BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penyusunan Laporan
Negara Indonesia kaya
akan senia dan budaya yang beraneka ragam dan ini menjadi asset utama bagi
dunia industri pariwisata Indonesia pada umumnya dan Bali pada khususnya.
Sehubungan dengan
adanya peristiwa peledakan bom yang baru-baru ini terjadi di Kuta-Jimbaran pada
tanggal 12 Oktober 2002 yang mengakibatkan kunjungan wisatawan ke Bali menurun
hal ini berdampak langsung terhadap dunia pariwisata khususnya hotel,
restaurant, travel, dan lain-lain.
Maka dari itu untuk
meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun domestik
diperlukan usaha-usaha secara continue dari pihak swasta dan pihak pemerintah.
Di samping itu, rakyat Indonesia juga perlu berpartisipasi untuk memperbaiki
citra pariwisata Indonesia di mata dunia Internasional.
Selain memperbaiki
citra pariwisata, keamanan dalam Negara, juga harus ditingkatkan dan
diperhatikan bisa dipastikan industri pariwisata di Indonesia pada umumnya dan
Bali pada khususnya akan kembali pada keadaan normal atau bahkan bisa juga
bertambah maju daripada sebelumnya.
1.2 Tujuan
Dan Manfaat Penulisan Laporan
Laporan ini dibuat
dengan tujuan agar nantinya dapat dijadikan bahan sejauh mana hasil yang telah
didapat selama mengikuti on the job
trainee di Hotel TamuKami. Adapun tujuan dari penyusunan laporan ini antara
lain sebagai berikut:
·
Sebagai bahan pembanding antara apa yang
didapat di sekolah dengan apa yang di dapat selama mengikuti on the job trainee.
·
Sebagai salah satu syarat dalam
pengambilan sertifikat.
·
Guna mengukur sejauh mana pengalaman
yang telah didapat di lapangan ke dalam bentuk tulisan.
Manfaat penulisan laporan yaitu untuk
menambah pengetahuan, pengalaman dan kerjasama dengan orang lain dalam satu
lingkungan di sebuah perusahaan di dalam bekerja nantinya.
BAB II
GAMBARAN UMUM MENGENAI HOTEL DAN RESTAURANT
2.1 Pengertian
Hotel
Dilihat dari asal
katanya “Hotel” berasal dari kata latin “Hospes”
yang mempunyai pengertian untuk menunjukkan orang asing yang menginap di rumah
seseorang(teman, kenalan, atau orang yang dihormati). Kemudian dalam
perkembangannya kata Hospes menjadi
“Hotel” dalam bahasa Perancis, dan seterusnya menjadi “Hotel” dengan pengertian
sebagai rumah penginapan.
Jadi, disimpulkan hotel
adalah salah satu jenis akomodasi yang menyediakan fasilitas pelayanan,
penginapan, makanan, minuman serta jasa lainnya untuk umum yang tinggal
sementara waktu dan dikelola secara komersi.
2.2 Pengertian
Restaurant
Restaurant merupakan
bagian yang penting dalam dunia pariwisata, khususnya hotel yang bukan hanya
sebagai sarana pelengkap dalam rangkamemberikan pelayanan makanan dan minuman
pada tamu yang menginap di hotel maupun luar area.
Dari hal tersebut, maka
restaurant dapat didefinisikan sebagai suatu tempat pelanggan atau costomer
puas dan merasa senang.
BAB III
GAMBARAN UMUM HOTEL TAMUKAMI
3.1 Sejarah
Berdirinya Hotel TamuKami
Hotel TamuKami
merupakan hotel yang dikatakan baru berdiri di kawasan Sanur- Bali, yang
tepatnya berdirinya pada tanggal 10 April 1999. Pemilik Hotel TamuKami ialah
dua orang suami istri wisatwan asing berkebangsaan Belgia yag bernama “ Mr.
Eugeen De Geest dan Mrs. Suzane De Ridder”. Setiap tahunnya mereka datang ke
Bali untuk berlibur, setelah beberapa kali melakukan kunjungan ke Bali, mereka
akhirnya memutuskan untuk menetap dan membuka usaha perhotelan di Bali.
Kemudian mereka menemukan lokasi yang strategis untuk mendirikan hotel, yaitu
tepatnya di depan Hotel Lataverna. Tempat tersebut dulunya ialah tanah kosong
yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang kurang lebih luasnya 30 are,
kemudian tanah itu dikontrak oleh wisatawan asing tersebut dan dibangun Hotel
TamuKami.
3.2 Lokasi
Hotel TamuKami
Hotel TamuKami
berlokasi di kawasan Sanur-Bali di daerah Pariwisata yang ramai dikunjungi oleh
wisatawan asing. Diman Hotel TamuKami memiliki tempat yang strategis menghadap
kea rah timur, di pinggir jalan dan dekat dengan pantai. Kira-kira 150 meter
dari pantai Sindhu, jika ditempuh dari Bandara Ngurah Rai- Tuban, jaraknya
kira-kira 8 kilometer dengan waktu kurang lebih 20 menit dengan menggunakan
taksi atau mobil Hotel TamuKami secara lengkap beralamat : Jalan Danau
Tamblingan No. 64 X, Sanur, 80228, Bali-Indonesia.
