Sinopsis Tari Margapati


               Tari Margapati berasal dari kata (mrga = binatang, pati = raja) adalah sebuah tarian yang melukiskan gerak-gerak seekor raja hutan (singa) yang sedang berkelana di tengah hutan untuk memburu mangsanya. Tarian ini termasuk Tari Putra Keras .tari margapati diciptakan oleh I Nyoman Kaler pada tahun 1942. Tarian ini merupakan Tari Tunggal yang ditarikan oleh satu orang penari putra. Namun dalam hal ini Tari Margapati bisa di bawakan oleh perempuan.
Fungsi Tari Margapati
Tari Margapati dalam tari profan memiliki fungsi sebagai hiburan di masyarakat dan biasa dipentaskan dalam mengisi acara dalam upacara agama di Bali.

2.4.   Macam-Macam Gerak Tari Margapati        
A.    Macam-Macam Gerakan Kaki
Macam-macam gerakan kaki yang disebut “Gegajalan” pada tari Margapati terdiri dari berbagai bentuk seperti berikut :

1.      Gandang Arep                        =  Berjalan ke muka
2.      Gandang Uri               = Berjalan ke belakang
3.      Malpal                         =  Berjalan cepat
4.      Nyregseg                                 =  Bergeser cepat
B.     Macam-Macam Gerakan Tangan
Fungsi gerakan tangan disebut “pepiletan” dalam tari Margapati terdapat macam-macam yang sebagai berikut :
1.      Luk Nagasatru                        =  Haluan tangan berputar ke dalam
2.      Luk Nerudut               =  Haluan tangan seiring
C.    Macam-Macam Gerakan Jari
Fungsi gerakan jari disebut “tetanganan” yang terdiri dari berbagai macam tersebut di bawah ini
1.      Ulap-ulap                                =  Melambai-lambai
D.    Macam-Macam Gerakan Badan
Fungsi gerakan badan disebut “leluwesan” terdiri dari bermacam-macam gerakan seperti dibawah ini :
Ø  Ngejatpala                   =  Pangkal lengan bergetar

E.     Macam-Macam Gerakan Mimik
Fungsi gerakan mimik disebut “entiah-tjerengu” terdiri dari ber-macam macam bentuk sebagi tersebut di bawah ini :
·         Kenjungmanis =  tersenyum
F.     Macam-Macam Gerakan Leher     
Fungsi gerakan leher disebut “dedengkek” terdiri dari bermacam-macam bentuk sebagai tersebut di bawah ini :
1.      Uluwangsul     =  leher bergeleng halus
2.      Ngotag                        =  menggeleng gelengkan leher(keras)
G.    Gerakan Mata
©      Nyeledet(kanan/kiri)
©      Ngelier
2.5.     Kostum (Tata Busana) Tari Margapati
1.      Desain Kepala
-        Rambut diikat dengan agar tidak kelihatan.
-        Rambut yang sudah diikat dipakaikan destar.
-        Wajah rias dengan sebagus mungkin. Yang intinya mempertajam garis-garis muka supaya jelas kelihatan dari jarak yang jauh.
-        Memakai badong.
2.      Desain Badan
a.     Pakaian Dalam dari Tari Margapati
-        Tapih
-        Sabuk Stagen (panjangnya kurang lebih 8 m)
b.     Pakaian Luar dari Tari Margapati
-        Kamen Prade
-        Sabuk Prade
-        Gelang (Perak/imitasi)
Wastra danBadong

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Sinopsis Tari Margapati"

Widyastana said...

Om Swastyastu. Artikel yg bagus. Mohon ijin mengutip utk tugas mata pelajaran Seni Budaya.
Dari acara di TVRI Denpasar beberapa hari lalu, dijelaskan nama asli tarian ini adl Mrgapati spt yg sdh juga dijelaskan di blog ini. Memiliki makna kegagahan. Menurut presenter acara tsb,perubahan menjadi Margapati kemungkinan karena salah ucap.
Mari kita kembalikan ke nama aslinya, Mrgapati (diucapkan:mregapati atau mrigapati)

Junia Purnami said...

iya silakan, semoga bermanfaat..

Widyastana said...

Matur suksma

j2h♡ said...

jadi makna dari tarian ini apa? saya nyari sampai penghujung google tidak dapat..

Postingan Populer