contoh paragraf deduktif dan induktif sesuai dengan EYD


Paragraf Deduktif
Kecelakaan Lalu Lintas oleh Remaja Batubelas
           
Kepala Satuan Lalu Lintas Kabupaten Klungkung menyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas didominasi oleh anak remaja yang di bawah umur 17 tahun. Kecelakaan yang dialami oleh siswa SMP dan SMA membuat para Polisi Lalu Lintas serempak mengadakan tilang di setiap jalan raya. Tindakan polisi tersebut akan meningkatkan kedisiplinan masyarakat akan aturan lalu lintas khususnya bagi remaja SMP dan SMA yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi(SIM).
Tingginya kecelakaan yang dialami oleh remaja batubelas dijelaskan berdasarkan Laporan Kepala Satuan Lalu Lintas di Kabupaten Klungkung yakni pelaku kecelakaan berdasarkan usia pada tahun 2012 adalah umur 10 s/d 15 tahun yang mengalami kecelakaan sebanyak 6 orang, umur 16 s/d 30 tahun sebanyak 50 orang, umur 31 s/d 40 tahun sebanyak 32 orang, dan umur 41 s/d 50 tahun sebanyak 16 orang. Selain pelaku kecelakaan pada tahun 2012 tersebut, di lihat dari tahun 2013 Korban Kecelakaan Lalu Lintas berdasarkan Pendidikan bulan September tahun 2013 yaitu dari Pendidikan SD yang mengalami kecelakaan sebanyak 12 orang, Pendidikan SMP sebanyak 23 orang, dan Pendidikan SMA sebanyak 63 orang.
Dari data tersebut diketahui bahwa 58 % siswa SMA mengalami kecelakaan per tahunnya. Pemerintah sudah menerapkan larangan membawa kendaraan ke sekolah, namun tetap saja ada siswa yang membawa kendaraan walaupun usia mereka masih belum mencukupi untuk berkendara. Selain itu banyak remaja ketika berkendara sambil menggunakan HP seperti  menerima telpon, menerima atau menulis pesan dan kebut-kebutan di jalan raya ketika berangkat ke sekolah. Hal ini menyebabkan kecelakaan lalu lintas oleh kaum remaja batubelas tak terhindarkan.


Paragraf Induktif

Menanggulangi Kecelakaan Lalu Lintas terhadap Remaja Batubelas

Peran keluarga dan sekolah sangat diharapkan oleh pemerintah untuk membina anak dari kecil hingga dewasa, agar mereka mengerti dan paham terhadap aturan berlalu lintas. Kewajiban orang tua adalah menanamkan rasa disiplin kepada anaknya dan patuh terhadap hukum yang berlaku. Terbinanya anak yang disiplin kelak saat mereka remaja tidak akan menimbulkan penyimpangan dalam hal berlalu lintas sehingga kecelakaan pun dapat dikurangi.
Memberikan pendidikan berlalu lintas  pada murid-murid sekolah merupakan solusi cerdas dan langkah yang strategis dalam upaya peningkatan keselamatan jalan. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa memberikan pendidikan berlalu lintas melalui komunitas sekolah ternyata paling efektif diantara upaya-upaya yang lain, khususnya upaya dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas, karena anak sekolah merupakan kelompok yang sangat berpotensial untuk menerima perubahan atau pembaruan. Pada taraf ini anak dalam kondisi peka terhadap stimulasi sehingga mudah dibimbing, diarahkan, dan ditanamkan kebiasaan-kebiasaan hidup untuk tertib berlalu lintas.
Peran pemerintah dalam mencegah kecelakaan lalu lintas harus tegas melaksanakan proses hukuman. Pemerintah harus menindak tegas siswa yang melakukan pelanggaran berlalu lintas, sehingga remaja batubelas akan semakin mengurungkan niatnya untuk membawa kendaraan bermotor ke sekolah. Dengan demikian, menanggulangi kecelakaan lalu lintas terhadap remaja batubelas dapat dilakukan dengan pendidikan dalam keluarga, sekolah dan pemerintah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "contoh paragraf deduktif dan induktif sesuai dengan EYD"

Postingan Populer