Phone : 62-361-282510
Fax :
62-361-282520
E-mail address : tamukami@indosat.net.id
Web site : www.tamukami.com
Adapun batasan-batasan Hotel
TamuKami, sebagai berikut :
a
Sebelah Utara : Perumahan Penduduk
b
Sebelah Timur : Hotel Lataverna
c
Sebelah Selatan : Restaurant Figaro
d
Sebelah Barat : Jalan Pungutan, Br. Sindhu Kelod
3.4 Fasilitas
Hotel TamuKami
Hotel TamuKami memiliki
fasilitas hotel ini mempunyai 20 kamar dengan keistimewaaannya masing-masing
diantaranya terdiri dari :
z 1
TamuKami suite : US $ 160.000 per
night
z 2
Family room : US $ 140.000 per
night
z 6
Bungalow suite : US $ 120.000 per
night
z Superior : US $ 80.000 per night
Fasilitas tersedia di kamar ; Air
Conditioner(AC), Telephone, Televisi, Mini Bar, Komputer dan Internet, jika ada
permainan.
Selain itu Hotel TamuKami juga
menyediakan fasilitas-fasilitas lainnya yaitu sebagai berikut :
1. Fasilitas
Hotel TamuKami mempuyai satu swimming
pool yang terletak di tengah-tengah area hotel.
2. Restaurant
Hotel TamuKami memiliki restaurant, yang
bernama “Alise’s Restaurant”, dimana restaurant ini dibuka mulai dari pukul 7
pagi sampai pukul 11 malam yang melayani breakfast, lunch, dan dinner. Alise’s
Restaurant mempunyai kapasitas kurang lebih 50 tempat duduk. Selain itu disini
juga menyediakan berbagai jenis menu, antara lain :
a
Menu Breakfast
¯ American
Breakfast
¯ Continental
¯ Indonesia
b
Menu Lunch and Dinner
¯ Appetizer
¯ Soup
¯ Main
course
¯ Indonesia
food
¯ Chenese
food
¯ Western
food
¯ Dessert
3. Bar
Caesar’s Bar terletak bersebelahan
dengan Alise’s Restaurant dan satu-satunya Bar yang ada di Hotel TamuKami,
bentuknya hamper menyerupai lingkaran sehingga memiliki ruang untuk tamu duduk
di Bar counter. Bar ini menyediakan berbagai jenis minuman antara lain :
a.
Non alcoholic beverage
Ä
Soft drink
Ä
Juice
Ä
Coffe or tea
Ä
Mineral water
b.
Alkoholic Beverage
Ä Beer
Ä Wine
Ä Spirits
Ä Leguer
c
Mixed Drink
Ä Cocktail
Ä Collin
Ä Sushes
Fasilitas
pelayanan lainnya :
o
Massage
o
Manicure and pedicure
o
Supply of bussines information
o
Organization of bussines meeting
o
Etc.
BAB IV
KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
4.1
Tugas-Tugas
Dalam Training
Dalam operasional
restaurant, khususnya kitchen seorang cook helper memiliki dua shift (jam
kerja) yaitu :
Morning shift : 07.00 – 15.00 Wita
Evening shift : 15.00 – 23.00 Wita
Untuk masing- masing shift, para cook helper bekerja selama 8
jam/hari, dimana 1 jam istirahat dan 7 jam kerja. Sebagai trainee kita memiliki
tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan suatu kegiatan selama training,
yaitu antara lain :
1. Bertugas
dan bertanggung jawab atas appetizer dan dessrt.
2. Bertugas
menyelesaikan order appetizer dan dessert.
3.
Memberikan pelayanan hygine dan sanitasi
baik pada bahan makanan ataupun pada diri.
Uraian tugas selama
masa training :
Tugas pagi mornig shift
1.
Sebelum memulai untuk kerja, kita harus
membaca log book.
2.
Prepared for breakfast.
3.
Prepared for lunch.
4.
Membuat makanan karyawan.
5.
Clear – up.
6.
Istirahat selama 1 jam.
Tugas sore atau evening
shift :
1.
Pertama membaca log book.
2.
Prepare stok bahan (men – chopped
parsley, garlic, onion).
3.
Prepare maincourse.
4.
Menyiapkan makanan karyawan.
5.
Menyimpan / mengemas stok bahan.
6.
Istirahat 1 jam.
7.
Mengupas bumbu (onion, garlic).
8.
Prepared saos for main course.
9.
Prepared salt & papper shaker.
10.
Clear – up.
4.2
Kendala-kendala
yang dihadapi selama Praktik Kerja Lapangan
Dalam melaksanakan praktik kerja lapangan ada beberapa kendala
yang penulis hadapi yang sedikit banyaknya dapat menghambat jalannya program
yang sedang penulis kerjakan seperti :
o
Kurangnya penguasaan teknik pengolahan
bahan makanan.
o
Kurangnya pengetahuan menu yang ada di
restaurant.
o
Pengaturan waktu agar pekerjaan selesai
tepat pada waktunya.
