kendala-kendala yang dihadapi selama Praktik Kerja Lapangan
Dalam melaksanakan  praktik kerja lapangan ada beberapa kendala yang penulis hadapi yang sedikit banyaknya dapat menghambat jalannya program yang sedang penulis kerjakan seperti :
o   Kurangnya penguasaan teknik pengolahan bahan makanan.
o   Kurangnya pengetahuan menu yang ada di restaurant.
o   Pengaturan waktu agar pekerjaan selesai tepat pada waktunya.
Tetapi karena adanya bantuan dari para staf hotel khususnya staf food and beverage product, penulis dapat melaksanakan dan mengerjakan tugas dengan baik.

4.3                    Kebersihan dalam Praktik Lapangan (PKL)
Di samping kendala – kendala yang dihadapi, penulis juga memperoleh keberhasilan saat melaksanakan praktik kerja lapangan, yaitu  :
§  Bertambahnya wawasan tentang perindustrian pariwisata khususnya hotel dan restaurant.
§  Dapat mengetahui bagaimana cara pengolahan makanan.
§  Dapat membiasakan diri bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
§  Bisa belajar mandiri dan mengetahui tata cara pengolahan makanan.
§  Dapat bersosialisasi dengan para staf dan para tamu serta masyarakat di sekitar hotel.

BAB IV
PENUTUP

5.1              Kesimpulan
Berdasarkan atas apa yang penulis terima selama melaksanakan on the job training 5 bulan di Hotel TamuKami, maka dari itu penulis dapat menarik kesimpulan yaitu :
è Hotel merupakan tempat bagi para trainee untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan skill kerja sehingga siap memasuki dunia kerja pariwisata di masa yang akan datang.
è Hotel juga merupakan tempat untuk mennerapkan teori yang diperoleh di sekolah  sehingga penulis dapat memperbandingkannya di hotel.
è Sebagai seorang cook helper harus memiliki keahlian/keterampilan terutama dalam bekerja.
è Seorang cook helper harus mempunyai tanggung jawab terhadap tugas/pekerjaan yang diserahkan oleh supervisior / para staf F & B Product.

5.2              Saran – Saran
1.                  Terhadap hotel
ü    Tingkatkan kerja sama antara para staf di Hotel TamuKami.
ü    Bagi para stf maupun senior agar dalam memberikan pengajaran lebih sabar.
ü    Bagi para staf dan senior di Hotel TamuKami, agar selalu mempertahankan semangat kerja dan sikses selalu.

5.3              Kesan – Kesan
Selama penulis melaksanakan PSG (Pendidikan Sistem Ganda) di Hotel TamuKami, penulis sangat bangga dan bersyukur , dikarenakan penulis mendapatkan banyak pelajaran yang diberikan oleh semua staf Hotel Tamukami. Selain itu juga penilis mendapat banyak pengalaman baru, baik itu dalam bekerja maupun bersosialisasi. Tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada para senior dan staf di Hotel TamuKami.



INFORMASI TERBARU!!!
SAYA PEMILIK BLOG JUNIA PURNAMI
MENJUAL PRODUK TIENS INTERNASIONAL (Produk Aman. Herbal Alami, Tanpa Efek Samping)
Berdiri Tahun 1995 masuk Indonesia tahun 2000
Penghargaan Nasional dan Internasional
MENJUAL PRODUK:
1. Suplemen Kesehatan-Seri Pembersih : 
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=1
2. Suplemen Kesehatan- Seri Penyeimbang
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=2
3. Suplemen Kesehatan Kesehatan – Seri Penguat
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=3
4. Alat Kesehatan
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=4
5. Perawatan Rumah Tangga
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=5
6. Perawatan Pribadi
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=6
7. Lainnya-Produk Otomatf
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=7
8. Lainnya- Kebutuhan Pertanian
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=8

PENJUALAN PRODUK TER-FAVORIT :
1.      PAKET PENINGGI --> Klik Link Berikut ini : http://purnamiap.blogspot.co.id/2016/01/cara-alami-meninggikan-badan-1-bulan.html
2.PAKET PELANGSING--> Klik Link Berikut ini :
3.      PAKET PENGGEMUK --> Klik Link Berikut ini :
4.      KECANTIKAN/AWET MUDA : untuk masalah jerawat, flek hitam, alergi, merapakatkan vagina(lebih keset). --> Klik Link Berikut ini :
5.      MASKER SPIRULINA : untuk mencerahkan, mencegah & mengatasi jerawat, flek &komedo, memperhalus tekstur kulit, mengencangkan, mengatasi kulit kering, --> Klik Link Berikut ini :
6.      PAKET KESEHATAN LAINNYA(Ambeien, Asam Urat, Diabetes, Jantung, Ginjal, Tumor, Kista, Maag, Rheumatik, DLL)--> Klik Link Berikut ini :

Untuk konsultasi dan pemesanan PRODUK atau ALAT TIENS, bisa langsung hubungi :


Pin       : 5ACD2848
LINE   : Junia_Purnami
No HP :085792183682 & 085938355970
Facebook : Junia Purnami

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Laporan Job Training di Hotel Bali"

Postingan Populer