Tetapi karena adanya
bantuan dari para staf hotel khususnya staf food and beverage product, penulis
dapat melaksanakan dan mengerjakan tugas dengan baik.
4.3
Kebersihan
dalam Praktik Lapangan (PKL)
Di samping kendala –
kendala yang dihadapi, penulis juga memperoleh keberhasilan saat melaksanakan
praktik kerja lapangan, yaitu :
§ Bertambahnya
wawasan tentang perindustrian pariwisata khususnya hotel dan restaurant.
§ Dapat
mengetahui bagaimana cara pengolahan makanan.
§ Dapat
membiasakan diri bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
§ Bisa
belajar mandiri dan mengetahui tata cara pengolahan makanan.
§ Dapat
bersosialisasi dengan para staf dan para tamu serta masyarakat di sekitar
hotel.
BAB IV
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan atas apa
yang penulis terima selama melaksanakan on the job training 5 bulan di Hotel
TamuKami, maka dari itu penulis dapat menarik kesimpulan yaitu :
è Hotel
merupakan tempat bagi para trainee untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan
skill kerja sehingga siap memasuki dunia kerja pariwisata di masa yang akan
datang.
è Hotel
juga merupakan tempat untuk mennerapkan teori yang diperoleh di sekolah sehingga penulis dapat memperbandingkannya di
hotel.
è Sebagai
seorang cook helper harus memiliki keahlian/keterampilan terutama dalam
bekerja.
è Seorang
cook helper harus mempunyai tanggung jawab terhadap tugas/pekerjaan yang
diserahkan oleh supervisior / para staf F & B Product.
5.2 Saran
– Saran
1.
Terhadap hotel
ü Tingkatkan
kerja sama antara para staf di Hotel TamuKami.
ü Bagi
para stf maupun senior agar dalam memberikan pengajaran lebih sabar.
ü Bagi
para staf dan senior di Hotel TamuKami, agar selalu mempertahankan semangat
kerja dan sikses selalu.
5.3 Kesan
– Kesan
Selama penulis
melaksanakan PSG (Pendidikan Sistem Ganda) di Hotel TamuKami, penulis sangat
bangga dan bersyukur , dikarenakan penulis mendapatkan banyak pelajaran yang
diberikan oleh semua staf Hotel Tamukami. Selain itu juga penilis mendapat
banyak pengalaman baru, baik itu dalam bekerja maupun bersosialisasi. Tidak
lupa penulis ucapkan terima kasih kepada para senior dan staf di Hotel
TamuKami.
PENJUALAN PRODUK TER-FAVORIT :
INFORMASI TERBARU!!!
SAYA PEMILIK BLOG JUNIA PURNAMI
MENJUAL PRODUK TIENS INTERNASIONAL (Produk Aman. Herbal Alami, Tanpa Efek Samping)
MENJUAL PRODUK TIENS INTERNASIONAL (Produk Aman. Herbal Alami, Tanpa Efek Samping)
Berdiri Tahun 1995 masuk Indonesia tahun 2000
Penghargaan Nasional dan Internasional
MENJUAL PRODUK:
1. Suplemen Kesehatan-Seri Pembersih :
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=1
2. Suplemen Kesehatan- Seri Penyeimbang
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=2
3. Suplemen Kesehatan Kesehatan – Seri Penguat
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=3
4. Alat Kesehatan
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=4
5. Perawatan Rumah Tangga
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=5
6. Perawatan Pribadi
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=6
7. Lainnya-Produk Otomatf
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=7
8. Lainnya- Kebutuhan Pertanian
Lihat Produk di Link Berikut ini : http://m.tiens.co.id/PilihProduk.php?TIPE=8
PENJUALAN PRODUK TER-FAVORIT :
1. PAKET PENINGGI --> Klik Link Berikut ini : http://purnamiap.blogspot.co.id/2016/01/cara-alami-meninggikan-badan-1-bulan.html
2.PAKET PELANGSING--> Klik Link Berikut ini :
3. PAKET PENGGEMUK --> Klik Link Berikut ini :
4. KECANTIKAN/AWET MUDA : untuk masalah jerawat, flek hitam, alergi, merapakatkan vagina(lebih keset). --> Klik Link Berikut ini :
5. MASKER SPIRULINA : untuk mencerahkan, mencegah & mengatasi jerawat, flek &komedo, memperhalus tekstur kulit, mengencangkan, mengatasi kulit kering, --> Klik Link Berikut ini :
6. PAKET KESEHATAN LAINNYA(Ambeien, Asam Urat, Diabetes, Jantung, Ginjal, Tumor, Kista, Maag, Rheumatik, DLL)--> Klik Link Berikut ini :
Belum ada tanggapan untuk "Contoh Laporan Job Training di Hotel Bali"
Post a Comment